5 Hal Paling Penting Dalam Pelatihan & Pengembangan Karyawan

Pelatihan karyawan dan pengembangan SDM adalah hal yang harus selalu diperhatikan oleh perusahaan. Selain untuk memperbaiki kinerja para karyawan yang tidak efektif, pelatihan karyawan dan pengembangan SDM juga dapat meningkatkan keahlian para karyawan sehingga ejalan dengan perkembangan jaman. Berikut adalah 5 hal paling penting dalam pelatihan karyawan dan pengembangan SDM yang perlu untuk diperhatikan oleh perusahaan:

1. Kebutuhan Karyawan

Sebelum pelatihan karyawan dan pengembangan SDM dilakukan, fasilitator harus memahami dahulu kebutuhan karyawan sebagai peserta training. Semakin spesifik yang diketahui tentunya akan semakin maksimal pelatihan karyawan dan pengembangan SDM dilakukan terhadap yang bersangkutan. Hal-hal dasar  yang perlu diperhatikan untuk dapat memenuhi kebutuhan karyawan yang hendak mengikuti pelatihan dan pengembangan adalah: kemampuan karyawan yang hendak dikembangkan dan kelemahan karyawan yang perlu ditingkatkan.

2. Tujuan Pelatihan Karyawan dan Pengembangan SDM

Sebelum melakukan pelatihan karyawan dan pengembangan SDM, fasilitator perlu untuk menentukan tujan pelatihan dan pengembangan itu dilakukan. Tentu banyak yang akan merasa bahwa tujuan utamanya adalah untuk karyawan menjadi lebih ahli dalam suatu hal. Namun, keahliannya tidak akan berarti meskipun ditingkatkan apabilla keahlian yang dilatih itu tidak digunakan dengan baik di kesehariannya. Sehingga, tujuan pelatihan haruslah menjadi pengembangan kemampuan yang dapat diaplikasikan sehari-hari.

3. Metode Pelatihan

Metode pelatihan adalah hal penting lainnya yang harus dipikir dan persiapkan. Menentukan metode pelatihan tidak sesederhana memilih apel atau jeruk. Fasilitator harus memerhatikan kemampuan peserta dalam menguasai tools yang mungkin digunakan dalam pelatihan. Apabila metode pelatihan karyawan dan pengembangan SDM yang digunakan menggunakan teknologi, fasilitator harus memerhatikan peserta yang gagap teknologi agar dapat tetap mengikuti pelatihan dan pengembangan dengan baik.

4. Pendampingan

Pendampingan dibutuhkan peserta dalam pelatihan karyawan dan pengembangan SDM untuk dapat memastikan karyawan sebagai peserta tetap berada di jalur pemahaman konsep dengan benar. Seringkali konsep yang diberikan di kelas masih rancu untuk dapat diaplikasikan ke dalam keseharian peserta. Pendampingan tetap dibutuhkan pasca pelatihan agar apa yang diterima di pelatihan tidaklah sia-sia.

5. Hasil

Hingga kini masih banyak pihak yang bingung untuk menilai hasil dari pelatihan karyawan dan pengembangan SDM. Sehingga tidak sedikit perusahaan yang ragu melakukan pelatihan karyawan dan pengembangan SDM karena merasa akan sia-sia. Padahal untuk melihat hasil pelatihan dan pengembangan mudah saja. Selain kita dapat melihat kinerja dan produktifitasnya dalam jobdesk yang dimiliki, kita juga dapat melihat inovasinya setelah mengikuti pelatihan dan pengembangan. Dengan target yang jelas dan terukur waktu, juga dengan dampak yang positif dari inovasi yang dihasilkan, kita akan dengan mudah menilai bagaimana hasil pelatihan karyawan dan pengembangan SDM kepada setiap peserta yang mengikutinya.

Jadi, apakah Anda (pembaca) masih ragu untuk mengadakan pelatihan karyawan dan pengembangan SDM di perusahaan Anda?

 

Ditulis oleh:

Clara Vina Marina

Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *