indonesia negara maju

Apa Kata Mereka? Indonesia Akan Jadi Negara Maju. “Justru kita berbangga, kita kan G20, kita sekarang ekonomi 15-16. Dan kita purchasing power parity kita nomor 7, masa dianggap berkembang? kita kadang-kadang sudah maju tapi gak mau maju” Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

 “Kalau misalnya jadi negara maju kan nanti impact-nya itu kan bisa ke GSP. Saat ini kan Indonesia sedang di-review GSP nya. Dan itu kelihatannya ya semoga bisa lancar ya. Jadi bisa GSP-nya nggak dicabut,” Wakil Ketua KADIN Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani.

“Selama ini di Indonesia hanya 5 komoditas yang menikmati itu. Jadi sebetulnya gak terlalu besar sekali pengaruhnya kepada perdagangan kita dan CVD ini berbeda dengan GSP” Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Diantara kemelut persepsi serta kekhawatiran pemerintah atas pernyataan resmi pada Senin (10/02) lalu oleh Amerika Serikat melalui US Trade Representative (USTR) yang mengatakan kebijakan untuk menghapus 25 negara berkembang salah satunya adalah Indonesia. Hal ini, memang menjadi kekhawatiran bersama yang berpengaruh positif dan negatif. Namun, untuk melepaskan kekhawatiran itu bagi para perusahaan maupun Anda sebagai masyarakat Indonesia perlu diambil positif karena hal itu membuat dorongan kita untuk terus meningkatkan ekonomi dan menghadapi daya saing yang cukup berat.

Pencarian upaya bagaimana menghilangkan kendala untuk menjadi negara maju, “Apakah itu dari sisi investasi, teknologi, sumber daya manusia, dan institusi” Ujar Sri Mulyani. Lalu apa yang harus kita lakukan?

 Mari kita mulai bersama bagaimana mengelola beberapa faktor tersebut dengan baik.
  1. Investasi

Investasi adalah komitmen atas sejumlah dana atau sumber daya lain yang dilakukan pada saat ini. Dengan tujuan memperoleh sejumlah keuntungan di masa datang. Berbagai aktivias investasi sejumlah dana pada asset real (tanah, emas, atau bangunan) maupun aset finansial (deposito, saham, atau obligasi). Kegiatan tersebut tentunya berpengaruh besar untuk para investor dan perlu dikelola dengan baik.

Pengelolaan yang kurang baik akan berdampak fatal dengan dana yang sudah berjalan karena berinvestasi merupakan penanaman modal berjangka panjang. Perhatikan perkembangan investasi Anda, pengaturan hukum investasi yang dilakukan, dan sebelum melakukan investasi coba kita lakukan prinsip-prinsip mengelola keuangan pribadi.

  1. Teknologi

Era teknologi 4.0 membawa dampak adanya tantangan yang semakin besar, seperti teknologi yang semakin canggih menuntut kita untuk meningkatkan kualitas kemampuan dan pengetahuan. Apalagi generasi millenial membawa pengaruh besar terhadap perkembangan teknologi, maka dari itu pengembangan inovasi strategi diperlukan untuk terciptanya ide yang brilian.

 

Baca juga: Mentoring Millenial For Management

 

  1. Sumber Daya Manusia

Tanpa sumber daya manusia yang baik tidak mungkin suatu bangsa bisa berkembang dan mampu bersaing di tengah-tengah percaturan ekonomi dunia internasional. Terlebih lagi dalam suatu perusahaan, SDM adalah orang yang bekerja dan berfungsi sebagai aser organisasi.

Pengembangan sdm sangat diperlukan sebagai cara menghadapi tantangan persaingan tersebut, seperti dibutuhkan pelatihan dan perhatian untuk meningkatkan kemampuan sehingga bisa menyelesaikan berbagai macam tugas yang berhubungan dengan peran meraka di masa depan.

 

  1. Institusi

Selain institusi pemerintah yang berkewajiban membantu kesejahteraan rakyat, diperlukan institusi swasta yang produktif dan kompetitif. Apalagi untuk mewujudkan inovasi dan memberikan pengetahuan tentang pelatihan serta pengembangan dalam mengelola beberapa faktor yang dibutuhkan perusahaan. Maka dibutuhkan lembaga training terbaik untuk mendukung kebutuhan perusahaan Indonesia agar pantas menjadi negara maju yang membanggakan masyarakat, ini 5 lembaga training terbaik di Indonesia.

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *