Menghindari Kesalahan Marketer dalam Pelatihan Karyawan

pelatihan karyawan

Marketing merupakan ujung tombak sebuah bisnis. Hidup matinya sebuah bisnis bergantung pada kemampuan seorang marketer. Untuk menentukan langkah-langkah keberhasilan seorang marketer diperlukan tindakan yang konsisten dan benar, agar meminimalisir kesalahan yang dapat menurunkan performance seorang marketer. Seseorang yang telah bertahun-tahun di dalam dunia marketing pun pernah melakukan kesalahan. Agar menghindari kesalahan marketer tersebut Anda dapat mengikuti pelatihan karyawan dalam hal marketing dan penjualan. Dimana pembahasan materi yang diberikan akan menghindarkan karyawan Anda dari kesalahan bahkan kegagalan.

Berikut ini beberapa kesalahan yang jangan sampai Anda lakukan:

  • Tidak Update Informasi Terbaru

Dunia marketing selalu berubah, tak bisa dipungkiri akan lebih mudah jika hanya fokus untuk mengerjakan hal-hal yang telah dipahami. Untuk mencapai sukses Anda harus melakukan inovasi karena hal tersebut menjadi bagian yang terpisahkan dari profesi seorang marketer.

Anda bisa mulai dengan menganalisa kelemahan marketing Anda, dengan memperhatikan hal-hal yang sukses dan gagal dilakukan oleh pesaing Anda. Apakah pesaing Anda mempunyai cara pemasaran yang hebat? Menggunakan media sosial, seperti Twitter, Facebook atau sejenisnya?

Kemudahan kita mengakses internet kadang membuat kita menganggap telah tahu segala yang terjadi di seluruh belahan dunia, Anda bisa membuka diri dengan mulai bergabung dalam komunitas marketing atau hadir dalam seminar atau training yang menghadirkan para pembicara yang berpengalaman dan mendekatkan Anda dengan jaringan marketing untuk mengembangkan wawasan Anda tentang dunia marketing saat ini.

Hal yang bisa Anda lakukan agar tetap update, Anda bisa lakukan riset dengan mengunjungi website-website marketing secara berkala dan memahami informasi yang diberikan. Dengan rangkaian proses yang telah dijabarkan Anda akan mudah memperoleh ide dan informasi terbaru.

  • Hanya Perduli Angka

Sebagai seorang marketer Anda pasti sangat akrab dengan target penjualan dan omset. Begitu terobsesinya seorang marketer dengan target dan omzet membuat ia hanya terpaku pada seberapa banyak angka yang bisa

dihasilkan dari seorang pembeli. Hal tersebut sah sah saja bagi seorang marketer, tapi taukah efek samping yang terjadi jika hanya terfokus pada angka, Anda hanya akan mendapatkan uang pelanggan tapi bukan hatinya.

Anda perlu memenangkan hatinya, jika Anda berhasil kemungkinannya untuk setia akan sangat besar. Menurut survey, biaya untuk mempertahankan pelanggan lama jauh lebih murah dari biaya untuk mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan lama juga mempunyai potensi yang besar bukan hanya dalam penggunaan produk atau layanan perusahaan yang mereka pakai sekarang, tetapi juga produk dan layanan perusahaan yang lain.

  • Menawarkan Produk Kepada Semua Orang

Beberapa orang yang berkecimpung dalam dunia marketing sudah memahami bahwa mereka harus membuat segmentasi yang spesifik terhadap pelanggan meskipun hal itu belum dilakukan secara efektif.

Tidak semua orang dapat membeli produk yang Anda jual, setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda. Daripada melakukan hal yang sia-sia dengan menawarkan produk kepada orang yang belum tentu membutuhkan atau menginginkannya, lebih baik fokus kepada konsumen yang benar-benar menginginkan dan membutuhkan produk Anda.

Diperlukan pendalaman product knowledge dan kemampuan untuk menganalisa pembeli Anda, bisa diperkaya dengan training product dan sales yang kadang diabaikan oleh seorang marketer, yang merasa sudah cukup lama dan ahli dalam memasarkan produk. Janganlah cepat puas teruslah belajar.

Demikian penjabaran beberapa hal yang jangan Anda lakukan sebagai seorang marketer didalam materi perlatihan karyawan, mungkin masih banyak hal yang terjadi diluar sana yang belum terangkum dalam artikel ini. Namun ingatlah bahwa kunci sukses Anda ada didalam diri Anda, sebelum terjadi suatu kegagalan Anda perlu mengantisipasi belajar dari kesalahan masa lalu diri Anda dan orang lain, agar Anda yakin melangkah untuk meraih sukses.

Materi pelatihan karyawan lainnya bisa Anda baca disini

MDI News No. 223/XXII/Maret 2016