presentasi bisnis di kantor

Memiliki skill presentasi dan public speaking memang bukanlah keahlian semua orang. Walaupun begitu, kedua hal tersebut merupakan skill berharga. Public speaking maupun presentation skill merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh karyawan saat ini yang akan sangat membantu di kehidupan pekerjaan Anda. Jika Anda ingin suara atau ide Anda di dengar, Anda harus menguasai cara menyampaikan pikiran dan pendapat Anda secara sederhana dan sopan terlebih saat Anda melakukan presentasi bisnis. Bagaimana sih cara tepat untuk melakukan presentasi bisnis yang efektif? simak selengkapnya di bawah ini!

1. Sampaikan Dengan Sederhana

Ketika Anda melakukan presentasi bisnis, Anda perlu menyampaikan informasi dengan sederhana karena hal ini akan membantu audiens Anda memahami pesan Anda lebih baik. Audiens lebih mudah memahami pesan yang sederhana. Kemudahan ini memungkinkan mereka untuk menangkap inti dari apa yang Anda katakan tanpa kebingungan. Dengan menjaga pesan Anda tetap jelas, Anda mengurangi risiko kesalahpahaman dan mengurangi kemungkinan informasi salah diinterpretasikan.

Mengenai ini, Anda bisa mencoba menggunakan bullets points pada slide presentasi Anda, ini akan membantu audiens dalam mengidentifikasi poin utama yang perlu diketahui. Untuk memastikan audiens mengerti terhadap materi yang Anda sampaikan, Anda perlu mengadakan sesi Q&A pada akhir presentasi. Hal tersebut untuk memberikan mere peluang untuk mengetahui informasi lebih dengan bertanya dan mendapatkan kepastian terhadap poin yang tidak mereka mengerti. 

Dengan demikian, menyederhanakan presentasi bisnis adalah kunci untuk mengkomunikasikan pesan Anda dengan lebih efektif, meningkatkan pemahaman dan retensi informasi, serta mempengaruhi audiens dengan lebih baik. Ini akan membantu menciptakan kesan positif tentang Anda dan bisnis Anda di mata audiens Anda.

2. Buat Struktur Yang Menarik

Memiliki struktur yang menarik untuk materi Anda sangat penting ketika melakukan presentasi bisnis. Hal tersebut dikarenakan akan membantu audiens untuk tetap terlibat, memahami pesan secara baik, dan memaksimalkan dampak presentasi Anda secara keseluruhan. 

Struktur yang menarik dalam presentasi bisnis seringkali melibatkan elemen-elemen seperti pendahuluan yang kuat, penyajian isi yang terstruktur, penggunaan ilustrasi visual, penekanan pada poin kunci, dan kesimpulan yang mengulangi pesan penting Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan bingkai naratif, seperti memulai dengan masalah atau tantangan, menawarkan solusi, dan menyimpulkan dengan manfaat atau rekomendasi.

Dengan memiliki struktur yang menarik, Anda dapat meningkatkan daya tarik, efektivitas, dan dampak presentasi bisnis Anda, membantu Anda mencapai tujuan komunikasi Anda dengan lebih baik.

3. Menggunakan Alat Bantu Visual

Alat bantu visual merupakan komponen penting dalam presentasi bisnis yang dapat secara signifikan meningkatkan efektivitas presentasi Anda. Dengan bantuan visual, seperti grafik, diagram, dan gambar, memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan informasi yang kompleks. Ini membuat data dan statistik lebih mudah dipahami oleh audiens. Alat bantu visual memungkinkan Anda untuk menekankan poin-poin utama dalam presentasi Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan warna, ukuran, atau efek visual lainnya untuk menyoroti informasi penting. 

Penting untuk diingat bahwa alat bantu visual harus mendukung pesan Anda dan tidak mengalihkan perhatian dari Anda sebagai pembicara. Gunakan mereka dengan bijak dan pastikan bahwa mereka relevan dengan konten yang Anda sampaikan. Selain itu, latih diri Anda untuk berbicara dengan lancar sambil menggunakan alat bantu visual, dan pastikan untuk berinteraksi dengan audiens Anda selama presentasi untuk menjaga keterlibatan mereka. Dengan demikian, alat bantu visual dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk memperkuat pesan bisnis Anda dalam presentasi Anda.

4. Fokus Dengan Kebutuhan Audiens

Untuk membuat presentasi bisnis menjadi efektif, sangat penting untuk melakukan riset audiens terlebih dahulu. Anda perlu memahami siapa mereka, apa kebutuhan mereka, dan menyesuaikan pesan Anda dengan kebutuhan dan kepentingan audiens Anda. Dengan mempersonalisasi pesan Anda, Anda dapat dengan mudah membuat presentasi bisnis Anda menjadi lebih menarik, mudah dipahami serta efektif.

Anda dapat memulainya dari memasukkan konten yang relevan, dan menggunakan bahasa yang sesuai. Selain itu, Anda juga dapat memasukkan solusi atau manfaat yang dapat Anda tawarkan kepada permasalahan audiens. Anda juga perlu memberikan ruang untuk pertanyaan dan diskusi kepada audiens Anda. Dengan fokus pada kebutuhan audiens dan melalui persiapan yang baik, Anda dapat menciptakan presentasi bisnis yang efektif dan berkesan, yang akan lebih mungkin mencapai tujuan Anda dan memberikan nilai tambah bagi audiens Anda.

5. Menggunakan Aturan 10-20-30

Guy Kawasaki, seorang pengusaha dan penulis mengusulkan aturan 10-20-30 sebagai pedoman presentasi yang saat ini populer. Pedoman tersebut memiliki arti yaitu untuk menjaga presentasi Anda tidak lebih dari 10 slide. Ini memaksa Anda untuk menyederhanakan pesan Anda dan menjaga presentasi tetap fokus pada poin-poin utama. Dengan sedikit slide, Anda akan menghindari kelebihan informasi yang dapat membuat audiens bingung atau terlalu jenuh. Setelahnya yaitu 20 memiliki arti 20 menit di mana Anda harus menjalankan presentasi dengan rentang waktu selama 20 menit. Ini memungkinkan Anda untuk berbicara cukup lama untuk mengkomunikasikan pesan Anda, tetapi juga singkat sehingga audiens tidak kehilangan perhatian. Terakhir yaitu 30, yang mana menyarankan untuk menggunakan ukuran font minimal 30 poin pada slide Anda. Ukuran font yang besar membuat teks lebih mudah dibaca dan membantu memastikan bahwa pesan Anda dapat terlihat dengan jelas oleh audiens, terutama jika mereka duduk di belakang ruangan.

Presentation Skills Training

training presentasi bisnis mdi tack

Selain lima cara tersebut, Anda juga bisa mendapatkan skill ini dengan sempurna melalui pelatihan presentasi.  Dengan presentation skills training, para peserta atau karyawan akan dipandu langsung oleh beragam experts di bidangnya. Seperti yang dilakukan oleh MDI Tack dalam memberikan training keterampilan presentasi kepada salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan energi panas bumi (Geothermal) pada September 2023. Training ini bertajuk “High Impact Presentation Skill” yang bertujuan untuk mengubah mindset dan meningkatkan keterampilan peserta sehingga mereka dapat mengaplikasikannya langsung dalam pekerjaan mereka. Melalui pelatihan keterampilan presentasi, peserta akan mendapatkan pemahaman dan pelatihan dalam persiapan citra diri, sikap, teknik, dan penyampaian dalam konteks presentasi bisnis. Mereka juga akan diajarkan cara mengatasi rasa gugup, merespons pertanyaan sulit, berinteraksi dengan beragam audiens, dan mempengaruhi audiens untuk mengambil keputusan.

Bagaimana? Tertarik untuk mengikuti presentation skills training dalam rangka pelatihan karyawan di perusahaan Anda? Segera hubungi kami dan rencanakan pelatihan karyawan terbaik bagi perusahaan Anda bersama MDI Tack!


Penulis: Luffi Hanifah (29/9/2023)

Tack-TMI-India-Wins-Gold-Brandon-Hall-Award-2023

Partner kami yaitu Tack TMI India, InspireOne, memenangkan Penghargaan Emas Brandon Hall Group Excellence Award dalam kategori “Program Pengembangan Terbaik untuk Pemimpin di Garis Depan” bersama klien mereka, Zee Entertainment. Program ini mencakup pengembangan kepemimpinan bagi supervisor garis depan dan kontributor individu yang akan bersiap untuk bertransisi ke peran kepemimpinan garis depan.

Read more

design thinking and brainstorming

Di pasar saat ini, kepuasan pelanggan menjadi hal yang paling penting bagi keberlangsungan perusahaan. Hal ini telah membuat design thinking semakin populer dan telah banyak perusahaan yang menyelenggarakan design thinking training pada karyawannya. Design thinking menempatkan pelanggan sebagai pusat dalam proses pemecahan masalah, yang memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan serta harapan pelanggan. Karyawan perlu memiliki keterampilan design thinking sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pengembangan SDM yang baik di perusahaan. Lalu, apa sebenarnya design thinking itu? Dan bagaimana caranya untuk meningkatkannya?
Read more

 

Pelatihan public speaking bagii manajer dan karyawan

Public speaking adalah salah satu cara yang bagus dalam membangun perkembangan diri baik di kehidupan pribadi maupun karir. Hal ini terjadi karena meningkatkan skill komunikasi adalah faktor terpenting yang akan membantu di setiap aspek kehidupan Anda. Oleh karena itu, penting bagi setiap pihak dalam perusahaan mengikuti pelatihan public speaking untuk mendukung perkembangan karir secara personal maupun pengembangan SDM perusahaan. Berikut ini beberapa alasan penting serta benefit yang dapat diraih ketika menguasai public speaking bagi manajer atau karyawan perusahaan Anda.
Read more

Pelatihan supervisor karyawan

Seorang supervisor mempunyai peran yang penting bagi perkembangan perusahaan. Supervisor yang kompeten dapat mempengaruhi kinerja karyawan, kepuasan, produktivitas, efisiensi, turnover, dan lingkungan perusahaan yang positif. Oleh karena itu, berinvestasi kepada supervisor training merupakan langkah yang cerdas bagi kemajuan perusahaan Anda. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai rekomendasi lembaga pelatihan terbaik di Indonesia. Perlu diketahui beragam benefit yang akan didapatkan melalui training supervisor untuk karyawan perusahaan Anda. 
Read more

Pelatihan kepemimpinan karyawan karyawan

Meraih posisi puncak di pasar dan membuat perusahaan Anda unggul dibanding kompetitor bukanlah hal yang mudah. Salah satu faktor terpenting bagi kesuksesan perusahaan adalah karyawannya. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan agar karyawan memiliki ruang untuk tumbuh dan berkembang, salah satunya dengan pelatihan kepemimpinan. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih karyawan tentang peran dan tanggung jawab yang perlu mereka pelajari demi pengembangan SDM perusahaan. Inilah tujuh alasan mengapa pelatihan kepemimpinan sangat penting bagi karyawan perusahaan Anda.
Read more

Pemimpin Wajib Upgrade Knoledge Dengan 3 Buku Sakti Ini

Mengupgrade pengetahuan tentang cara memimpin sangat penting karena dijaman ini. Sebab seiring dengan dunia yang terus berubah, begitu pula dengan lingkungan kerja kita. Ini berarti bahwa apa yang baik dan efektif di masa lalu, belum tentu efektif di masa sekarang. Dengan mengupgrade pengetahuan Anda tentang cara memimpin, Anda dapat memastikan bahwa Anda mengikuti perkembangan terbaru dalam kepemimpinan dan selalu memperbarui keterampilan Anda agar tetap relevan.

Sementara itu, dengan megupgrade pengetahuan terkait cara memimpin, akan meningkatkan efektivitas kepemimpinan Anda. Anda akan memahami cara terbaik untuk mengelola staf Anda, memotivasi mereka, dan menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif. Ini akan membantu Anda mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektif. Nah, salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk terus mengupgrade leadership skill adalah dengan membaca buku.

Read more

Melanjutkan dari antusiasme dan permintaan dari para peserta HRPC Batch #6 yang telah sukses berjalan sebelumnya, maka pada tahun 2023 ini MDI kembali mengadakan kembali HR PractiCase Batch#7 dengan  mengusung tema “Resilience in Digital Transformation”.  Sebagai informasi dikarenakan HR PractiCase ini telah sukses diperkenalkan pada bulan Oktober 2018 lalu dengan tagline “Let’s Solve your Unsolved Case”, maka kami sangat termotivasi untuk menghadirkan kembali HR PractiCase batch berikutnya.

 

HR PractiCase dengan tema yang relevan dengan maslah sebagian besar organisasi saat ini yaitu bagaimana dalam menghadapi dalam era Transformasi Digital ini supaya pekerjaan tetap produktif.
Read more

Pemimpin yang membosankan biasanya kurang memotivasi dan membuat karyawan merasa tidak terlibat. Mereka sering kali memfokuskan diri pada tugas-tugas rutin tanpa mempertimbangkan perasaan dan kebutuhan karyawan. Dalam situasi seperti ini, karyawan sering merasa tidak memiliki peluang untuk berkembang dan merasa tidak terpakai, yang dapat menyebabkan menurunnya moral dan produktivitas. Oleh karena itu, penting bagi seorang pemimpin untuk mempertahankan kepemimpinan yang menyenangkan dan memotivasi dengan menciptakan lingkungan kerja yang positif dan memberikan kesempatan bagi karyawan untuk berkembang dan berpartisipasi aktif dalam tugas mereka.

Untuk menghindari menjadi pemimpin yang membosankan, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan situasi yang berubah, memiliki visi dan misi yang jelas, dan memiliki kemampuan komunikasi dan pendengaran aktif yang baik. Pemimpin juga harus terbuka untuk menerima masukan dan memiliki kemampuan memotivasi dan memimpin tim dengan baik.

Read more

Sebagai seorang Supervisor, Anda bertanggung jawab untuk memastikan seluruh proses operasional dijalankan dengan baik dan tepat waktu. Selain itu, Anda juga harus mampu mengidentifikasi cara untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas dari setiap langkah dalam proses operasional tersebut.

Untuk itu, sebagai Supervisor Anda perlu bekal “SKILL SET” baik akan membuat Anda bisa lebih mengelola. Jika tidak, maka akan banyak masalah yang muncul. Mulai dari tidak teroganisirnya bawahan, tidak mampu menyelesaikan konflik, bahkan meski Anda seorang pemimpin tapi tidak dianggap keberadaannya. Pasti gak mau dong?
Di sinilah Anda perlu terus mengasah dan mengembangakan kepemimpinan Anda sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik. Apalagi posisi Anda sebagai seorang leader bisa dibilang unik.

Read more