Semua hal serta berbagai aktivitas yang kita lakukan bisa hampir dipastikan selalu berdasarkan atas niat apa yang mendasari mengapa aktivitas tersebut di lakukan, begitupun juga dengan ketika Anda sangat ingin menurunkan berat badan Anda di tahun 2018 ini, apakah semata hanya karena Anda ingin kembali dapat mengenakan pakaian lama Anda dan terlihat lebih menarik karenanya? […]

Perubahan terjadi setiap harinya, baik perubahan dalam skala besar maupun skala kecil. Kita perlu senantiasa mengasah kemampuan diri untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan adaptabilitas diri terhadap perubahan:

6 cara menjadi pemimpin hebat di usia muda

Menjadi pemimpin bukan hal yang mudah, apalagi berniat menjadi pemimpin hebat di usia muda. Tidak bisa dipungkiri, usia muda berkaitan dengan keterbatasan pengalaman. Namun bukan berarti tidak bisa menjadi pemimpin hebat, dibutuhkan tekad yang kuat untuk mewujudkannya. Menjadi pemimpin (LEADER) hebat, perlu memiliki hati yang baik, antara lain :

MENINGKATKAN PENGARUH DALAM MEMIMPIN

Setiap orang dinilai dari tindakan nyatanya. Kita sebagai pemimpin disorot oleh anggota tim dan dinilai berdasaran tindakan kepemimpinan aktual kita. Tindakan kita membentuk persepsi anggota tim terhadap diri kita sebagai pemimpin. Ketika tindakan kita berubah, perubahan persepsi orang lain terhadap kepemimpinan kita bisa berubah ke arah yang lebih positif atau bisa juga malah ke arah […]

kepemimpinan situasional

Kepemimpinan situasional sangat dibutuhkan di dalam sebuah organisasi. Karena pemimpin bisa memimpin sesuai situasi dan kondisi yang ada. Pemimpin juga harus menyesuaikan gaya kepemimpinannya dengan tahap pengembangan para anggota timnya berdasarkan kesiapan dari para anggota tim untuk melakukan suatu tugas sesuai jobdesk, kompetensi dan motivasinya. Gaya kepemimpinan yang akan diterapkan oleh pemimpin akan menentukan juga […]

Penanganan Keluhan Customer

Setiap kali mendengarkan kata “Keluhan” reaksi kita cenderung negatif. Hal ini disebabkan dengan menganggap keluhan sebagai masalah atau kritikan yang tidak menyenangkan. Padahal keluhan tidak selalu demikian, tetapi bisa dipandang sebagai hadiah dari pelanggan. Sebenarnya keluhan itu bermakna positif, dimana adanya pemberian kesempatan kedua untuk memperbaiki dan menjadikan pelanggan setia, sehingga bisa memperoleh lebih banyak […]

strategi pengambilan keputusan dalam organisasi

Sebagian fungsi terpenting dari seorang pemimpin adalah sebagai pengambil keputusan, sangat berkenaan dan menentukan terhadap tindakan yang perlu dilaksanakan, siapa yang melakukan, kapan, dimana, dan terkadang bagaimana pelaksanaannya. Keputusan ini sangat penting, sehingga mutlak butuh kemampuan membuat keputusan dengan tepat dan berkualitas dari seorang pemimpin. Kebanyakan pengambilan keputusan seseorang berhubungan dengan pemecahan masalah – masalah […]

Pemecah Masalah yang Baik dan Kreatif

Dalam sebuah organisasi bisnis dapat terjadi berbagai masalah di dalamnya. Untuk hal tersebut, biasanya pemimpin lah yang dituntut untuk menjadi pemecah masalah tersebut. Namun, jangan selalu terpaku kepada pemimpin untuk menyelesaikan masalah, jadilah pribadi yang datang ke pemimpin sebagai pembawa solusi bukan pembawa masalah. Selain menjadi pribadi pembawa solusi, kreativitas dalam menyelesaikan masalah juga menjadi […]

Meningkatkan Emotional Intelligence

Emotional Intelligence merupakan salah satu modal kunci dalam kesuksesan membina hubungan dengan orang lain baik dalam lingkungan profesional maupun pribadi. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk meningkatkan Emotional Intelligence yang dapat diterapkan sehari-hari. Semoga berguna.

Membiasakan diri berdialog merupakan tanda bahwa kita masih menghargai nilai-nilai positif dari setiap orang. Kesan cuek dan acuh dalam sebuah hubungan, lambat laun akan hilang seiring dengan semakin seringnya intensitas pola relasi dan kesadaran mulai terbangun. Namun kenyataan ini tidaklah mudah. Masih ada kesan cuek serta tak mau tahu dengan apa yang sedang terjadi. Kadang […]