Banyak pengusaha yang selalu berpikir mengenai pekerjaan dan karirnya. Seperti bagaimana pekerjaannya hari ini? Mengasyikan atau membosankan? Tak sedikit pula orang yang berpikir sudah mengerahkan tenaga 100% pada pekerjaan mereka. Tetapi perasaan mengerahkan tenaga 100% kepada pekerjaan belum tentu real. Itu semua tidak lain hanyalah sebuah ilusi. Anda harus mengingat bahwa produktivitas kerja di lihat dari hasil yang terlihat. Produktivitas kerja itu adalah kunci untuk membedakan mana orang yang berhasil dan mana yang tidak.
Produktivitas kerja tidak hanya di pandang sebagai perbandingan antara input dan output, melainkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan dalam waktu tertentu dengan kualitas dan kemampuan yang baik. Salah satu pengaruh produktivitas kerja tidak hanya dilihat dari segi efektifitas dan efiesiensi produksi, tetapi juga berkaitan denga sikap mental karyawan yang selalu berkeinginan untuk meningkatkan kinerjanya terus menerus. Inilah tips untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda.
-
Memiliki satu tujuan fokus dan buatlah ritual produktivitas Anda
Terkadang orang memiliki banyak ambisi dan keinginan, sehingga fokusnya terbagi-bagi. Memiliki terlalu banyak fokus adalah satu satu kesalahan yang harus di hindari ketika bekerja atau memiliki sebuah bisnis. Salah satu tips untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda adalah dengan cara memilih satu hal yang membuat Anda fokus. Tentunya di bagian yang Anda kuasai, sehingga Anda dapat terus mengembangkan hal tersebut. Ini adalah salah satu hal yang membedakan pengusaha yang sukses dengan pengusaha yang lebih sukses. Buatlah fokus agar rapat Anda dapat teroganisir juga dengan baik dengan satu tugas lainnya. Dengan ini produktivitas kerja Anda akan lebih meningkat.
Buatlah suatu list pertanyaan yang mengganggu Anda selama Anda bekerja seharian. Kemudian di akhir pekerjaan, Anda dapat menyerahkannya ke pimpinan Anda. Hal ini selain bertujuan agar Anda tidak mengganggu aktivitas orang lain, tetapi bertujuan agar Anda tidak mengurangi waktu bekerja Anda dengan hal-hal yang belum tentu dapat dijawab secara langsung oleh pimpinan Anda. Orang yang produktif adalah orang yang selalu tahu bagaimana menghabiskan energi mereka, dan tidak menyia-nyiakan tugas mereka. Lakukanlah analisis biaya atau manfaat tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. Kemudian, lihatlah apakah hal itu layak untuk dilakukan. Hal ini termasuk dengan email yang Anda cek, reply maupun kirim setiap harinya.
-
Tangkap semua ide-ide kreatif dan gunakan teknologi
Cara terbaik untuk memiliki ide bagus adalah memiliki banyak ide. Kebanyakan pemimpin memiliki banyak ide bagus, namun menangkap semua ide-ide ini adalah tantangan orang-orang sibuk yang biasanya tidak berada di kantor. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara efektif bagaimana pemimpin mengumpulkan semua ide tersebut dan mereaslisasinya. Salah satu cara yang paling mudah dan saya anjurkan adalah dengan menggunakan Evernote. Evernote adalah salah satu program yang berfungsi untuk mengumpulkan ide-ide.
Ada banyak program yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu contoh yang paling populer adalah Dropbox. Dropbox digunakan untuk menyimpan file secara online. Kemudian ada juga Basecamp yang di gunakan untuk manajemen project suatu perusahaan. Jangan lewatkan informasi penting karena Anda terburu-buru dan tidak punya waktu untuk membaca.
Ada banyak program yang dapat membantu Anda meraup informasi untuk dibaca nanti.
Salah satunya adalah Instapaper, yang memungkinkan Anda untuk menyimpan halaman web lama untuk di baca ketika Anda punya waktu. Selamat meningkatkan produktivitas bekerja Anda dapat lakukan rapat dalam waktu 1 jam. Setengah jam untuk presentasi, dan setengah jam kemudian untuk diskusi. Dengan adanya manajemen waktu yang tepat, dapat membuat Anda dapat menggerakan orang lain lebih efisien. Biasanya orang tidak memerlukan waktu seperti yang mereka minta.
Jangan sungkan untuk menjadi “kejam” dalam hal ini, sehingga Anda dapat fokus pada tugas yang lebih penting. Salah satu contoh untuk mengatur perilaku yang akan membuat Anda lebih produktif, yaitu dengan cara memprioritaskan satu tugas dalam satu hari dan mulailah hari dengan fokus mengerjakan tugas itu. Dengan memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas banyak dalam sehari dapat membuat Anda cepat lelah dan keteteran. Sehingga bukannya menyelesaikan banyak tugas, malah tidak ada satupun yang terselesaikan. Fokuslah dalam satu hal, jika sudah selesai baru lanjutkan
Ayo tingkatkan produktivitas kerja Anda atau anak buah Anda dengan mengikuti pelatihan karyawan dan pengembangan SDM dari MDI!
Artikel mengenai tips meningkatkan produktivitas kerja bisa Anda baca disini
MDI News No. 199/XX/Maret 2014
Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-66690778 atau kirimkan email ke info@mditack.co.id