Keberuntungan bukan sebuah kebetulan yang datang

Apakah ini keberuntungan? “Wah beruntung  sekali saya mendapat tawaran menjadi partner perusahaan B, padahal kami tidak sering menjalin hubungan”.

Menurut Anda, biasanya yang sering Anda alami adalah sebuah keberuntungan atau kebetulan nih? Mendapatkan sebuah keberuntungan atau kebetulan yang positif memang sangat menyenangkan hati. Tetapi ternyata kedua hal tersebut sangat berbeda. Dari perihal di atas, banyak orang mengira bahwa keberuntungan itu sama dengan kebetulan. Keberuntungan adalah peluang dan kemampuan yang dijadikan satu sehingga bisa menghasilkan sesuatu. Sedangkan kebetulan seperti undian, sifatnya tidak menentu, tidak terjadi secara regular dan bisa terjadi pada siapa saja.

Seperti kata Wiseman “We Can Make Our Own Luck”, keberuntungan bisa Anda bangun dan ciptakan sendiri melalui kebiasaan yang positif. Karena jika dapat Anda ciptakan sendiri, itu bukan hanya meningkatkan suasana hati yang baik. Tetapi juga mendongkrak motivasi Anda agar terus menciptakan keberuntungan lain dan meraihnya di masa mendatang.

Kebiasaan-Kebiasaan Positif Yang Mampu Mencapai Sebuah Keberuntungan :

  • Ubah Mindset Bahwa Semua Hal Tidak Datang Begitu Saja

Sebuah keberuntungan tidaklah datang dengan semata-mata. Ubah mindset dengan menanamkan bahwa keberuntungan berasal dari konsistensi dan kedisiplinan diri Anda. Apakah membuat gaun mewah tidak membutuhkan proses? Sama seperti keberuntungan yang membutuhkan sebuah proses dan proses tidak akan berjalan jika konsistensi dan kedisiplinan tidak ada pada diri Anda.

  • Mengambil Peluang Saat Situasi Tak Terduga

Mungkin sudah banyak peluang yang Anda lewatkan dari berbagai situasi tak terduga yang dihadapi. Terkadang kita mudah stres jika rencana yang sudah kita bangun tidak berjalan sesuai, tetapi cobalah kita lihat dari berbagai sudut pandang masalah tersebut. Bangunlah kepekaan terhadap setiap situasi yang dihadapi dan ciptakan peluang didalamnya. Walaupun rencana tidak berjalan sesuai yang diinginkan, setidaknya Anda mendapatkan peluang baru untuk membuat eksekusi yang lebih besar.

Peluang yang sudah Anda dapatkan sebaiknya dimaksimalkan dengan baik. Karena dengan memaksimalkan peluang, Anda akan mendapatkan hal tak terduga yang mungkin bisa saja itu adalah keinginan Anda yang belum pernah tercapai.

  • Tepat Waktu

Jika Anda tepat waktu, akan semakin banyak peluang yang bisa Anda ambil. Banyaknya waktu membuat Anda tidak tergesa-gesa dalam melihat situasi sehingga, lebih bisa memaksimalkan situasi dan peluang untuk mengundang keberuntungan datang.

  • Berbaik Hati Kepada Sesama

Terkadang Anda tidak sadar ketika Anda menolong seseorang, keberuntungan akan menghampiri diri Anda. Seperti kalimat “Segala kebaikan akan dibalas dengan kebaikan”, ketika seseorang merasa terbantu akan pertolongan yang Anda berikan. Orang tersebut tidak segan-segan memeberikan bantuan kepada Anda. Begitupun sebaliknya. Siapa tahu pertolongan yang orang tersebut bisa membantu Anda mencapai tujuan Anda?

  • Perluas Networking

Ketika seorang rekan yang baru Anda kenal menyadari passion yang Anda miliki dan kuasai, ini sangat menjadi peluang bagi Anda. Mungkin bisa saja diajak bekerja sama untuk mencapai target yang besar.

  • Kurangi Rasa Mengeluh

Saat merasa gagal, kecewa atau pun lelah, sebenarnya sah – sah saja untuk mengeluh. Tetapi terdapat dampak negatif juga yang akan Anda dapat jika terlalu sering mengeluh. Studi di Stanford University tahun 1996 mengungkapkan bahwa terlalu banyak mengeluh akan mengurangi fungsi kognitif otak sehingga daya ingat akan berkurang. Selain itu, banyak mengeluh akan membuat Anda selalu berpikiran negative yang dapat mengikis neuron di hippocampus.

  • Perbanyak Bersyukur

Ketika merasa bersyukur, Anda akan merasa lebih nyaman, menghasilkan emosi yang positif dan sangat baik bagi kesehatan Anda. Merasa bersyukur juga akan menghasilkan pola pikir yang sukses. Maka dari itu, Anda akan termotivasi dan tergerak untuk mendatangkan keberuntungan.

Mendapatkan sebuah keberuntungan berkali-kali memanglah keinginan setiap orang, tetapi jarang juga yang bisa meraihnya. Kini Anda sudah mengetahui hal apa saja yang mampu mendatangkan keberuntungan kan? Yuk, perlahan terapkan hal-hal di atas!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *