8 Jenis Pelatihan Karyawan yang Paling Dibutuhkan Saat Ini

Sebuah perusahaan harus benar-benar memperhatikan tiga elemen dasar dalam membentuk karyawan yang professional. Ketiga elemen tersebut antara lain : Knowledge – Skill – Attitude.

Menjadi karyawan yang professional harus memiliki pengetahuan yang cukup, pengetahuan yang dimiliki harus di implementasikan untuk meningkatkan kemampuan, dan kedua hal tersebut harus dilandasi dengan kemauan.

Bagaimana karyawan Anda bertindak sama pentingnya dengan pengetahuan yang dia harus miliki, itulah mengapa soft skill sangat penting untuk pertumbuhan, karena sebaik apapun knowledge yang di miliki, akan menjadi sia-sia jika tidak di topang dengan Attitude yang baik.

Soft skill adalah atribut pribadi yang memungkinkan karyawan berinteraksi secara efektif dan harmonis dengan orang lain di tempat kerja, termasuk rekan kerja, manajemen, dan pelanggan. Penelitian telah menunjukkan bahwa jika terjadi kesenjangan soft skill dasar di antara karyawan perusahaan, akan mempengaruhi keberhasilan sebuah perusahaan dan juga berpengaruh terhadap meningkatnya turnover karyawan.

Pelatihan soft skill berguna untuk karyawan baru dan juga tentunya karyawan lama di semua tingkatan. Hal ini merupakan cara yang sangat efektif untuk membangun budaya yang efisien, saling menghormati dan kolaboratif – yang pada akhirnya mempengaruhi keuntungan.

Berikut kami informasikan 8 jenis pelatihan karyawan yang paling dibutuhkan saat ini:

1. Communication Skill

Materi pertama yang paling dibutuhkan ini dianggap sangat penting untuk segera dilakukan. Keberhasilan melakukan komunikasi yang efektif terbukti mampu meningkatkan produktifitas sebuah perusahaan. Memahami komunikasi yang efektif akan membuat hubungan antar departemen dan antar divisi akan menjadi lebih baik.

2. Presentation Skill

Materi kedua yang dibutuhkan adalah memiliki kemampuan presentasi. Kemampuan presentasi menjadi hal yang penting untuk dikuasai karena hal ini terkait juga dalam upaya meningkatkan efektifitas dalam berkomunikasi.

3. Creative Problem – Solving Skill

Materi berikutnya yang juga dibutuhkan adalah kemampuan menyelasaikan masalah secara kreatif. Di era baru dengan banyak perubahan yang akan terjadi membuat Anda harus mempersiapkan para karyawan Anda dengan kemampuan creative problem solving.

4. Change Management

Materi selanjutnya adalah mengenai kemampuan mengelola perubahan. Sama seperti creative problem solving, kemampuan mengelola perubahan sangat penting untuk di pahami dengan baik oleh seluruh karyawan dari setiap bagian dan juga tingkatan. Memahami bahwa perubahan pasti akan terjadi salah satu caranya adalah dengan memahami reaksi dari perubahan yang akan timbul, dan semua itu akan di pelajari didalam Change Management.

5. Leadership Skill

Materi berikutnya adalah kemampuan memimpin. Setiap perusahaan harusnya memastikan kalau setiap karyawan yang terdapat di dalam perusahaan tersebut sudah pernah mendapatkan materi mengenai Leadership Skill. Materi ini tidak hanya penting untuk para pemimpin didalam perusahaan, tetapi juga penting bagi seluruh karyawan yang kedepannya juga akan dipersiapkan menjadi pemimpin di masing-masing departemen dan divisinya.

6. Emotional Intelligence

Materi selanjutnya adalah Kecerdasan emosional. 80% keberhasilan ditentukan oleh kecerdasan emosional yang dimiliki. Dengan alasan tersebut, maka materi ini sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keberhasilan sebuah perusahaan.

7. Selling in New Normal

Meningkatkan pendapatan perusahaan, berarti menemukan cara yang tepat untuk melakukan penjualan. Akan ada banyak hal yang perlu dipahami saat kita berbicara mengenai selling in new normal.

8. Service in New Normal

Materi terakhir adalah service in new normal. Materi ini sangat dibutuhkan karena service merupakan kunci dalam upaya meningkatkan pendapatan sebuah perusahaan. Kenapa hal ini terkait? Karena pendapatan akan meningkat jika sebuah perusahaan mampu memberikan pelayanan terbaik, dan pelayanan terbaik harus bermula dari internal lalu beranjak ke eksternal.

Itulah 8 Jenis pelatihan karyawan yang paling dibutuhkan di masa new normal, dan ditengah jam kerja yang beranjak muali kembali normal adalah waktu yang tepat untuk sebuah perusahaan melakukan pelatihan kepada seluruh karyawannya. Pastikan perusahaan sudah mulai melakukan salah satu dari ke 8 Jenis pelatihan tersebut. Namun jika belum, Anda bisa merekomendasikan pelatihan karyawan ini kepada perusahaan Anda. Apalagi saat ini banyak metode yang digunakan, bukan hanya pelatihan offline saja, tapi juga ada metode Virtual Learning, Video Learning, dan Blended Learning. Tentunya metode tersebut akan menjadi alernatif dengan biaya yang lebih terjangkau. Bagaimana dengan kualitasnya? Tentu hal ini tidak perlu Anda khawatirkan, karena di sini Anda bersama vendor pelatihan karyawan yang sudah 26 tahun dipercaya di Indonesia. 

 

Oleh:

Romy Sardji – Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *