Kenapa self image merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh seorang Sales? Masih suka bingung “kenapa penjualan kok tidak mencapai target terus ya” atau “kok pelanggan pada cuek-cuek banget ya”.


Sebagai yang bekerja di dunia penjualan dan menjadi seorang sales. Sudah berapa trik yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan para pelanggan? Karena biasanya seorang sales memiliki ciri khas sendiri untuk memikat hati para pelanggannya. Tapi apakah Anda sudah membangun self image yang positif di hati pelanggan?

Apa sih yang dimaksudnya dengan self image? self image atau citra diri adalah pandangan pribadi terhadap diri sendiri. Self image menggambarkan sikap dan karakter yang dimiliki, namun seringkali seseorang kurang menyadari citra diri yang dimilikinya. Karakteristik diri ini membantu representasi kolektif. Dari kelebihan dan kelemahan yang kita lihat dalam diri sendiri, seperti pepatah bilang “musuh terbesar adalah dirimu sendiri”.

Dengan memahami self image yang dimiliki diri sendiri dapat membantu Anda meningkatkan jenjang karir. Maka sebagai seorang sales penting sekali untuk membangun self image yang positif di depan pelanggan. Hal ini diperlukan untuk Anda bisa berinteraksi, mengenali potensi diri dan membantu fisik, mental, serta emosional saat berhadapan dengan pelanggan secara baik. Lalu bagaimana cara membangun self image yang positif?

Ada banyak cara untuk membangun citra diri ini, beberapa diantaranya adalah:

  1. Mengenal kelebihan diri sendiri yang sudah dimiliki
    Tidak mudah memang untuk mengenali kelebihan dalam diri sendiri, untuk itu buat penilaian terhadap diri sendiri. Cobalah untuk mencintai diri sendiri dan bersyukur apa adanya.
  2. Cobalah buat daftar/list citra diri yang positif
    Saat kesulitan memikirkan beberapa hal di kepala Anda, cobalah untuk menuangkannya dalam tulisan di buku catatan Anda.
  3. Mintalah bantuan orang terdekat
    Citra diri ini mempengaruhi bagaimana Anda berinteraksi, maka dari itu dibutuhkan orang terdekat Anda untuk menilai kelebihan atau hal-hal positif tentang diri Anda.
  4. Hindari untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain
    Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda, maka dari itu kelebihan yang Anda miliki dan orang lain juga pasti bisa berbeda. Kemudian buanglah hal-hal negatif di masa lalu dan jadikan hal negatif tersebut sebagai pengalaman yang membantu Anda belajar berkembang hingga sekarang.
  5. Berikan apresiasi/pujian terhadap diri sendiri
    Hargailah setiap proses yang dilakukan, teruslah belajar untuk meningkatkan kelebihan yang sudah dimiliki. Agar bisa mengetahui kekuatan atau keunikan diri sendiri.
  6. Tentukan tujuan yang realistis untuk dicapai
    Lakukan yang terbaik untuk setiap prosesnya. Ucapkan kalimat positif berulang-ulang sebagai intruksi bagi pikiran bawah sadar Anda.

Beberapa hal tersebut adalah yang bisa bantu Anda untuk membangun self image positif. Karena ini sangat penting untuk Anda yang bekerja sebagai sales dan belum mengetahui bagaimana menemukan ciri khas diri yang berguna untuk memikat hati pelanggan. Self image positif juga merupakan sebuah pembelajaran untuk mempercayai diri sendiri.

Semoga beberapa cara ini dapat membantu rekan-rekan, jika rekan-rekan ingin membangun citra diri positif untuk tim sales perusahaan Anda. Dan membutuhkan pelatihan penjualan untuk para karyawannya, silahkan segera hubungi kami Management Development International.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *