Kerja Tim Berantakan? 5 Cara Praktis Mengembangkan Kinerja Tim Anda

Bagaimana jika Anda sedang mempunyai masalah dengan rekan kerja di Tim Anda? Dalam melakukan sebuah pekerjaan tentunya kita akan disandingkan dengan beberapa rekan kerja yang digabungkan dalam organisasi sebuah tim. Anda pasti tahu bahwa tim adalah suatu unit dari dua atau lebih orang yang mengemban misi dan tanggung jawab kolektif ketika mereka bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Jika Anda memiliki masalah dengan tim Anda pasti itu akan membawa hal buruk dengan pekerjaan yang Anda lakukan dikantor. Maka dari itu diperlukan langkah pemecahan masalah efektik dalam organisasi untuk menghindari terjadinya masalah yang akan menular kepada pengembangan sdm perusahaan Anda. 

Inilah 5 cara praktis mengembangkan kinerja tim Anda.

 

  1. Pentingnya kualitas kemampuan pada tim

Mengerjakan sebuah pekerjaan diperlukan sebuah tindakan serius serta fokus agar terciptanya hasil pekerjaan yang baik. Anggota tim tentunya harus sesuai dengan tujuan dari pekerjaan, seperti keahlian yang dimiliki masing-masing anggota harus sesuai dengan pekerjaan yang akan diberikan. Memiliki anggota tim yang berkualitas akan memudahkan Anda bekerja sama dengan rekan kerja sesama tim bahkan dengan rekan kerja di luar tim lainnya.

  1. Memiliki Tujuan Sukses Bersama

Pada anggota tim Anda memiliki keahlian yang sudah sesuai dengan pekerjaan Anda, namun tentunya Anda juga harus memiliki tujuan bersama. Pada saat seorang pemimpin memberikan tugas kepada anggota timnya, dalam tugas tersebut memiliki tujuan ataupun visi misi. Tujuan ini perlu dirundingkan kembali pada tim seperti apa yang dicapai, bagaimana cara mencapainya, dan tentunya semua anggota tim memiliki tanggung jawab bersama atas tujuan tersebut.

  1. Perhatikan Pola Pikir Tim Anda

Mengembangkan pemikirian banyak orang tentu tidak mudah dilakukan. Diperlukan pengertian peranan untuk mengetahui keahlian dan pola pikir yang dimiliki masing-masing anggota. Mengerti pola pikir serta peranan setiap anggota juga akan membuat tim Anda saling menghargai dan mengurangi rasa ego.

  1. Rangkul Kebersamaan pada Tim Anda

Melihat kebersamaan pada kantor teman, adakah rasa keirian pada diri Anda?

Nah hal ini merupakan salah satu masalah yang sedang di hadapi karyawan-karyawan lainnya. Makan bersama, nongkrong bersama bahkan pergi liburan bersama tentunya menarik perhatian bukan? Kebersamaan adalah salah satu dari pelatihan karyawan yang diberikan oleh MDI Tack. Merangkul rekan kerja juga memiliki manfaat yang baik seperti meningkatkan kepercayaan, mempererat hubungan antar  anggota memiliki rasa perhatian sesama rekan kerja, mengurangi tingkat kurangnya komunikasi, dll. Bahkan hal ini bisa menjadi salah satu melatih kepemimpinan pada diri Anda.

  1. Lakukan Pekerjaan Secara Efisien

Jika dalam sebuah tim sudah memiliki tujuan bersama hal ini akan membuat pekerjaan Anda akan terasa efisien. Ditambahkan dengan kebersamaan saling percaya tentunya dalam memecahkan sebuah masalah pun akan terasa lebih mudah. Namun dibantu dengan fasilitas maupun media yang diperlukan tim Anda agar pekerjaan tersebut bisa diselesaikan lebih efisien. Karena dengan kerjasama yang baik antara moral dan material dipercayakan akan menghasilkan kesuksesan bersama.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *