Menjadi Sales yang Berkualitas Tinggi

Kualitas apa yang harus dimiliki oleh para sales agar dapat meningkatkan nilai dari sebuah produk atau jasa yang dijualnya? Berikut ini beberapa poin yang bisa Anda dapatkan agar menjadi seorang sales yang berkualitas tinggi, mari kita simak :

Sales yang Berkualitas Tinggi

Percaya diri adalah modal awal agar Anda dapat sukses dalam penjualan. Jika Anda tidak percaya kepada diri Anda sendiri, lalu bagaimana Anda bisa meyakinkan customer Anda? Namun hati-hati juga dengan sikap percaya diri yang terlalu berlebihan karena kadang bisa dianggap sebagai sikap yang sombong, yang terbaik adalah menampilkan rasa percaya diri dengan penuh kesopanan dan pastikan customer Anda merasa nyaman dengan sikap percaya diri Anda.

Baca: Rasa Percaya Diri Dalam Training Motivasi

Sales yang Berkualitas Tinggi

Sebagai sales dituntut untuk berkomitmen sepenuh hati dengan pekerjaannya, pekerjaan sales akan terlalu sulit dijalankan untuk orang-orang yang melakukannya dengan setengah hati.Pilihannya adalah berkomitmen sepenuh hati atau pilihlah bidang pekerjaan yang lain. Jangan membuang waktu Anda. Baca: Cara Menjual Sisir Kepada Biksu

Sales yang Berkualitas Tinggi

Jangan berharap menggunakan sistem “Hit and Run” akan membawa Anda mendapatkan hasil yang baik, Anda harus mempunyai kedisiplinan untuk mendukung semua komitmen Anda.

Baca: Training Leadership Kepemimpinan Situasional

Sales yang Berkualitas Tinggi

Semua yang Anda katakan tentang produk atau jasa Anda haruslah sesuatu yang benar sesuai dengan faktanya, jangan sampai “over promise”, jika Anda tidak yakin lebih baik Anda katakan “tolong beri saya waktu untuk menemukan jawaban yang tepat sesuai kebutuhan Anda (customer)”. Dan selama proses penjualan berikanlah sikap yang bersemangat dan energik agar suasana lebih hidup, menyenangkan dan tidak membosankan.

Sales yang Berkualitas Tinggi

Yang menjadi sales bukan hanya diri Anda, ada banyak sales lain yang sedang mengetuk pintu customer Anda saat ini, dan customer hanya akan mengingat sales yang dapat memberikan dampak. Pastikan Anda mempunyai nilai tambah dan memiliki perbedaan yang positif dibanding kompetitor.

Baca: Belajar Customer Service dari Tempat Spa

Sales yang Berkualitas Tinggi

Dampak yang baik hanya bisa diperoleh jika Anda melakukan persiapan yang matang. Sales yang hebat selalu melakukan proses sales dengan terencana. Jika Anda kurang persiapan lebih baik jangan temui customer Anda, mereka dapat membedakan mana sales yang siap dan mana yang tidak. Dan customer menyukai sales yang penuh persiapan

Sales yang Berkualitas Tinggi

Setiap hari kita bisa belajar hal baru, kita bisa bertukar pikiran, nasehat, dan gagasan dengan customer kita. Mulailah dengan beberapa pertanyaan yang cerdas dan relevan dengan kebutuhan customer, namun pastikan Anda sudah mengetahui banyak tentang apa yang akan Anda diskusikan dengan customer Anda.

Sales yang Berkualitas Tinggi

Seorang sales harus berani menyampaikan sebuah ide, jangan hanya selalu bilang “Yes, Sir”, jika Anda lebih sering berkata seperti itu maka Anda akan kehilangan “nilai” di depan customer Anda. Biasanya ide datang dari hasil pengamatan dan mendengarkan dari berbagai macam customer Anda lainnya. Semakin banyak Anda bicara dengan banyak customer, maka semakin banyak ide mengalir yang akan Anda dapatkan.

Sales yang Berkualitas Tinggi

Jangan membawa topik yang selalu sama setiap kali bertemu dengan customer Anda. Pikirkan beberapa topik menarik yang bisa dibicarakan, misalnya tentang supplier, logistik, kondisi bisnis, suku bunga, competitor, payment, pricing dan sebagainya. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki maka semakin besar “nilai” Anda di depan customer Anda.

Sales yang Berkualitas Tinggi

Jika Anda tidak mampu untuk menutup penjualan (closing), Anda harus menanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah customer Anda bisa melihat dan menyadari nilai tambah yang Anda berikan? Apakah customer Anda bisa menghargai perbedaan dari produk atau jasa yang ditawarkan? Atau apakah Anda tidak tahu bagaimana cara untuk menutup sebuah penjualan? Pastikan Anda mendapatkan “sinyal membeli” terlebih dahulu untuk memuluskan penggunaan tehnik closing Anda.

Demikian beberapa tips berkualitas agar bisa menjadi seorang sales dengan kualitas tinggi.

Materi pengembangan diri lainnya bisa Anda lihat di sini

MDI News No. 213/XXI/Mei 2015

Untuk informasi dan jadwal leadership training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id