3 Kebiasaan Positif Ini Bisa Bikin Anda Cepat Jadi Leader

Apakah Anda bermimpi untuk menjadi seorang leader di perusahaan Anda yang sekarang? Tapi Anda bingung cara yang tepat seperti apa? Saya ucapkan selamat, karena pada kesempatan kali ini Anda telah membaca sebuah artikel yang sangat tepat. Karena pada artikel ini Anda akan perlu membangun kebiasaan positif untuk bisa menjadikan impian Anda menjadi seorang Leader bisa terwujud.

Nah, beberapa pakar karier memiliki pendapat yang berbeda-beda untuk bisa menduduki posisi Leader. Untuk itu, saya mencoba merangkum garis besarnya untuk Anda. Kabar baiknya, kebiasaan positif yang bisa bikin Anda cepat jadi Leader ini, merupakan suatu kebiasaan yang dapat Anda lakukan secepatnya, bahkan hari ini ini juga.

Kira-kira, kebiasaan positif apa saja yang bisa membuat Anda cepat jadi Leader? Berikut ini adalah 3 Kebiasaan Positif Yang Bisa Bikin Anda Cepat Jadi Leader: Read more

cara efektif menghapus mentalitas silo

Silo mentality, salah satu istilah yang mungkin Anda kerap Anda dengar. Bahkan sebagian dari Anda mungkin memiliki rekan yang mentalnya adalah silo, enggan berbagi informasi dengan rekan kerja dari berbagai divisi di perusahaan yang sama.

Saya sendiri pernah mendapatkan perlakuan mental silo ketika bekeja. Rasanya sangat tidak enak. Bahkan salah satu rekan satu angkatan saya, sampai resign karena merasa kondisi silo yang cukup parah di perusahaan tersebut.

Sikap ini dipandang sebagai sikap yang bisa menghambat laju sebuah organisasi. Buruknya, sikap ini juga bisa berkontribusi pada rusaknya budaya perusahaan. Read more

Tips Sukes Mengelola Waktu Tim Sales

Beberapa diantara kita ada yang berharap untuk memiliki tambahan waktu dalam sehari sehingga dapat melakukan kontak dengan prospek yang dibutuhkan dan diinginkan. Selain itu, penambahan waktu juga diperlukan untuk menyelesaikan tugas kantor yang seolah tak ada habisnya.

Sebagai seorang sales profesional, Anda tahu betapa benarnya pepatah lama yang mengatakan “waktu adalah uang”. Setiap menit yang tidak Anda maksimalkan dengan baik, itu artinya Anda telah berarti kehilangan peluang – dan kehilangan uang.

Jika ini tidak ditangani dengan baik, tentu akan menimbulkan masalah yang luar biasa, seperti kelangsungan bisnis atau perusahaan itu sendiri. Sebab kita tahu bahwa roda sebuah bisnis adalah adalah penjualan. Jika tim sales tidak menghasilkan sebuah penjualan, lalu bagaimana caranya bisnis tersebut berjalan? Read more

WOW! Hal Paling Penting Ini Bisa Bikin Anda Disukai Pelanggan

Sebelum masa pandemi, saya diberikan kepercayaan oleh perusahaan untuk memberikan training diperusahaan yang bergerak dalam bidang ritel. Materi yang saya berikan adalah tentang Service Excellence. Training ini sudah berjalan beberapa batch. Awalnya program diperuntukkan untuk Supervisor, lalu para staf, dan kemudian SPG.

Ada satu hal menarik ketika awal program tersebut berjalan. Saat itu, saya terjadwal untuk memberikan Training di hari senin pada bulan Februari. Dengan antusias saya datang lebih pagi, 90 menit lebih awal dari jadwal training.

Anehnya, 1 jam sebelum training di mulai, tidak satu pun saya melihat peserta yang hadir. Saya hubungi kembali, perusahaan dan semua mengatakan bahwa jadwalnya benar.

Sebagai seorang Trainer, saya sudah memastikan kondisi dan materi terdistribusi dengan baik. Namun, karena belum juga saya melihat peserta yang hadir, saya memilih untuk mengisi waktu dengan menata dan menyediakan minuman. Setiap kursi saya susun dengan rapih. Apa yang saya lakukan itu, tiba-tiba dilihat oleh para HR di perusahaan tersebut. Mereka terkejut dan sangat senang dengan apa yang saya lakukan. Padahal sebenarnya, itu bukan tugas saya. Read more

Pelatihan Online itu Membosankan

Sudah mulai banyak perusahaan melakukan kegiatan pelatihan karyawan dengan metode online. Sebuah pengalaman yang tentunya baru sehingga ada banyak kesan yang di rasakan oleh para peserta setelah mengikuti pelatihan online.

Dari sisi pembicara, yang menjadi perhatian khusus adalah kekhawatiran pelatihan ini akan membosankan. Pelatihan offline yang notabene lebih mudah membangun “engagement” saja terkadang belum tentu tidak membosankan, apalagi pelatihan online yang dianggap minim interaksi.

Jika peserta pelatihan anda menganggap pelatihan online yang diikuti itu membosankan, maka percayalah mereka semua tidak akan mendapatkan manfaat maksimal dari pelatihan online yang diikuti, sebagus apapun materi yang di sajikan.

Lalu hal apa yang akan membantu agar pelatihan online tidak membosankan ? berikut beberapa ide yang dapat anda implementasikan. Inilah saatnya untuk mengembangkan kreativitas dan meningkatkan kualitas pelatihan online yang akan anda selenggarakan. Read more

3 Hal Utama Yang Perlu Perhatikan Saat Pelatihan Online

Dunia pelatihan saat ini semakin banyak dan sering dilaksanakan secara online yang yang bersifat umum, maupun khusus. Ini bukan mengenai pelatihan online yang banyak diminati orang, tetapi lebih kepada kebutuhan perusahaan ataupun perorangan akan pengetahuan dan keterampilan yang perlu terus dikembangkan.

Situasi pandemi bukan lagi menjadi penghalang perjalanan training, tapi sudah menjadi bagian hidup yang akan terus berjalan meskipun secara online.

Tidak boleh dipandang sebelah mata, bahwa pelatihan online ini menjadi sebuah pelatihan yang tidak menarik dan seadanya saja. Namun ada beberapa teknik yang membuat pelatihan online tetap mampu menyajikan interaksi dan unsur menyenangkan dalan prosesnya, maka perlu diperhatikan beberapa teknik saat pelatihan online, baik oleh training internal perusahaan maupun training provider eksternal.

Berikut ini 3 hal utama yang perlu perhatikan saat pelatihan online oleh para trainer melalui, antara lain:

Connection

Pelatihan online membutuhkan internet yang terkoneksi dengan baik dan kondisi stabil. Hal ini akan sangat membantu lancarnya perjalanan pelatihan online tanpa gangguan koneksi internet. Namun bila terjadi gangguan, tetaplah tenang. Kondisikan pelatihan dalam bentuk aktivitas atau diskusi secara berkelompok maupun perorangan, sambil mencoba untuk memperbaiki koneksinya.

Clearly Audio Visual

  • Audio / Suara yang terdengar jernih dan jelas dapat menambah kenyamanan peserta saat pelatihan online. Maka itu butuh alat tambahan dalam bentuk Earphone / Headset yang mumpuni dari segi audio in dan out nya.
  • Video yang ditampilkan butuh didukung pencahayaan yang baik. Bila memang alat yang dimiliki belum sesuai, bisa ditambahkan dengan webcam dan ring light.
  • Background, baik secara virtual maupun real. Bila ingin menggunakan virtual background yang bagus, maka gunakan green screen dan pilihlah background yang sesuai. Namun bila ingin menggunakan real background, maka pastikan tampak profesional.
  • Pakailah pakaian yang sesuai seperti layaknya pelatihan offline.
  • Slide menggunakan ukuran 16:9, agar tampilan saat share screen memenuhi layar laptopnya.

Catch Their Attention

  • Bangun suasana pelatihan tetap interaktif melalui aktivitas games dan ice breaking virtual yang ringan dan dapat diikuti semua peserta. Ini dapat menjadi hal yang tidak boleh dilupakan terutama untuk membuat peserta fokus dan konsentrasi penuh pada pelatihan yang disajikan.
  • Tarik perhatian mereka selayaknya pelatihan offline meskipun dengan segala macam keterbatasan. Disini, trainer akan diuji kreativitasnya dalam membangun suasana tetap kondusif dengan memanfaatkan fitur-fitur yang digunakan ZOOM saat pelatihan online. Mulai dari diskusi secara berkelompok melalui breakout room, tulis pertanyaan atau tanggapan di kolom chat, bertanya dan menanggapi langsung dengan unmute microphone-nya, atau bahkan memberikan reaksi tepuk tangan maupun jempol.

 

Oleh: Trias Kemiray – Fasilitator MDI Tack

Terbukti Efektif, Training Online Naik 3 Kali Lipat

Training online atau dikenal juga dengan pelatihan online merupakan aktivitas yang sangat penting bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDMnya, sehingga mereka memiliki daya “power” yang baik dalam menghadapi persaingan.

Apalagi dimasa pandemic seperti sekarang ini, diamana situasinya hampir dirasakan oleh banyak orang. Untuk itu, agar karyawan mampu beradaptasi dengan dunia yang baru, maka mereka memerlukan knowledge dan skill baru. Itulah yang menjadi latar belakang, kenapa training online semakin marak.

Hal ini pun ditunjukkan oleh Aplikasi Zoom, sebuah aplikasi yang menyediakan layanan perangkat video conference dan obrolan online, yang diproduksi oleh perusahaan teknologi komunikasi bernama Zoom Video Communication, Inc. Read more

Mau Kerja Lagi Inilah 3 Tips Mendapat Kerja Saat New Normal

Sahabat MDI, bagi Anda yang hari ini sedang mencari pekerjaan, akan banyak sekali tantangan bagi Anda saat mencari kerja. Di tengah New Normal, kondisi pasar kerja sudah jauh berubah.

Saat perputaran ekonomi melambat, banyak perusahaan yang sudah merumahkan karyawannya secara masal, bukan membuka lowongan lebar-lebar. Tapi harus dissadari bahwa sekalipun keadaan saat ini masih sulit, Anda harus tetap optimis untuk mendapatkan pekerjaan guna menyambung kehidupan Anda dan keluarga.

Berikut beberapa tips mendapatkan pekerjaan di masa New Normal:

Optimalkan Media Sosial

Saat ini kita semua masih menghadapi New Normal, artinya semua orang yang awalnya berada di rumah selama masa pandemi, akan secara bertahap kembali ke dunia kerja. Read more

Apa Sebenarnya Yang Dimaksud Virtual Training?

Semakin berkembangnya wabah virus Corona di seluruh dunia, membuat banyak negara melakukan Lockdown. Sedikit berbeda dengan di Indonesia, yaitu memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Semua ini dilakukan agar penyebaran virus Corona dapat dihentikan.

Kondisi tersebut membuat seluruh aktivitas mengalami perubahan yang signifikan, salah satunya adalah proses bekerja, yang sebagian besar dijalankan di rumah atau Work From Home (WFH). Teknologilah yang muncul kepermukaan sebagai solusi agar semua dapat terhubung meskipun terpisah oleh jarak.

Setiap perusahaan tetap membutuhkan pelatihan atau training bagi karyawannya, walaupun sedang bekerja di rumah. Maka itu semakin banyak bermunculan yang namanya Virtual Training. Read more

3 Mitos Training Online Yang Tidak Perlu Dipercaya

Tidak sedikit orang beranggapan bahwa training online hanya “cara cepat” sekadar mengisi waktu, dan buang-buang anggaran. Terlepas dari manfaat dan kelebihan training online, tapi harus diakui bahwa beberapa perusahaan masih enggan mencobanya hanya karena asumsi negatif tersebut.

Seperti Anda ketahui bahwa model pembelajaran konvensional (tatap muka) atau dikenal dengan training offline, masih lebih familiar di benak banyak orang. Hal itu sulit dibantah, mengingat kegiatan transfer knowledge ini biasa menggunakan metode yang sama.

Namun, seiring berkembangnya teknologi dan meluasnya kebutuhan bagi pengembangan karyawan, tidak sedikit lembaga yang berlomba-lomba mengembangkan sistem online training dengan kualitas setara training offline. Read more