Pusing Banyak Bawahan Kamu Yang Tidak Awet? Ikuti 5 Cara Ini Untuk Mempererat Hubungan Dengan Bawahan Kamu

MEMPERERAT HUBUNGAN DENGAN BAWAHAN ANDA

Banyak yang kita ketahui, ada beberapa atasan yang kurang mempererat hubungannya dengan bawahan. Padahal hubungan antar atasan dan bawahan harus terjalin cukup erat guna keberhasilan dalam pencapaian sasaran tim atau organisasi. Jangan hanya menganggap bawahan Anda sebagai “alat” untuk mencapai keuntungan semata. Untuk mempererat hubungan Anda dengan bawahan dapat melakukan beberapa hal di bawah ini :

1. Penerapan kebijakan yang transparan

Menerapkan sikap dan kebijakan terbuka adalah salah satu cara yang baik untuk menjalin hubungan dengan karyawan. Terbuka yang dimaksud adalah organisasi membuka diri dan menerima ide atau pendapat dari karyawan mengenai beberapa hal tertentu. Dengan hal tersebut, karyawan merasa dihargai dan organisasi mendapatkan ide atau pendapat baru guna pengembangan atau kemajuan organisasi serta organisasi dapat mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh karyawannya.

2. Komunikasi Asertif

Gunakan komunikasi asertif dalam berkomunikasi dengan bawahan Anda dalam kesempatan apapun. Jangan hanya mementingkan pekerjaan Anda tanpa mempedulikan karyawan Anda. Memotivasi melalui komunikasi asertif juga dapat membantu karyawan Anda.

3. Libatkan karyawan dalam pengambilan keputusan

Ketika Anda mengikutsertakan bawahan dalam proses pengambilan keputusan seperti menentukan tujuan atau alat penunjang guna mendukung pekerjaan maka mereka akan merasa dihargai oleh organisasi.

4. Bersikaplah adil

Selalulah bersikap adil kepada semua bawahan Anda karena perlakuan tidak adil mereupakan salah satu penyebab peregangan hubungan antar atasan dan bawahan. Hubungan akan terjalin dengan baik jika bersikap adil kepada semua bawahan tanpa terkecuali. Pada dasarnya harus bersikap positif kepada semua bawahan.

5. Kejujuran

Dalam setiap pekerjaan, kejujuran adalah hal yang utama. Karena jika Anda sekali berbohong, maka kepercayaan orang terhadap Anda akan merusak hubungan kedua belah pihak. Walaupun berkata jujur tidak selalu terlihat mudah, namun bawahan akan menghargai setiap hal yang Anda ungkapkan tersebut.