Membangun Iklim Kepercayaan di Tempat Kerja

membangun iklim kepercayaan di tempat kerja

Seberapa baik cara kita berhubungan dengan sesama dapat menentukan kesuksesan kita. Penelitian menunjukan bahwa faktor utama dalam membangun sebuah hubungan adalah kepercayaan. Jika anak buah anda mempunyai kepercayaan yang kuat terhadap anda, pastinya apapun yang anda perintahkan kepada mereka, mereka pasti akan melakukanya dengan senang hati.

Untuk itulah sebuah lingkungan dimana setiap anggota perusahaan bisa saling terbuka dan percaya satu sama lain akan sangat membawa manfaat baik bagi perusahaan anda. Sebuah kepercayaan dibangun dari hubungan, moral dan etika yang baik. Berikut adalah beberapa contoh yang dapat membantu anda dalam membangun iklim kerja yang penuh dengan kepercayaan dan keterbukaan:

membangun iklim kepercayaan di tempat kerja

Mulailah dari kepercayaan Anda terhadap diri sendiri

Percaya kepada orang lain pastinya mustahil jika kita tidak bisa mempercayai diri sendiri. Apakah Anda sudah mempunyai gambaran jelas tentang posisi Anda dan semua kewajiban Anda? Apakah anda transparan terhadap anak buah Anda? Jadilah seseorang yang berpendirian teguh terhadap pilihan yang anda pilih menyangkut masalah yang terjadi. Anda harus berani menghadapi kenyataan bahwa terkadang tantangan di lingkungan pekerjaan itu wajar terjadi. Jadi apakah Anda sudah percaya dengan kemampuan Anda sebagai seorang pemimpin?

membangun iklim kepercayaan di tempat kerja

Bangunlah hubungan dekat dengan sesama Anda

Ajak anak buah Anda makan siang bersama, sapalah mereka setiap kali anda masuk kantor dan coba kenali mereka lebih dalam. Membangun hubungan tidak harus yang berkaitan dengan pekerjaan. Anda bisa membicarakan hal kasual sambil mencari tau adanya kesamaan. Peraturan lingkungan kerja yang bersahabat secara tertulis tidak cukup. Beranikan diri Anda, langkahkan kaki anda kedepan, sapa anak buah Anda, dan hargai mereka layaknya Anda menghargai diri Anda sendiri.

membangun iklim kepercayaan di tempat kerja

Dengarkan orang lain secara aktif

Dengarkan pendapat orang lain. Bukan hanya sekedar bertanya tetapi sekedar basa-basi belaka. Berikanlah jawaban terhadap pertanyaan mereka. Hargailah perbedaan pendapat walaupun berbeda atau tidak sesuai dengan apa yang Anda mau. Perhatikan nada bicara dan bahasa tubuh Anda, tunjukan bahwa Anda benar-benar tulus dalam mendengarkan mereka dan bukan cuma sekedar basa-basi.

membangun iklim kepercayaan di tempat kerja

Mulailah bangun iklim kepercayaan di lingkungan pekerjaan

Membangun iklim kerja dimana antara saling pengertian dan percaya satu sama lain adalah lingkungan. Ajak rekan kerja dan anak buah Anda agar dapat terbuka kepada Anda. Untuk melakukan hal ini, Anda harus terbuka terhadap rekan dan anak buah Anda. Bukalah gerbang keterbukaan sehingga kepercayaan bisa mulai terbina. Hargai supervisor dan manager Anda yang bersedia terbuka dengan anak buahnya, dan himbau mereka untuk melakukan hal yang sama dengan Anda.

Membangun iklim kerja yang terbuka bukan berarti bahwa konflik tidak akan terjadi. Permasalahan pastinya akan tetap terjadi dan sesungguhnya hal seperti itulah yang diharapkan karena dengan adanya keterbukaan, masalah akan lebih cepat terselesaikan.


MDI News No. 204/XX/Agustus 2014

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id