Mentoring Millenial For Management

Mentoring Millenial

Millenial membawa banyak semangat dan energi untuk pekerjaan mereka dan banyak dari mereka bersemangat jika tidak sabar untuk mengembangkan keterampilan leadership dan memberi dampak di pekerjaannya. Jadi, bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan energi dan antusiasme ini serta membantu mempersiapkan Millenial untuk memimpin?

Jawabannya ada dalam 1 kata: mentoring. Jika Anda mencari untuk memunculkan yang terbaik dalam generasi pemimpin selanjutnya di organisasi Anda, sangat penting untuk menemukan cara-cara kreatif agar bisa menghubungkan bakat junior dengan karyawan atau pemimpin yang lebih berpengalaman baik dalam formal dan informal sesi mentoring. Berikut adalah beberapa hal yang harus diingat untuk mentoring millenial jika Anda ingin menjadi mentor yang lebih baik untuk rekan kerja Millenial :

Be mindful of the Millennial mindset

Meskipun terkadang hal ini terlalu sederhana untuk memikirkan bahwa Millenial sebagai generasi anak-anak yang memenangkan piala cukup dengan berpartisipasi; Millenial, pada saat mereka memasuki dunia kerja, memiliki teknologi untuk berterima kasih yang bernilai seumur hidup dari umpan balik dan kepuasan instan. Mereka dibesarkan untuk mampu online dan melacak dimana mereka berada di kelas mana pada saat tertentu, email guru dan dosen mereka untuk mengajukan pertanyaan, dan jaringan dengan rekan-rekan dari Peoria ke Pretoria. Bagi mereka, dunia selalu datar, terhubung, beragam dan demokratis – walaupun mungkin tidak tampak seperti itu di kantor. Ketika Anda bekerja dengan seorang Millennial, penting untuk Anda memahami dimana mereka datang dari dan harapan mereka bawa ke tempat kerja.

Provide “face time” and feedback

Milennial menghargai kolaborasi dan ingin bekerja sama dengan orang-orang di semua tingkatan dalam organisasi mereka. Jika Anda memberikan sesi mentoring kepada seorang Millenial, cobalah mencari project yang dapat Anda kerjakan bersama-sama. Tidak hanya akan membantu Anda terhubung dengan mentee Anda, itu juga akan membuat Anda lebih mudah memberikan umpan balik yang spesifik yang dia butuhkan. Dan berkaitan umpan balik, ingat untuk mengatakan “ya” ketika jawabannya adalah ya; dan “tidak” jika tidak. Peran mentor adalah untuk membantu mentee tumbuh menjadi perannya. Meskipun menjelaskan kesalahan bisamenjadi hal yang sulit, dapat lebih mudah ketika Anda marah tetapi juga memberikan solusi yang positif.

Mentoring Millenial
Mentoring Millenial
Mentoring Millenial

Mentoring is a two-way street

Menurut laporan Harvard Business Review, salah satu manfaat dari mentoring untuk Millenial adalah “mentoring terbalik” yang sering terjadi. Sementara seorang karyawan senior dapat mengajarkan Millenial banyak tentang budaya dan politik dari organisasi Anda, Millenial juga memiliki keterampilan dan pengetahuan mereka sendiri untuk dibagikan – dalam hal teknologi dan media sosial, misalnya. Mereka juga dapat memberikan pemimpin yang lebih berpengalaman jalan masuk menuju cara terbaik untuk menyusun tempat kerja dalam rangka memanfaatkan semangat, rasa ingin tahu dan kreativitas mereka. Membina hubungan yang terbaik baik dalam lingkup personal dan di kantor adalah hubungan yang saling menguntungkan. Lebih mudah untuk terhubung ketika kedua belah pihak memiliki sesuatu untuk didapatkan.

Connect the meaning to the matter

Untuk Millenial, bisnis yang sukses tidak hanya membuat uang, mereka juga membuat dunia menjadi tempatyang lebih baik. Millennial ingin bekerja untuk perusahaan yang memiliki nilainilai yang kuat dan membuat dampak positif pada masyarakat. Memang, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Bentley University Center for Women & Business menemukan bahwa 84% dari Millenial berpandangan bahwa membuat perbedaan positif di dunia sebagai hal lebih penting daripada pengakuan profesional. Ketika Anda dapat menghubungkan makna dari apa yang organisasi Anda lakukan untuk sesuatu yang berarti – perbedaan yang Anda buat dalam kehidupan pelanggan Anda, karyawan Anda, komunitas Anda dan dunia Anda mungkin mampu menginspirasi karyawan muda Anda.

Vince Lombardi, seseorang yang tahu satu atau dua hal tentang mengembangkan pemimpin yang kuat dan memenangkan tim, pernah berkata, “Pemimpin tidak dilahirkan, mereka dibuat.” Mentoring kita lakukan dengan Millenial hari akan membantu mereka berkembang menjadi pemimpin kami organisasi besok.


MDI News No. 234/XXIII/Februari 2017

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id