Memotivasi dan Menggerakkan Sales Team Anda

memotivasi dan menggerakkan sales team

Apakah Anda mengalami ‘jalan buntu’ di dalam memimpin Sales Team Anda? Gunakan strategi-strategi di bawah ini untuk memotivasi dan menggerakkan sales team Anda secara efektif:

1. Tentukan SMART Goals

Tim Anda mungkin memiliki target setiap minggu, bulan, maupun setiap tiga bulan. Bagaimanapun juga, tetaplah ingat bahwa setiap aktivitas yang memiliki target dapat menjadi lebih efektif. Pastikan bahwa target tersebut SMART: spesific, measurable, attainable, reasonable and timely.

Contohnya adalah target penjualan di tim penjualan dengan target lima customer dapat menjadi target yang dapat dicapai di Perusahaan Anda. Sementara hal ini dapat digunakan juga sebagai target yang memotivasi mereka, pada saat yang sama juga dapat membantu mereka untuk mengatur strategi atau langkah yang mereka akan ambil apabila pada pertengahan bulan mereka belum mencapai bahkan hampir setengahnya. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan kinerja maupun dapat mengurangi resiko untuk hilangnya kesempatan-kesempatan yang ada.

Di sisi yang lain, perhatikan bahwa dengan mengatur tujuan atau aktivitas tertentu yang telah ditetapkan seperti berapa jumlah cold calls yang dilakukan setiap hari, menjadwalkan canvasing setiap minggunya. Hal ini akan meringankan beban untuk anggota tim Anda untuk melakukan penjualan, dan memberikan anggota tim kebebasan yang ingin dilakukan untuk membangun hubungan yang positif dan baik dengan pelanggan.

memotivasi dan menggerakkan sales team

memotivasi dan menggerakkan sales team

2. Create Competition

Ambilah kesempatan dimana Anda melihat persaingan positif yang ada dari anggota tim Anda, dan dukung kompetisi yang sehat untuk membentuk tim yang solid dengan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Kompetisi juga sangat baik untuk mengembangkan kinerja anggota tim pada saat hasil penjualan tidak mencapai target.

Fokus kepada kontes dari strategi bisnis yang Anda ingin raih. Buatlah pengumuman melalui email kepada divisi yang terkait mengenai kompetisi, dan umumkanlah mengenai cara-cara untuk memenangkan kompetisi, hadiah atau reward apa yang akan didapatkan dan hal-hal lainnya.

Agar membuat kompetisi lebih menarik dan berharga, tawarkanlah hadiah-hadiah hiburan untuk penghargaan baik untuk anggota tim yang berhasil maupun yang belum. Tanyakanlah anggota tim Anda apa yang mereka inginkan untuk raih, atau gunakan perkiraan Anda sendiri untuk memberikan beberapa penghargaan yang kreatif.

Baca: Cara Memotivasi dan Menggerakkan Sales Team

3. Recognize Achievements

Salah satu cara terbaik untuk memotivasi anggota sales tim adalah dengan cara memberikan penghargaan atas apa yang telah mereka raih maupun apa yang belum mereka raih dengan baik sehari-hari.

Berikan pujian kepada anggota tim Anda dengan sederhana seperti memberikan “high five” atau memberikan pengumuman kecil pada saat briefing di pagi hari akan membuat anggota tim Anda lebih termotivasi. Doronglah anggota tim Anda juga agar dapat saling memberikan penghargaan satu dengan yang lain, memberikan penghargaan apabila ada rekan yang berhasil. Dengan cara seperti ini, secara tidak langsung Anda sedang membangun tim yang kuat dan memperkuat hubungan satu dengan yang lain.

memotivasi dan menggerakkan sales team

4. Become a Coach or Mentor

Selain menganalisa dan memiliki laporan mengenai kinerja kerja setiap anggota tim Anda, di sisi lain juga jangan lupa berikan dorongan untuk mengembangkan setiap pribadi yang ada.

Agar menjadi coach atau mentor yang efektif, khususnya dengan kesulitan yang dihadapi oleh anggota tim, specially to struggling team members, spend some one-on-one time with the people who need your assistance most. Dampingi anggota tim Anda di dalam melakukan analisa diri, cara sederhana adalah dengan melakukan SWOT Analysis (strenghts, weaknesses, opportunities and threats). Ikuti: Training Kepemimpinan Untuk Pengembangan Diri

Pastikan bahwa sebagai pemimpin anggota tim Sales, Anda menciptakan energi di dalam lingkungan bekerja untuk tim Anda, dan ambilah beberapa perencanaan untuk mengurangi tekanan di dalam tempat kerja. Pastikan Anda mencapai target untuk membangun tim yang efektif. Selamat berkarya!


MDI News No. 215/XXI/Juli 2015

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571
atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id