5 Cara Untuk Melatih Diri Anda Menjadi Pemimpin Yang Baik

6 cara mempengaruhi orang lain

Ada banyak cara untuk dapat mempengaruhi orang lain agar mau menjalankannya sesuai permintaan. Namun hal ini akan sulit dilakukan bila tidak ada metode kepemimpinan yang benar.

Kemampuan memimpin yang benar akan membantu Anda beserta anggota tim untuk meningkatkan produktivitas dalam mencapai tujuan. Oleh karena itu Anda dapat menggunakan 7 cara untuk mempengaruhi orang lain, antara lain:

Kenali Diri Sendiri dan Tim

Mulailah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan Anda beserta tim. Fokuslah pada kekuatan agar proses pengembangan keterampilan berjalan lebih cepat dan manfaatkan setiap kelemahan untuk meningkatkan proses pembelajaran bagi Anda dan tim.

 

Sebarkan Energi dan Sikap Positif

Penyebaran energi dan sikap positif merupakan hal utama yang harus menjadi kebiasaan pertama untuk dibawa ke dalam tim dan lingkungan Anda. Energi dan sikap positif akan menjaga pikiran dan mentalitas tetap fokus pada hal positif dalam memotivasi diri pribadi maupun orang lain.

 

Buatlah Setiap Keputusan dengan Percaya Diri

Dalam mempengaruhi orang lain dibutuhkan rasa percaya diri, terutama dalam pengambilan keputusan. Pemimpin yang percaya diri akan membuat tim mampu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi.

 

Berikan Kepercayaan Kepada Orang Lain dalam Bentuk Delegasi

Ada beberapa anggota dalam tim yang menghindari delegasi. Padahal delegasi itu merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan pemimpin bagi timnya. Maka dipandang perlu untuk memberi kepercayaan kepada timnya melalui delegasi. Pendelegasian pekerjaan yang benar adalah mampu menggunakan kekuatan orang dengan baik dan menciptakan tantangan positif yang memungkinkan anggota tim bertumbuh dalam mendapatkan keterampilannya.

 

Jaga Kepercayaan dan Janji yang telah Diucapkan

Orang yang dapat dipercaya adalah mampu menjaga perkataan dan janji yang telah diucapkannya, maka Anda akan dapat mempengaruhi orang lain dengan keteladanan. Komitmen inilah yang sangat dibutuhkan oleh tim karena mereka tidak akan melakukan apa yang Anda ucapkan, jika mereka tidak melihat Anda melakukan hal yang sama.

 

Konsisten dengan Nilai yang Dipegang

Anggota tim adalah cerminan dari nilai-nilai yang Anda tetapkan dalam lingkungan perusahaan atau organisasi. Kepemimpinan yang sukses mengharuskan Anda untuk melakukan yang benar untuk tim dan bisnis. Jadilah sosok pemimpin yang konsisten dalam memberikan teladan yang baik dan benar di setiap aktivitasnya.