Coaching Gaya Kepemimpinan Masa Depan

COACHING GAYA KEPEMIMPINAN MASA DEPAN

Saat ini perusahaan dihadapkan pada tantangan yang besar yaitu keberagaman para karyawan handal dan berkompeten. Keberagaman ini tidak hanya berdasarkan gender, budaya, latar-belakang pendidikan ekonomi, agama, namun juga fenomena keberagaman generasi. Saat ini di tempat kerja terdapat tiga generasi yang bertemu dan saling berinteraksi yaitu generasi zoomer, generasi X dan generasi Y (Cheryl Cran, 2014).

COACHING GAYA KEPEMIMPINAN MASA DEPAN

Mengelola Generasi Y sangatlah penting karena pada tahun 2025, generasi Y akan mengambil alih 75% tenaga kerja (Jalal, 2012). Karakteristik yang menonjol dari Generasi Y adalah mereka memiliki ketrampilan atau pengalaman tinggi dalam teknologi, belajar dalam kelompok, kreativitas yang tinggi, ramah, terbuka dan mudah menyesuaikan diri. Generasi X generasi sebelum generasi Y, mereka memiliki kesetiaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan generasi Y, sedangkan talent dari Generasi Y seringkali memiliki turnover yang tinggi di tempat kerja, hal ini dapat terjadi karena tidak terpenuhinya kebutuhan utama dari Generasi Y yaitu pengembangan diri, selama organisasi tidak memberikan kesempatan kepada Generasi Y ini untuk mengembangkan dirinya, maka mereka tidak akan bertahan dalam organisasi tersebut (Cheryl Cran, 2014).

Menjadi sesuatu yang penting bagi perusahaan untuk dapat menekan keinginan turnover generasi Y yang muncul karena tidak tersedianya kesempatan untuk mengembangkan diri. Usaha untuk menekan keinginan turnover ini dapat dimulai dengan menerapkan gaya kepemimpinan (Alhamwan & Mat, 2015). Gaya kepemimpinan ini perlu dimulai dari para atasan langsung, yang dapat mengakomodir kreativitas generasi Y ini sudah mulai ditingkatkan di Asia dengan gaya kepemimpinan yang disebut coaching (Gillespie, 2011).

Coaching is releasing a person’s potential to maximise their own performance. It is helping them to learn rather than teaching them

Coaching sebagai salah satu penerapan gaya kepemimpinan transformasional didefinisikan sebagai kemitraan dalam sebuah proses percakapan yang mendalam untuk pembangkitan pemikiran dan kreativitas berpikir, yang mengilhami sehingga dapat memaksimalkan potensi pribadi dan profesionalisme (Kurnia, 2012). Pemimpin didorong agar dapat mengembangkan para anak buahnya, coaching gaya kepemimpinan masa depan ini berfokus pada pengembangan anak buah dan memperlakukan mereka layaknya sebagai manusia, dan menilai bawahan sebagai pribadi yang memiliki potensi besar untuk dapat berkembang dan mencapai hasil terbaik.

COACHING GAYA KEPEMIMPINAN MASA DEPAN

Pemimpin sebagai coach adalah gaya kepemimpinan yang mendorong pemimpin lebih berempati kepada setiap bawahannya yaitu dengan cara berkomunikasi yang lebih banyak mendengar secara aktif serta bertanya untuk menggali lebih banyak serta memberikan umpan balik positif yang konstruktif dalam rangka menggali pencapaian potensi diri coachee-nya. Sebagai coach seorang pemimpin harus memiliki keterampilan membangun hubungan (rapport) dan menerapkan tools coaching yang efektif sehingga target Anda dapat tercapai. Anda dapat mengasah kemampuan Anda sebagai coach yang handal melalui workshop Coaching Conversation For Result yang akan memberikan Anda trik dan tools untuk menghasilkan coaching yang efektif.


MDI News No. 225/XXII/Mei 2016

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id