Mengembangkan Potensi dari Dalam Diri

mengembangkan potensi

Pengembangan diri harus dilakukan agar diri dapat berkualitas dan berdampak kepada lingkungan sehari-hari. Adapun beberapa cara yang dapat dimulai untuk mengembangkan potensi di dalam diri kita, yaitu :

1. Jangan menunda pekerjaan

Salah satu hal yang mengherankan mengenai ide adalah bahwa otak dapat diperintah untuk bekerja secara auto-pilot (bukan hanya kapal atau pesawat saja yang dapat menggunakan auto-pilot). Jika Anda memberikan gagasan-gagasan dasar dan rangsangan yang cocok, maka otak akan memunculkan gagasan-gagasan yang dapat diteruskan. Namun terdapat kecenderungan apabila dihadapkan pada masalah, Anda akan menunda hingga menit terakhir dengan dalih bahwa otak akan berkerja secara optimal pada kondisi terdesak. Hal tersebut ada benarnya karena ketegangan batas waktu dapat mempersatukan pikiran dengan sangat baik. Namun dengan begitu Anda tidak memberikan kesempatan yang cukup kepada otak untuk menghasilkan pekerjaan yang lebih optimal. Jika Anda mengerjakan jauh hari sebelum batas waktu, tidak berarti Anda harus menyelesaikannya langsung, tetapi Anda dapat memberi masukan yang lebih baik kepada diri sendiri untuk menyadari dimensi-dimensi lain dari keadaan yang Anda hadapi.

2. Ambillah sudut pandang orang lain

Coba untuk menempatkan diri Anda pada posisi orang lain untuk mengetahui reaksi seseorang atas tindakan yang Anda ambil. Selain itu Anda juga dapat melakukan curah-gagasan atau brainstorming yang akan memudahkan Anda untuk mendapatkan banyak gagasan dengan cepat. Proses ini berlandaskan anggapan bahwa sekelompok orang yang bekerja bersama dibawah pimpinan yang baik dapat memunculkan jauh lebih banyak ide dan kemungkinan daripada bekerja masing-masing.

mengembangkan potensi
mengembangkan potensi

3. Ubahlah kebiasaan dan citra diri

Untuk bisa seperti itu, jadilah orang yang progresif. Kembangkanlah atribut-atribut dan motivasi yang dibutuhkan. Tuangkan ide Anda dalam bentuk tulisan dan terimalah perubahan dan/atau tantangan pada suatu masalah dengan tangan terbuka. Anda harus belajar untuk terbiasa berpikir terbuka dan fleksibel, banyak membaca, melihat dan merasakan. Dengan begitu, Anda akan mendapat banyak informasi dan menambah pengetahuan. Bacaan dan tontonan yang kita sukai bisa jadi adalah sebuah potensi dari pengetahuan baru.

Dari beberapa poin cara mengembangkan diri diatas yang paling utama sekali harus dilakukan adalah mengawali pengembangan potensi diri tersebut dengan niat yang tulus. Dengan adanya niat tulus, maka akan tercipta pula pikiran positif yang akan membuat Anda memiliki komitmen yang kuat untuk mencapai tujuan dari potensi anda.

Sesuatu hal yang dilakukan tentu tidak akan berbuah dengan hasil yang manis jika dilakukan tanpa adanya konsistensi. Maka dari itu, hal yang paling utama yang harus Anda ingat adalah tetap konsisten. Bila Anda mengerjakan sesuatu hanya dalam beberapa hari atau bulan, belum tentu hasil dari potensi diri yang anda kerjakan sudah terlihat. Cobalah untuk tetap konsisten, juga yakin, dan percaya cita-cita Anda akan segera terwujud.


MDI News No. 199/XX/Maret 2014

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571
atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id