How To Create Self Confidence

create self confidence

Bagaimana membangun kepercayaan diri bagi employee?
Dalam dunia kerja, tak jarang ada kecenderungan seorang SDM yang mempunyai tingkat kepercayaan diri yang rendah. Padahal dalam aktifitas dunia kerja, faktor kepercayaan diri memampukan SDM untuk melihat setiap situasi sebagai ajang dalam berperan dan berkontribusi. Dan bahkan mungkin tidak hanya itu, melainkan bisa meningkatkan produktifitas atau kinerja seorang SDM.

Kepercayaan diri alias PD sebenarnya merupakan aktifitas mental berupa keyakinan diri dalam melihat kelebihan dan juga kekurangan sebagai satu bagian keseluruhan yang utuh. Jadi PD tentunya sangat dibutuhkan oleh setiap SDM di perusahaan.

Ya karena dampaknya sangat positif untuk peningkatan kinerja cuma ada kalanya setiap SDM mempunyai ketidakmampuan dalam menumbuhkan PD tadi. Bagaimana caranya supaya bisa menciptakan kepercayaan diri (self confidence), berikut tipsnya :

create self confidence

• Ubah kekurang PD – an dengan mindset

Cara pandang atau mindset sangat penting sebagai modal meningkatkan kepercayaan diri dalam setiap langkah kehidupan. Dengan mindset yang kuat akan membuat perilaku semakin terarah pada tujuan semula yaitu meningkatkan rasa percaya diri.

create self confidence

• Berteman dan bergaul dengan orang-orang berpikiran positif

Berjumpa dan kemudian berteman memberikan makna hidup yang lebih, apalagi dengan mereka-mereka yang memancarkan value positive.

Value tersebut akan menularkan virus yang positif pada orang lain. Terutama membangkitkan semangat untuk menjadi lebih percaya diri. Baca: Mengembangkan Kebiasaan Positif

create self confidence

• Rasakan saat kita percaya diri

Ada saat dimana kita merasakan sangat percaya diri. Karena kepercayaan diri merupakan aktivitas mental, jadi perasaan tersebut akan timbul kembali pada situasi yang berbeda. Maka dengan merasakan aktifitas tersebut, akan mengembalikan kecenderungan – kecenderungan untuk mampu mengelola diri dengan sedemikian rupa.

create self confidence

• Self awareness (nilai-nilai dan pengenalan diri)

Kesadaran untuk memahami diri sendiri, baik itu kekuatan ataupun kelemahan menjadi satu bentuk keseimbangan batin untuk menyelami diri sendiri lebih dalam. Disitu ada nilai-nilai kehidupan yang patut untuk dipelajari sebagai bekal di dunia kerja.

create self confidence

• Train your self (melatih diri)

Melatih merupakan aktivitas yang membuat seorang SDM semakin menaiki level berikutnya.
Artinya setiap pelatihan SDM memberikan inside baru demi meningkatnya personality, kompetensi, maupun mental.

create self confidence

• Always reflect in every event in the life

Selalu merefleksikan diri dalam setiap aktivitas yang sudah dijalani. Hal ini guna melihat seberapa jauh kita melangkah menaiki tangga level kepercayaan diri.

Tentu tips ini tidak baku dan pasti, artinya setiap SDM bisa mengembangkan diri berdasarkan pengalaman masing-masing. Menyesuaikan diri sesuai dengan lingkungan yang inigin dibangun. Akhir kata, setiap manusia pada umumnya memunyai potensi yang bisa dikembangkan. Hanya saja, kembali pada keseriusan setiap individu untuk mencapainya. Dan tentu saja, dengan potensi yang ada kita akan semakin berkembang secara personal juga menjadi pribadi menarik di tengah-tengah lingkungan kerja.


MDI News No. 200/XX/April 2014

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id