Cara Efektif Menjadi Telemarketing

Cara Efektif Menjadi Telemarketing

Telemarketing merupakan suatu cara perusahaan untuk melakukan penawaran baik produk atau jasa kepada calon customer dengan menggunakan media komunikasi pesawat telephone, cara ini banyak digunakan oleh perusahaan perbankan dan keuangan termasuk asuransi yang menjual intangible product.

Biasanya ada skrip yang menjadi standar dalam melakukan proses telemarketing, namun seringkali tenaga pemasaran terjebak pada skrip yang telah dibuat tersebut sehingga terkesan kaku pada awalnya dan menyebabkan konsumen kurang tertarik dengan pembicaraan.

Memang secara teknis menjual melalui telemarketing akan lebih sulit dibandingkan menjual secara langsung hal ini dikarenakan konsumen tidak mengetahui seperti apa orang yang sedang mengajaknya bicara sehingga wajar apabila calon customer cenderung bereaksi negatif di awal pembicaraan.

Namun telemarketing memiliki kelebihan salah satunya yaitu tidak membutuhkan perhatian penampilan dan jangkauan lebih luas jika dibandingkan dengan penjualan langsung. Kelebihan lainnya telemarketing hanya mengandalkan kecakapan berbicara dan negosiasi. Maka dari itu penting untuk menguasai teknik dan cara efektif dalam menjalankan telemarketing tersebut.

Berikut tips yang dapat MDI berikan untuk membantu Anda dalam menjalankan pekerjaan sebagai telemarketing atau membawahi staff telemarketing:

1. Persiapkan pemahaman product, Data base dan alur percakapan.

Sebelum memulai menelpon customer, persiapkan hal ini dengan baik karena akan membuat Anda percaya diri saat menghubungi customer dengan berbagai tipe orang yang belum Anda kenal.

Pembicaraan akan lebih terarah dan efektif apabila sudah menguasai alur percakapan dan memiliki informasi mengenai siapa orang yang akan Anda ajak bicara.

Cara Efektif Menjadi Telemarketing

Cara Efektif Menjadi Telemarketing

2. Awali dengan sapaan yang sederhana dan kenalkan diri Anda.

First impression sangat penting dalam telemarketing karena hal ini menentukan respon yang akan diterima pada percakapan selanjutnya. Caranya, Anda harus menjelaskan dengan intonasi dan artikulasi yang baik secara singkat mengenai perusahaan beserta nilai keunggulan yang dimiliki, kemudian jelaskan maksud dan tujuan Anda secara singkat dan jelas (tidak bertele – tele).

3. Buatlah pertanyaan terbuka 5W + 1H.

Pertanyaan what, where, when, why, who dan how akan membantu Anda menciptakan komunikasi dua arah yang dapat membantu Anda dalam menciptakan keterbukaan lawan bicara dan akan menjadi cara yang efektif untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh customer.

Cara Efektif Menjadi Telemarketing
Cara Efektif Menjadi Telemarketing

4. Buatlah persetujuan untuk jadwal appointment!

Setelah customer tertarik dengan penawaran Anda, mintalah dengan cara yang sopan untuk membuat appointment pada waktu yang disetujui oleh customer dan usahakan Anda yang memberikan dua pilihan waktu pertemuan agar membantu customer menentukan waktu yang tepat dan mintalah alamat jelas dan kontak pribadi customer Anda. Namun apabila customer tidak berkenan untuk bertemu, maka lakukanlah cara yang sama untuk meminta kesediaannya Anda hubungi kembali pada waktu yang disepakati.

5. Gunakan “Yes Set”

Buatlah minimal tiga pertanyaan yang membuat customer Anda akan menjawab “Ya”, misalnya ‘Maukah Bapak atau Ibu memiliki keluarga yang sehat dan sejahtera?’ Pertanyaan ini pasti akan disetujui oleh customer Anda. Hal ini bertujuan untuk membuat customer setuju dengan Anda dan menjadi jalan untuk mencoba menawarkan produk atau jasa ataupun meminta untuk membuat appointment di lain waktu.

Demikian cara efektif menjadi telemarketing beserta teknik yang bisa Anda terapkan.

Materi mengenai telemarketing lainnya bisa Anda akses disini


MDI News No. 215/XXI/Juli 2015

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id

Cara Efektif Menjadi Telemarketing