Cara Mengetahui Gaya Kepribadian Setiap Anggota Tim Anda

Bagaimana Cara Mengetahui Gaya Kepribadian Setiap Anggota Tim Anda? Manusia dalam berinteraksi sosial, pasti akan menemui berbagai macam kepribadian orang lain. Interaksi sosial ini juga berlaku ketika kita berada dalam perusahaan atau organisasi. Apalagi jika kita mendapatkan peran sebagai pemimpin. Kita kemungkinan akan menemukan bahwa kepribadian anggota tim kita adalah sangat beragam. Namun, untuk porsi seorang pemimpin, bisa jadi kita tidak perlu mengatahui aspek yang sangat detil dari kepribadian seseorang. Seringkali kita cukup mengetahui gambaran besarnya saja.

Apa saja gaya kerpibadian yang ada?

Jika kita melihat-lihat literatur yang ada, terdapat banyak dasar teori untuk mengenali gaya kepribadian seseorang. Sebut saja teori DISC, teori Myers-Briggs, dan lainnya. Menentukan penggunaan dasar teori yang akan digunakan akan bergantung pada kebutuhan Anda. Misalnya saja jika Anda butuh yang lebih detil, mungkin Myers-Briggs lebih bisa mengakomodir kebutuhan Anda.

Bagaimana cara mengetahuinya?

Cara paling sederhana adalah dengan observasi. Setelah kita memelajari teori-teori mengenai gaya kepribadian, kita bisa mengobservasi seseorang untuk kemudian kita simpulkan gaya kepribadian orang tersebut. Memang idealnya, waktu yang digunakan untuk observasi adalah lebih panjang. Kurang valid rasanya jika kita menentukan gaya peribadian seseorang dengan hanya mengobservasi selama 5 menit misalnya.

Atau jika Anda seorang pemimpin, maka Anda bisa meminta tim Anda untuk mengisi asesmen. Sekarang ini banyak tersedia asesmen mengenai gaya kepribadian. Tinggal yang peril diperhatikan adalah seberapa detil pelaporan yang Anda butuhkan. Biasanya semakin detil pelaporannya, semakin tinggi harga yang ditawarkan. Saat ini, asesmen dirasa lebih valid hasilnya dibandingkan dengan observasi (yang dilakukan bukan oleh spesialisnya).

Apa yang harus saya sesuaikan?

Banyak. Tiap gaya kepribadian memiliki preferensi, serta hal-hal yang membuat mereka tidak nyaman. Sebagai leader, kita mengusahakan untuk menyesuaikan pendekatan kita agar lebih sesuai dengan preferensi mereka. Begitupula kita berusaha untuk mengurangi atau menghindari melakukan hal-hal yang membuat mereka tidak nyaman. Misalnya saja cara berkomunikasi, cara penyampaian data, cara dalam melakukan meeting, dan masih banyak lagi.

Harapannya kita bisa menjadi pemimpin yang lebih efektif dalam memimpin tim. Anda bisa mengobservasi anggota tim Anda untuk menentukan gaya kepribadiannya. Atau bisa juga dengan melakukan asesmen sederhana. Apapun caranya, yang penting adalah kita menyesuaikan teknik pendekatan kita. Selamat mencoba.[]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *