Ciri-ciri teamwork yang efektif

Masih bingung kenapa visi dan misi perusahaan susah tercapai, padahal fasilitas perusahaan mumpuni. Mungkin Anda melupakan hal yang satu ini.

Teamwork adalah keterampilan bekerja sama yang sangat dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan. Di dalam sebuah organisasi atau perusahaan, tentu peran teamwork yang efektif sangatlah penting dan mampu memberikan kontribusi yang besar. Namun, sering kali kita menemukan teamwork yang tidak sesuai dengan kriteria yang ada, sehingga kesulitan dalam mewujudkan visi dan misi organisasi atau perusahaan.

Dengan adanya teamwork yang efektif dapat membantu pekerjaan yang sulit menjadi lebih mudah dan ringan. Teamwork yang efektif juga mampu mewujudkan visi dan misi organisasi atau perusahaan dengan mudah, setidaknya peluang sukses menjadi lebih besar untuk diraih. Tanpa adanya teamwork yang efektif, hard skill saja tidak cukup untuk membantu mencapai visi dan misi organisasi atau perusahaan.

Untuk menciptakan teamwork yang efektif, Anda harus mengetahui ciri-cirinya terlebih dahulu.

Apa Saja Ciri-Ciri Teamwork Yang Efektif?

  1. Adanya Tujuan Bersama

Dalam sebuah tim, memiliki tujuan bersama adalah hal yang sangat penting dan sakral, karena akan membantu tim untuk selalu berada di jalur yang tepat. Tingkatkan komunikasi yang baik antar anggota tim agar tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

  1. Adanya Dukungan Antar Anggota Tim

Dengan adanya dukungan  dalam tim, anggota tim akan percaya diri atas kemampuan yang dimilikinya sehingga, anggota tim akan bersemangat memberikan kontribusi ke dalamnya. Dukungan yang diberikan juga akan meningkatkan kepercayaan antar anggota tim. Ini bertujuan agar mempermudah melakukan kerja sama.

  1. Membangun Kolaborasi Yang Baik

Untuk mewujudkan teamwork yang efektif, diperlukan kolaborasi antar tim yang baik. Membangun kolaborasi yang baik akan membuat anggota tim menerima perbedaan pemikiran dan wawasan baru yang dapat membantu menemukan solusi di setiap permasalahan yang ada. Dengan ini, tentu akan tercipta hubungan yang baik antar tim sehingga lebih mudah untuk mencapai visi dan misi organisasi atau perusahaan.

  1. Membangun Koordinasi

Tim tidak akan berjalan dengan baik jika tidak adanya koordinasi. Rasanya mustahil untuk mencapai tujuan sebuah organisasi atau perusahaan jika di dalam tim saja tidak terdapat koordinasi. Oleh karena itu, diperlukan rapat koordinasi yang terjadwal dan terarah untuk membahas apa saja yang sudah tercapai serta apa saja yang harus dievaluasi dan diperbaiki.

  1. Adanya Sebuah Komitmen

Berkomitmen dalam tim sangat penting untuk dilakukan. Komitmen mampu membuat anggota tim mengerjakan tugas sebaik mungkin dan meningkatkan produktivitasnya dalam menyelesaikan tugas. Anggota tim juga akan bertanggung jawab dengan tugas dan perannya masing-masing, sehingga peluang untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan menjadi lebih besar.

  1. Rasa Saling Percaya

Dalam teamwork yang efektif, rasa saling percaya adalah hal yang sangat berperan. Tidak adanya rasa percaya akan menimbulkan rasa curiga dan tidak berjalannya peran dan fungsi masing-masing anggota. Sehingga, tujuan yang seharusnya dapat dicapai dengan mudah akan berantakan, hal ini pendelegasian tugas diperlukan. Mendelegasikan tugas juga dapat membantu terwujudnya teamwork yang efektif karena tugas dapat dikerjakan dengan baik dan terjadi kegiatan saling membantu.

  1. Meningkatkan Kompetensi dan Skill

Yang terakhir adalah meningkatkan kompetensi dan skill, jika kompetensi dan skill yang dimiliki tidak dikembangkan dan stuck disitu saja. Tujuan organisasi atau perusahaan akan sangat lama untuk tercapai. Perusahaan dan tim suatu saat pasti akan membutuhkan kemampuan untuk menghadapi situasi yang berpotensi menimbulkan masalah. Maka penting sekali untuk meningkatkan kompetensi karyawan dalam teamwork agar dapat mencapai kesuksesan karir bersama.

Ketujuh ciri-ciri di atas adalah peran penting dalam sebuah teamwork yang efektif. Jika rekan-rekan sudah memiliki diantaranya, cobalah untuk selalu mengembangkan tim Anda. Sangat senang jika Anda memiliki teamwork yang efektif sehingga Anda dan tim lebih mudah mewujudkan visi dan misi organisasi atau perusahaan Anda.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *