Tantangan Dalam Mengikuti Pelatihan Virtual

Selama masa pandemi ini program pelatihan banyak yang tertunda, terutama pelatihan yang bersifat tatap muka langsung / pelatihan offline.

Namun dengan dimulainya beberapa pelatihan berbasis virtual, para HR menyadari bahwa pelatihan tetap bisa dijalankan agar proses pengembangan SDM perusahaan tidak mengalami stagnansi.

Dalam proses pelaksanaannya tidak sedikit tantangan yang dihadapi dalam proses pelatihan virtual tersebut, antara lain:

Kondisi pelatihan

Kondisi pelatihan dimana peserta banyak pasif. Dengan situasi peserta seperti ini, dapat menyulitkan sorang fasilitator / trainer untuk dapat segera mengetahui dimana peserta pelatihan sudah memahami materi yang disampaikan atau belum. Maka itu seorang fasilitator / trainer harus mampu membaca situasi peserta melalui aktivitas-aktivitas yang lebih interaktif. Read more

virtual learning

Di era new normal ini, seperti kita ketahui semua serba digital maupun online. Tak luput, training pun beralih menjadi online. Sekarang banyak yang menyelenggarakan training online dengan tema yang beragam dan menarik pastinya. Namun, tema seperti apa yang paling diminati saat ini, simak di artikel berikut ini.

Banyak HR perusahaan yang meminta para karyawannya untuk mengikuti seminar online/webinar dikala para karyawannya sedang bekerja dari rumah (WFH) sembari mereka bekerja bisa mengikuti webinar tersebut. Para HR menganggap, saat seperti ini bisa menjadi kesempatan para karyawan tersebut untuk makin mengembangkan skill & knowledge masing-masing. Tema-tema yang menarik antara lain terkait dengan:

Read more

Mengkomunikasikan Nilai Perusahaan dengan Video Learning

Nilai perusahaan merupakan sebuah landasan di mana perusahaan itu berjalan. Nilai perusahaan akan terlihat dari budaya yang ada di dalam perubahaan tersebut. Budaya atau kebiasaan merupakan pengaruh yang besar terhadap kesuksesan perusahaan. Sayangnya kebiasaan/ budaya perusahaan adalah sesuatu yang tersirat, sehingga apabila tidak dirumuskan oleh manajemen perusahaan secara tepat, maka value suatu perusahaan bisa menjadi suatu hal yang semu.

Dampak nilai perusahaan yang semu diyakini akan sangat merugikan perusahaan. Dampak terbesar yang dirasakan adalah nilai perusahaan yang terlihat negatif. Tentu tidak ada Perusahaan yang ingin memiliki citra yang buruk namun,  citra perusahaan dapat dengan mudah ditafsirkan melalui budaya yang dianggap ada di perusahaan. Untuk dapat menghindari hal itu, tentunya management perusahaan harus dapat merumuskan dan mengampanyekan nilai perusahaan dengan baik agar menjadi budaya yang dijunjung setiap anggota dan memperlihatkan citra baik perusahaan di mata masyarakat. Read more

Mau Training Offline? Inilah Prosedur Wajib Yang Perlu Diperhatikan

Pelatihan offline masih menjadi satu metode yang diharapkan oleh banyak orang. Termasuk sebagian besar perusahaan yang ada di Indonesia. Hal ini wajar mengingat efektifitas pelatihan offline tidak diragukan lagi.

Meski saat ini tengah berlangsung PSBB total untuk wilayah DKI, masih ada juga beberapa perusahaan yang tetap menyelenggarakan pelatihan offline. Secara prinsipnya, tentu sudah mereka pertimbangkan secara matang, kenapa memilih pelatihan offline di masa pandemi.

MDI Tack sendiri, selalu memberikan berbagai sudut pandang agar pelatihan tetap bisa berjalan dengan nyaman dan aman. Untuk itu, MDI Tack selalu memberikan berbagai altertanatif yang memungkinkan. Dan bila pilihannya tetap di pelatihan offline, maka kami selalu memastikan bahwa semuanya berjalan dengan menggunakan prosedur covid 19.

Nah, untuk memastikan pelaksanaan Training offline Anda berjalan dengan lancar, aman, dan tentu saja efektif, berikut kami rangkumkan prosedur wajib yang perlu diperhatikan. Read more

PENTING! 5 Alasan Kenapa Pelatihan Online Lebih Murah

Situasi pandemi covid-19 serta dengan digaungkannya protokol kesehatan membuat program pelatihan dialihkan kedalam media online. Dan ketika membahas mengenai pelatihan online, maka ada banyak metode yang tersedia. Bisa secara tatap muka virtual dengan fasilitator, bisa juga dengan pembelajaran mandiri melalui online learning, dan lain sebagainya.

Memang sebagian mempertanyakan tentang kualitas dari pelatihan online. Apakah peserta benar-benar memahami materi yang diberikan? Apakah peserta berkomitmen untuk benar-benar focus selama sesi pelatihan? Dan isu-isu lainnya.

Namun disamping itu, dari segi biaya – pelatihan online cenderung lebih murah. Biaya disini bukan hanya biaya investasi pelatihan, namun biaya-biaya lain di sekeliling biaya pelatihan itu sendiri. Read more

Melibatkan kebudayaan dengan Video Learning

Dengan menggunakan Video, Kita dapat menjelaskan berbagai modul pembelajaran dari pengalaman pribadi dan hubungan antar manusia. Dampak Video dapat menjadi sangat luas dan meresap melalui berbagai contoh pada interaksi sosial. Video Learning memang memiliki potensi unik mulai dari cara belajar hingga cara menumbuhkan intelektual dan kemampuan berinteraksi sosial dari penontonya. Tidak heran kalau kita bisa mendapati banyak Video yang dicekal masyarakat karena tidak sesuai dengan kebudayaan masyarakat tertentu.

Terdapatnya tindakana pencekalan terhadap beberapa Video/Film, penulis yakini karena kesadaran dari masyarakat yang mengerti dampak Video yang mereka saksikan. Apabila Film dapat menjadi budaya, maka Video Learning yang ditonton oleh para staff dalam suatu perusahaan pun tentunya akan menjadikan apa yang merekesa saksikan sebagai budaya perusahaan. Oleh karena itu, berikut ada 3 tips mengenai bagaimana suatu perusahaan dapat memilih Video Learning yang tepat bagi perusahaannya: Read more

5 Pelatihan Online Yang Paling Diminati Saat Ini

Dengan berjalannya waktu, semakin lama kita dihadapkan dengan penerapan teknologi dalam sebagian besar aktivitasnya. Begitupun proses pembelajaran atau pelatihan saat ini.

Banyak sekali penawaran model pelatihan secara online yang tidak kalah manfaatnya dengan pelatihan offline. Jaman sudah mulai beralih ke arah online, sehingga menuntut kita untuk memiliki kemampuan berbeda dari biasanya.

Semenjak pandemi Covid-19, hampir seluruh aktivitas dilakukan di rumah, sehingga mendorong semua orang untuk keluar dari zona nyamannya. Salah satunya adalah pelatihan online yang kini semakin lama semakin banyak peminatnya.

Bila diamati secara seksama, ada 5 macam pelatihan online yang saat ini paling diminati banyak orang, tentunya lebih kombinasi antara hard skill dan soft skill, antara lain berkaitan dengan:

  • Kreativitas

Semua industri, lebih mendorong kita untuk lebih kreatif dan inovatif. Dalam mendukung hal tersebut, banyak lembaga pelatihan membuka pelatihan yang berkaitan denagn kreativitas, seperti bangun bisnis online, content creator, design grafis, dll. Saat ini pelatihan tersebut semakin bertumbuh peminatnya, karena mudah dipelajari secara mandiri. Read more

Mau Training Offline? Ini 7 Hotel Rekomendasi Yang Bisa Digunakan

Suasana pelatihan sangat mempengaruhi efektifitas sebuah pelatihan karyawan. Suasana pelatihan harus nyaman dan tenang, dan itu bisa didapatkan kalau sebuah pelatihan diadakan di tempat yang terbaik dan sesuai dengan tema pelatihannya.

Sayangnya, pada saat Covid-19 seperti ini Anda tidak bisa asal pilih hotel begitu saja. Anda tidak bisa pilih hotel hanya berdasarkan budget saja. Kenapa? Karena ada pertimbangan-pertimbangan lain yang diperlukan. Selain itu, asal pilih hotel tentu saja ini bisa menyebabkan  karyawan atau peserta training offline bisa terinfeksi Covid. Untuk itu, pada saat seperti ini kita semua perlu adaptasi kebiasaan baru yang juga sudah diterapkan dalam industri perhotelan.

Misalnya, dalam operasionalnya, hotel sudah benar-benar memberlakukan sederet protokol kesehatan sebagai upaya mencegah transmisi virus corona Covid-19. Bukan hanya tes suhu tubuh saja, tapi juga protokol lain-lainnya.

Langkah-langkah preventif seperti ini tentu kita butuhkan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan peserta pelatihan offline. Nah, Berikut kami rangkumkan 7 hotel rekomendasi yang bisa digunakan untuk pelatihan karyawan Anda: Read more

Manfaat Assesment Kompetensi Bagi HRD

Memetakan kompetensi para karyawan adalah salah satu langkah strategis yang mendukung tercapainya sasaran strategis perusahaan atau organisasi.

Idealnya, setelah perusahaan menetapkan sasaran strategisnya, barulah perusahaan merancang peta kompetensi yang dibutuhkan agar sasaran strategis tersebut dapat tercapai. Mengukur tingkat kompetensi adalah salah satu tindakan dalam mengelola kompetensi karyawan dalam perusahaan.

Berikut manfaatnya bagi HRD dan perusahaan:

Melihat gap kompetensi

Dengan asesmen kompetensi, HRD bisa melihat gap kompetensi yang ada dalam perusahaan. Gap (minus) kompetensi ini perlu untuk dikecilkan atau bahkan dieliminasi. Hal ini berarti dengan mengetahui gap kompetensi, membuar HRD bisa merumuskan tindakan selanjutnya. Yang perlu diingat adalah semakin besar gap kompetensi yang ada, semakin sulit untuk mencapai sasaran strategis perusahaan. Read more

5 Hal penting yang diperlukan dalam pelatihan karyawan

Tujuan utama diadakannya pelatihan karyawan adalah untuk menambah wawasan para karyawan agar lebih profesional dalam pekerjaanya. Selain itu pelatihan karyawan diharapkan dapat menjadikan para karyawan mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja dan juga dengan jenis pekerjaanya. Knowledge yang didapatkan saat pelatihan karyawan jika  diterapkan dalam bekerja, maka para karyawan dapat lebih terampil, juga efektif dan efisien dalam melakukan tugas yang telah diberikan oleh perusahaan.

Untuk memberikan materi pelatihan karyawan biasanya perusahaan akan menggunakan jasa dari vendor training, selain itu perusahaan juga akan melibatkan pimpinan disemua bagian untuk ikut memberikan dukungan untuk terselenggaranya pelatihan karyawan ini.

Ada 5 hal penting yang diperlukan dalam melakukan sebuah pelatihan karyawan. Read more