Kunci Sukses Membina Hubungan Antar Manusia

membina hubungan antar manusia

“The way to get meaning into your life is to devote yourself to loving others,
devote yourself to your community around you, and devote yourself to
creating something that give you Purpose and Meaning”.
Mitch Albom

Pernahkah Anda membayangkan hidup sendiri tanpa ada seorangpun yang bisa diajak berinteraksi?
Pasti akan terasa sangat berat dan stres dalam menjalaninya bukan? Namun pada kenyataannya banyak manusia yang juga merasa berat dalam menjalani hidup ditengah masyarakat, hal ini bukan semata karna berada di lingkungan yang tidak baik namun lebih kepada bagaimana sikap Anda dalam menghadapi situasi dan menjalin hubungan dengan berbagai karakter orang yang ada disekitar tentunya. Maka dari itu, pentingnya membangun dasar sikap dan mental positif dalam berinteraksi ditengah masyarakat maupun di lingkungan kerja dan membina hubungan antar manusia itu sendiri.

Memang bukan suatu hal yang mudah jika kita harus selalu bersikap dan berpikir positif ditengah permasalahan yang dihadapi setiap harinya, namun ketika Anda mampu melewatinya akan ada banyak kebaikan hidup yang bisa kita dapatkan bahkan diluar hal yang Anda harapkan.

Berdasarkan penelitian ilmiah tentang relasi manusia, Ketika kita mempelajari cara membina hubungan baik dengan orang lain berarti kita sudah menempuh 85% kesuksesan dalam bisnis atau pekerjaan dan 95% perjalanan menuju kebahagiaan pribadi. Itulah sebabnya  mengapa hampir semua orang yang sukses dapatmembina hubungan baik dengan banyak orang dan membuat bisnis dan karir yang dijalaninya berkembang dengan baik. Sekarang bukan saatnya untuk mengikuti ego kita untuk menjadi orang yang dipandang, dihargai dan dihormati tapi yang terpenting adalah menunjukan sikap terbaik kita terlebih dahulu terhadap orang lain sehingga kebaikan yang kita harapkan akan mengikuti.

Sebenarnya untuk menjalin relasi yang sukses tidaklah sulit dan hanya membutuhkan dasar seperti yang dinyatakan oleh Les Giblin “Langkah pertama untuk meningkatkan keterampilan Anda dalam membina relasi antar manusia yang sukses adalah dengan memahami orang dan kodrat manusia secara tepat.” Adapun yang dimaksud dengan memahami orang dan kodrat manusia adalah:

MEMAHAMI ORANG DAN KEBUTUHANNYA

  1. Memahami perilaku seseorang dan mengapa ia melakukan
    hal yang dilakukannya.
  2. Mengetahui mengapa dan bagaimana reaksi orang dalam
    situasi dan kondisi tertentu.
  3. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk yang egois dan
    lebih tertarik pada diri sendiri, umumnya kita cenderung
    “lapar ego”
  4. Setiap orang yang Anda temui ingin merasa dirinya penting
    dan “bernilai”
  5. Setiap orang mengharapkan persetujuan orang lain agar ia
    dapat menyetujui dirinya sendiri

membina hubungan antar manusia
membina hubungan antar manusia

MEMAHAMI KODRAT MANUSIA

  1. Kodrat manusia mementingkan dirinya sendiri
  2. Mayoritas orang tertarik pada dirinya sendiri, mereka tidak
    tertarik pada Anda
  3. Anda tertarik pada diri Anda sendiri

Setelah memahami dasar perilaku dan kodrat manusia maka akan dengan mudah kita mengimplementasikan cara membina hubungan yang baik dengan orang lain sehingga kehidupan pribadi dan pekerjaan kita ditengah orang – orang disekitar akan berjalan harmonis dan memberi dampak positif. Semua tergantung Anda, pilihlah cara bersikap terbaik yang bisa Anda lakukan dalam berbagai situasi sehingga setiap masalah yang menghampiri tidak akan menimbulkan masalah baru yang mungkin lebih besar karena tidak tepat dalam menyikapi permasalahan. Ingatlah bahwa hidup itu pilihan, maka pilihlah cara terbaik dan kendalikan diri Anda! Semoga Sukses.


MDI News No. 217/XXI/September 2015

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id