Perubahan Multi Generasi

perubahan multi generasi

Kita percaya bahwa sangat penting untuk menyadari pentingnya perubahan akan perbedaan yang ada dari setiap Multi Generasi dan setiap mereka memiliki cara bekerja juga yang berbeda-beda.

Seperti contohnya: apabila Anda sedang mengadakan rapat dan ada Multi Generasi tersebut hadir, tetaplah berikan hard copy atau print hasil rapat maupun notulen kepada Atasan maupun rekan kerja Anda yang Zoomers, sedangkan Anda bisa mengingatkan Generasi X dan Y melalui Email terlebih dahulu.

Ingatlah hal ini bahwa work-life balance ataupun keseimbangan di dalam bekerja adalah hal yang penting di dalam Generation Y, bahkan mereka memiliki pedoman bahwa bekerja seharusnya menyenangkan dan tidak perlu terlalu ‘ngoyo’ untuk mencapai suatu posisi, hal yang penting bagi mereka adalah contohnya: Free Wi-fi connection di kantor .

Bayangkan efek dari teknologi dan bagaimana beberapa cara yang kita lihat yang seharusnya kita ubah agar kinerja meningkat dan dapat saling bekerja sama secara lebih maksimal, tetapi ingatlah juga bahwa perubahan dari barang maupun jasa juga harus kita perhatikan. Ingatlah bahwa dengan memahami Multi Generasi akan menciptakan lapangan kerja yang baik dan meningkatkan perusahaan Anda.

perubahan multi generasi

Salah satu cara yang dapat diaplikasikan dan dicoba adalah dengan membantu setiap perusahaan untuk memberikan kompensasi, fasilitas dan insentif ataupun bonus sesuai dari masing-masing divisi yang ada agar dapat memotivasi anggota. Tim Multi Generasi Anda lebih lagi.

Sebagai contoh, seberapa banyak orang yang pensiun pada akhir masa kerja?
Ada beberapa juga yang menginginkan waktu lebih agar dapat kompensasi yang lebih tinggi.
Setiap orang yang lebih muda mungkin lebih menghargai fleksibilitas di karir mereka, seperti tugas-tugas yang dapat mendukung keahlian baru dimana mereka dapat mengaplikasikan di karirnya di masa mendatang.

Karyawan yang telah bekerja lebih lama mungkin ingin melakukan riset mengenai tugas dan tetap dibayar pada saat mereka tidak masuk bekerja. Jangan berasumsi bahwa setiap orang cukup puas dengan fasilitas kesehatan maupun perlindungan karyawan yang telah ada. Banyak Perusahaan yang ada menawarkan fasilitas lain selain perlindungan karyawan.
Contohnya: fasilitas olahraga dan nutrisionis sebagai bagian dari fasilitas yang telah ada.

perubahan multi generasi

Beberapa Perusahaan bergantung terlalu condong kepada satu strategi saja untuk berkomunikasi secara korporat. Dengan cara mengirimkan pesan yang sama di beberapa format yang ada, pastikan bahwa Anda dapat ‘menjangkau’ setiap anggota Tim yang ada.
Ingatlah bahwa Zoomers mungkin lebih menghargai komunikasi langsung pada saat bertemu muka, sementara Generasi X dan Generasi Y lebih memilih untuk menggunakan teknologi yang ada.

Cara terbaik juga adalah dengan cara mengundang anggota Tim Anda dan adakanlah sesi sharing sessions. Cara terbaik untuk memimpin Multi Generasi adalah dengan menyediakan setiap anggota tim Anda dengan kesempatan untuk memberikan informasi seputar sejarah, karakteristik dan perilaku yang berbeda dari setiap generasi yang ada tersebut. Usahakan untuk melakukan dialog bukan hanya satu arah tetapi fasilitasi mereka dan berbagi informasi.

perubahan multi generasi

Semakin Anda dapat mengerti mengenai Multi Generasi, semakin Anda akan dapat mengembangkan strategi serta berbagi pengetahuan yang ada. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan contohnya adalah dengan salah satunya menentukan anggota Tim mana yang Anda miliki yang membutuhkan pengembangan sehingga dapat dipasangkan dengan anggota Tim yang lebih mengerti mengenai hal tersebut. Contoh: Generasi Y yang baru bergabung dengan Tim Anda dapat dipasangkan atau mentor dengan Generasi X sehinga setiap pengalaman yang ada juga dapat dibagikan.

Hal yang terakhir adalah selain mengenal Multi Generasi, pastikan Anda mengenal masing-masing interpersonal skills yang ada untuk dapat lebih beradaptasi dengan setiap anggota Tim yang lain maupun divisi yang lain. Setiap Pemimpin yang baik bertanggung jawab untuk dapat memastikan setiap orang di Perusahaan tersebut untuk dapat “bekerja sama”. Ciptakan suasana maupun lingkungan bekerja dimana setiap Generasi merasa dihargai, terbuka dan dimana setiap Multi Generasi dapat berbagi dan terbuka tanpa takut untuk dirubah.


MDI News No. 217/XXI/September 2015

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id