Pengembangan Inovasi Strategis

Pengembangan Inovasi Strategis

Dalam situasi nyata sebuah perusahaan, tak dipungkiri bahwa keberadaan inovasi baru harus dilakukan terus menerus. Kenapa? Karena perusahaan yang berjalan tanpa melakukan inovasi akan berhenti di tengah jalan, lalu kalah dalam perkembangan jaman serta persaingan industri masa kini.

Namun, beda halnya dengan Inovasi Strategis yang zaman kini, dimana semakin banyak perusahaan yang mulai menerapkan. Menurut Saswati (2010), inovasi strategis sendiri adalah sebuah bentuk dari perkembangan strategi untuk kategori produk atau jasa atau model bisnis baru yang merubah pasar dan membentuk nilai baru bagi pengguna, customer dan organisasi. Proses inovasi juga menantang organisasi untuk melihat lebih dari bisnis yang sudah ada, termasuk hambatan dan mental atau perilaku serta berpikir secara terbuka dan kreatif pada kemungkinan yang ada. Eksekusi dari inovasi strategis memerlukan arahan yang jelas.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang 5 poin utama ketika Anda atau perusahaan Anda ingin mengembangkan sebuah inovasi strategis. Inovasi strategis perlu menginspirasi dan harus mendeskripsikan masa depan perusahaan yang diinginkan. Hal ini merupakan hal penting karena mengesampingkan pemikiran tertutup terhadap bisnis baru.

Sebaliknya, organisasi terkait membutuhkan tujuan yang lebih tinggi. Anda mungkin sudah sering membaca bahwa inovasi strategis harus berasal dari strategi perusahaan untuk mendefinisikan secara jelas bagaimana sebuah organisasi memandang kesempatan akan pertumbuhan dan membuat pilihan pasti akan peran inovasi, yang sebenarnya tidak salah juga. Namun, untuk beberapa hal harus berjalan sebaliknya. Kesempatan dan kemungkinan dalam strategi inovasi harus menyertakan masukan dan bentuk dari strategi perusahaan secara keseluruhan. Dengan kata lain, nilai dari strategi inovasi yang akan sangat berguna bagi organisasi, termasuk mengintai inovasi yang sudah dibuat sebelumnya, menyambungkan benang merah dari setiap ide dan inovasi menjadi sebuah platform inovasi besar; mempertimbangkan hal itu dengan baik untuk memaksimalkan manfaat potensial.

Inovasi strategis harus ambisius untuk memberikan dasar agar lolos dari kompetisi, memenangkannya dan membuat ruang baru. Kita sudah melihat terlalu banyak strategi-strategi inovasi yang cendurung menjadi “saya juga” (dan kebanyakan malah inkremental). Meskipun eksekusinya sesuai dengan rencana, mereka gagal menyampaikan keuntungan kompetitif yang berkelanjutan; yang hanya bisa diperoleh dengan melakukan di atas tingkat pertumbuhan pasar dan melebihi margin keuntungan rata-rata.

Lagi-lagi, strategi inovasi harus bertujuan lebih tinggi dan membantu perusahaan melampaui orang lain dalam ruang yang diperebutkan. Jika “strategi” tidak bertujuan untuk mendorong hambatan itu, maka secara praktikal, strategi yang ada mungkin hanya sekedar produk roadmap dari perluasan bisnis.

Proses pengembangan strategi terbuka. Terbuka berarti membawa yang ada di luar masuk dan bekerja di bawah asumsi yang tidak dimiliki oleh 7 milliar orang di dunia, dengan hambatan yang terjadi di perusahaan. Bahkan hal ini sulit diterima oleh orang banyak. Perusahaan sudah nyaman dengan cara mereka berinovasi. Pernyataan di atas memberi ide bagus pada Anda betapa sulitnya sebuah perusahaan untuk terbuka dan menghindari keadaan sekedar-menetap.

Di saat yang sama, hal ini tidak bisa disalahkan sebagai alasan dari kegagalan menciptakan strategi inovasi hebat berdasarkan ide dan keyakinan internal. Bersikap terbuka hanyalah cara hebat untuk meningkatkan ambisi dan lebih mendewasakan rencana lebih cepat. Selain itu, teknologi baru juga berperan penting dalam membuat keterbukaan layak secara komersial. Inovasi strategis harus spesifik dengan waktu dimana dikembangkan. Hal ini berdasarkan kenyataan di lingkungan sebuah perusahaan dan merefleksikan ketersediaan kemampuan, teknologi dan kesenjangan yang mungkin harus diisi.

Apa tujuannya? Adalah penting untuk mendeskripsikan ketepatan hebat dimana inisiatif inovasi yang spesifik harus dikejar serta tempat dimana untuk berinvestasi dan bersaing. Strategi inovasi juga membutuhkan proses penjajakan perkembangan dan skenario pasar; sambil menentukan kesempatan pasar yang paling diminati. Strategi tersebut juga harus menjawab beberapa pertanyaan berikut: Platform pertumbuhan apa yang mewakili kesempatan terbaik bagi perusahaan untuk memenangkan persaingan pasar? Dan kasus bisnis sulit apa untuk setiap platform pertumbuhan? Secara keseluruhan, langkah ini berhubungan dengan eksekusi inovasi strategis yang harus diuji dalam situasi perusahaan terkait. Memang bukan kebetulan, tapi perusahaan harus sangat berhati-hati dalam menetapkan uang di meja taruhan. Namun, ingat kata Mark Zuckerberg ini: “Hal yang paling beresiko adalah dengan tidak mengambil resiko sama sekali.”

Terakhir, inovasi strategis harus adaptif dan berkembang seiring berjalannya waktu. Sebagai contoh: memadukan pembelajaran, mengijinkan penyesuaian pada course yang diinginkan, dan atau bahkan pemotongan kerugian perusahaan jika diperlukan. Hal ini bertentangan dengan siklus perencanaan perusahaan tahunan yang klasik. Inovasi strategis dan eksekusi respektif harus mampu beradaptasi jika ada masukan baru, meskipun membutuhkan perpindahan dalam beberapa arah untuk mendengarkan aspirasi yang Anda miliki di awal. Lagipula, Roma tidak dibangun dalam sehari kan? Begitu juga dengan inovasi yang terkadang membutuhkan waktu lebih dari perkiraan awal.

Jika butuh bantuan lebih lanjut, jangan ragu untuk menginvestasikan diri Anda dengan mengikuti pelatihan kreativitas dan inovasi bersama dengan fasilitator kami yang sudah pakar dan berpengalaman.