Pelatihan Karyawan

pelatihan karyawan

Pelatihan Karyawan butuh dilakukan guna memungkinkan para karyawan untuk melakukan pekerjaan, tugas dan tanggung jawab mereka dengan baik.

“Training is everything. The peach was once a bitter almond; cauliflower is nothing but cabbage with a college education.” – Mark Twain

Dengan menyadari kebutuhan untuk pelatihan karyawan, MDI (Management Development International) yang telah dipercaya lebih dari 20 tahun oleh ribuan perusahaan dan organisasi, selalu mengupayakan program terbaik untuk dapat melatih karyawan dari lintas industri sesuai dengan kompetensinya. MDI percaya bahwa produktivitas yang baik berasal dari pemahaman yang baik pula mengenai tugas dan tanggung jawab setiap karyawan. Oleh karena itu, MDI selalu berusaha menghadirkan program Pelatihan Karyawan yang mendasar pada kompetensi karyawan dari perusahaan yang dilatih.

Untuk mencapai tujuan Pelatihan Karyawan yang efektif, MDI bukan hanya mengkombinasi program pelatihan karyawan internasional dari trainer yang berpengalaman. Akan tetapi juga, MDI berusaha mengenal budaya dan struktur organisasi dari perusahaan yang akan bekerja sama.

Jangan ragu hubungi Training Consultant kami untuk bekerja sama melatih karyawan anda dengan cara yang terbaik!

PERSONAL QUALITY

Program ini adalah tentang “Anda” dan apakah nama Anda diasosiasikan dengan kualitas.

Apakah Anda bangga untuk meletakkan nama Anda pada hasil pekerjaan Anda?

Bayangkan Anda akan melakukan olah raga terjun payung dan pengepakan parasut yang akan Anda gunakan dilakukan oleh orang lain dalam organisasi Anda.  Apakah Anda akan merasa yakin dan aman saat Anda menggunakan parasut yang disiapkan oleh:

Anak buah Anda?

Atasan Anda?

Rekan kerja Anda?

Orang-orang dari departemen lain?

Bayangkan apa yang terjadi apabila setiap orang di dalam organisasi Anda memberikan jaminan pribadi atas kualitas pekerjaan mereka. Inilah yang oleh TMI International disebut sebagai pribadi “Pengepak Parasut” karena Anda akan mempercayakan hidup Anda pada hasil kerja orang tersebut.

Program TMI yang berjudul “Personal Quality” membahas mengenai kualitas pribadi. Program ini menginspirasi dan menggerakkan orang untuk memprioritaskan kualitas kinerja mereka sampai hal paling sederhana sekalipun seperti typo.

Topik utama:

  • Sebab dari kualitas yang buruk
  • Keuntungan dari kualitas yang baik
  • Dua tipe kualitas – namun kebanyakan perusahaan hanya berfokus pada satu tipe
  • Meningkatkan standar kualitas pribadi: Kinerja Aktual (KA) dan Kinerja Ideal (KI) dan bagaimana menutup kesenjangannya.
  • Do-Check: teknik penting dalam meningkatkan kualitas pribadi
  • Prinsip “pengepak parasut
  • Mengapa kesalahan terjadi? Bagaimana cara menghindarinya?
  • Kualitas pribadi dan kualitas customer service – kepada customer internal dan eksternal
  • Jaminan pribadi – Meletakkan nama Anda pada pekerjaan Anda
  • Bagaimana menuntut kualitas dalam pekerjaan sehari-hari?

Effective Supervisory Management

The art of develop and empower a highly motivated team

 

Melalui timnya, seorang team leader yang handal akan mencapai sasaran.

 

Program praktis ini melengkapi Anda dengan kemampuan yang dibutuhkan dalam membantu tiap anggota tim Anda untuk mencapai potensi maksimal mereka.

 

Peserta akan mudah menyerap materi melalui kombinasi video program, studi kasus, role play, dan diskusi kelompok.  Berbagai variasi ini membuat keseluruhan training menyenangkan dan akan memastikan konsentrasi dan minat peserta akan tetap terjaga secara keseluruhan.

 

Siapa Yang harus Mengikuti :

Manajer lini pertama, Supervisor, Pengawas atau setiap orang yang dipromosikan ke posisi ini.

 

Tujuan Program :

  • Memenuhi peran dan tanggung jawab dari manajer lini pertama– menetapkan tujuan dan mengembangkan tim.
  • Mengembangkan dan menjaga kemampuan hubungan antar manusia.
  • Mengembangkan dan menjaga hubungan kerja yang baik.
  • Mengatur jadwal kerja pribadi dan tim.
  • Merencanakan pengembangan diri.
  • Memotivasi bawahan dalam memberikan kinerja terbaiknya.
  • Menganalisa masalah lebih akurat dan membuat keputusan yang lebih baik.
  • Komunikasi lebih efektif dengan tim, manajer dan kerabat kerja.
  • Menjalankan rapat & diskusi secara efektif.

 

Outcome Program:

  • Anda dapat meningkatkan kemampuan supervisi dengan penekanan aspek hubungan antar manusia dan kemampuan hubungan antar pribadi.
  • Prioritas rencana tindakan nyata untuk mengembangkan tim yang efektif dalam meraih potensi maksimalnya.

 

Keunggulan Program :

  • Latihan langsung yang menyenangkan dengan teknik penerapan yang praktis dan mudah.
  • Partisipasi aktif melalui diskusi terbuka yang akan menghasilkan solusi praktis dalam meningkatkan efektivitas program.

 

Film

Menggunakan film Would I Follow Me?” yang memperlihatkan bagaimana bawahan kita melihat kita ketika sedang memimpin mereka. Berbagai skenario sebelum dan sesudah dia mempelajari keterampilan kepemimpinan yang lebih efektif akan menjadi suatu alat pembelajaran yang efektif.

Improving Internal Service

Creating higher collaboration between internal teams/departments

 

Banyak yang mengakui pentingnya memberikan pelayanan luar biasa bagi customer eksternal, namun tidak banyak yang memahami pentingnya mengelola dan meningkatkan pelayanan customer internal.

 

Kualitas pelayanan customer internal akan menentukan tingkat kualitas pelayanan customer eksternal. Riset TMI International bahkan menggatakan bahwa kualitas pelayanan eksternal tidak akan mungkin lebih baik daripada kualitas pelayanan customer internal.

 

Banyak karyawan dalam suatu organisasi tidak saling memperlakukan karyawan lain dengan penuh hormat dan kepedulian seperti layaknya mereka memperlakukan customer eksternal. Akibatnya,  sulit sekali untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi customer eksternal karena hampir selalu customer eksternal akan merasakan dampak dari kualitas pelayanan internal yang buruk.

 

Untuk mencapai kualitas pelayanan yang mampu membuat customer setia secara jangka panjang, organisasi perlu memiliki jaringan pelayanan dan dukungan dalam semua lini organisasinya. Program ini berfokus pada menciptakan pelayanan customer internal yang kuat dan luar biasa.

 

Target peserta

Semua orang dalam organisasi yang berhubungan dengan orang lain dan memberikan pelayanan internal.

 

Manfaat program

Setelah mengikuti program ini, peserta akan mampu:

  • Meningkatkan kualitas pelayanan dalam organisasi yang dimulai dari kualitas kerja diri sendiri dan kolaborasi antar tim/departemen untuk pencapaian tujuan organisasional
  • Menciptakan strategi pelayanan antar tim/departemen yang dapat meningkatkan (bukannya menghambat) efektivitas dan efisiensi kinerja semua pihak
  • Berkontribusi dalam meminimalisir atau menghilangkan “perang saudara” antar tim/departemen

 

Deskripsi program

Topik-topik dalam program ini meliputi:

  • Mengidentifikasi penyedia (supplier) dan penerima (customer) pelayanan internal dalam proses internal yang dilakukan peserta dalam posisi dan fungsi mereka masing-masing
  • Menganalisis berbagai “titik sentuh” pelayanan internal mereka dengan para pihak terkait
  • Memahami ekspektasi dan persepsi pelayanan dari supplier maupun customer internal untuk menciptakan kesepakatan kualitas pelayanan
  • Mengembangkan berbagai keterampilan relevan untuk meningkatkan pelayanan internal, termasuk mengelola komplain serta menyelesaikan konfik terkait supplier dan customer internal
  • Mengembangkan komitmen dan rencana tindakan untuk meningkatkan kualitas pelayanan internal dalam organisasi

 

Metode pelaksanaan dan durasi

Program pelatihan interaktif yang melibatkan kompilasi video, diskusi kelompok, studi kasus dan role play sebagai pelatihan peserta dalam memberikan pelayanan internal di organisasi

 

Berbagai aktivitas dalam program akan memberikan kesempatan bagi peserta untuk berbagi ide dan belajar dari pengalaman.