AWAS! 3 HAL INI AKAN MEMBUAT ANDA MENYESAL JIKA TIDAK IKUT BLENDED LEARNING MDI

Trend pembelajaran dengan metode Blended Learning saat ini semakin populer di dunia, termasuk Indonesia, karena ada beberapa benefit yang bisa didapatkan dari metode Blended Learning ini, yakni dari segi Efisiensi Waktu dan Biaya. Sebelum lebih jauh membahas terkait Blended Learning, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Blended Learning. Read more

Menulis Email Bisnis Secara Efektif

Sekarang ini setiap orang rata-rata menerima ratusan email per harinya. Dengan banyaknya email yang masuk, tidak jarang terdapat sejumlah email yang terlewatkan atau diabaikan karena tidak dianggap penting. Tidak sedikit pula terjadi kesalahpahaman dalam komunikasi melalui email yang berdampak negatif pada hubungan kerja dalam suatu organisasi. Maka, email sebagai suatu alat komunikasi perlu dikelola dengan efektif agar mampu menyampaikan komunikasi kita secara tepat sasaran.

Berikut ini adalah beberapa tips cara dan aturan untuk menuliskan email bisnis yang tepat dan efektif. Selamat menerapkan dan semoga bermanfaat.

Read more

BERKOMUNIKASI SECARA ASERTIF DENGAN GENERASI Y

Setiap hari pasti kita berkomunikasi, baik dengan keluarga dirumah, teman, komunitas, rekan kerja dan rekan bisnis. Dalam berkomunikasi pun kita dihadapkan dengan berbagai generasi yaitu Baby Boomers (usia 40-60an), generasi X (usia 30-40an), generasi Y (usia 20-30an), dan generasi Millenials (usia 20 kebawah). Dan yang paling mendominasi disebuah perusahaan/ organisasi umumnya sekarang ini adalah generasi Y. Terkadang berkomunikasi dengan generasi Y bagi para Baby Boomers dan X adalah hal yang gampang-gampang susah. Nah, dari hal tersebut lah berikut penjelasan berkomunikasi dengan generasi Y secara asertif agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

Pada umumnya komunikasi secara asertif sangat disukai oleh generasi Y. Kebebasan mengutarakan pendapat, membuat kolaborasi yang baik sehingga tujuan ingin dicapai bisa didapatkan dengan baik. Keterbukaan dalam berkomunikasi secara asertif sangat dihargai oleh generasi Y sehingga generasi ini pun semakin termotivasi untuk memberikan sesuatu yang fresh dan semakin produktif. Berikanlah umpan balik secara transparan dan secepatnya. Saran-saran perbaikan untuk masa depan akan sangat berharga bagi generasi Y.

Berikut tips komunikasi asertif dengan generasi Y yang bisa Anda terapkan agar tujuan yang diharapkan pun tercapai.

Read more

Ini 5 Lembaga Training Terbaik di Indonesia

Seiring pertumbuhan ekonomi dan terus bertambahnya tenaga kerja di Indonesia, maka dibutuhkan lembaga training terbaik untuk untuk mendukung pengembangan SDM di Indonesia. Ada 5 lembaga training terbaik di Indonesia yang bisa menjadi pilihan Anda. Tapi sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu apa saja kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi lembaga training terbaik di Indonesia.

Read more

3 CARA SEDERHANA PEMIMPIN MEMBERIKAN UMPAN BALIK

3 CARA SEDERHANA PEMIMPIN MEMBERIKAN UMPAN BALIK Salah satu aspek komunikasi yang wajib dilakukan oleh pemimpin adalah memberikan umpan balik kepada bawahannya. Seorang pemimpin harus dapat membangun keseimbangan antara umpan balik positif dan negatif bagi perbaikan karyawan di masa depan. Ada 3 cara sederhana bagi para pemimpin untuk memberikan umpan balik (feedback) kepada bawahannya, antara […]

generation z

Generasi Z merupakan orang-orang yang dalam rentang waktu dari tahun 1995 sampai 2010 Masehi. Dikenal sebagai iGeneration atau generasi internet, menjadikan generasi ini hidup di era serba digital. Peralihan teknologi yang begitu masif terjadi di tengah mereka. Generasi ini juga dikenal sebagai generasi yang dalam satu waktu dapat menulis status di media sosial, menjelajah Google dan mendengarkan lagu secara daring.

Pola kesuksesan dibanding generasi sebelumnya pun banyak berubah. Beberapa profesi baru bermunculan seperti Youtuber, selebgram, dropshipper, reseller dan lain-lain. Oleh karena itu, diperlukan berbagai kemampuan untuk beradaptasi dalam dunia baru ini. Berikut @malaikatrindu memberikan saran kepada GanSis, khususnya yang generasi Z, untuk menguasai 6 (enam) soft skill berikut agar bisa hidup sukses. Read more

3 cara efektif memberikan feedback kepada atasan anda

Banyak orang berpikir bahwa feedback hanya bisa diberikan kepada bawahan. Padahal feedback juga bisa diberkan kepada atasan. Hanya saja sedikit orang yang mau dan berani memberikan feedback kepada atasannya. Kebanyakan justru merasa takut dan khawatir, jika memberikan feedback akan mengancam karier kita dikemudian hari.

Meski begitu, harus diakui bahwa memberikan feedback kepada atasan, jauh lebih sulit dibandingkan memberikannya kepada bawahan. Kenapa? Karena berisiko terhadap rusaknya sebuah hubungan yang juga bisa membuat Anda tidak dipromosikan. Namun, semua itu bukan berarti Anda tidak bisa memberikan feedback kepada atasan. Nah, yang menjadi soal adalah bagaimana Anda menyajikan feedback itu sendiri. Jika Anda mampu mengolah benar dan penuh pertimbangan, feedback yang Anda berikan tidak hanya dapat membantu atasan Anda, tetapi juga meningkatkan hubungan kerja.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh John Baldoni, seorang konsultan Leadership, Coach, dan penulis buku Lead Your Boss: The Subtle Art of Managing Up. Ia mengatakan bahwa leadership adalah tentang persepsi; jika atasan Anda tidak tahu bagaimana mereka dipersepsikan, kinerja mereka akan menyulitkan Anda. Namun, semakin tinggi seseorang menduduki posisi dalam sebuah organisasi, semakin sulit untuk mendapatkan feedback yang jujur.

James Detert, Asisten Profesor di Cornell Johnson Graduate School of Management juga mengamini. Dalam tulisannya, ia mengatakan bahwa saat ini semakin banyak bawahan merasa takut menyampaikan feedback. Mereka tidak berani berbicara, sekalipun apa yang dibicarakan itu adalah hal yang jujur.

Padahal, menurutnya, masukan atau feedback yang Anda berikan itu bisa membantu atasan Anda melihat dirinya sendiri seperti. Dan dari feedback konstruktif yang Anda berikan, atasan Anda akan menampilkan yang lebih baik lagi. Namun, memberikan feedback semacam ini membutuhkan kehati-hatian. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengikuti 3 cara efektif memberikan feedback kepada atasan, sebagaimana berikut ini:

Read more

coaching with feedback

Kebanyakan manager sadar bahwa salah satu cara untuk coaching anak buah akan berdampak besar dalam memastikan kesuksesan dari timnya. Sayangnya, pada saat waktu memberikan umpna balik, kebanyakan dari atasan tidak memahami bagaimana untuk melakukan coaching dengan tepat dan dengan sederhana memberikan tim mengembangkan anak buah. Hal ini tidak dapat disebut coaching karena sepertinya kurang efektif ataupun tidak dapat mencangkup masalah yang lebih dalam ataupun beberapa hal yang tidak berdasarkan fakta dan hanya satu arah. Coaching bukan hanya memberikan perintah tetapi juga umpan balik. Read more

Motivational Leadership

Kondisi pasar saat ini dinilai masih memiliki potensi yang cukup bagus. Indonesia masih banyak dilirik sebagai salah satu pasar berpotensi besar di dunia, khususnya Asia Tenggara. Akibatnya, banyak pemain baru baik dari lokal maupun internasional yang melirik untuk memanfaatkan potensi dan daya beli pasar Indonesia sehingga persaingan di berbagai industri menjadi lebih menantang. Read more

Sebuah persepsi adalah milik suatu individu. Sejatinya dalam sebuah kelompok atau organisasi memiliki persepsi yang berbeda-beda, apalagi bila dalam sebuah organisasi terdiri dari berbagai generasi. Di sinilah titik pertama potensi sebuah konflik. Namun, menjadi menarik apabila seorang HR dapat membantu Front-Line Manager untuk menyatukan persepsi karyawan dengan management.