buka pintu peluang

Walaupun di hadapannya terpampang sebuah pintu peluang yang terbuka, setiap orang mungkin akan memanfaatkan sebuah pintu peluang secara berbeda atau bahkan tidak memanfaatkannya sama sekali. Terkadang kita bahkan tidak menyadari bahwa yang terpampang di hadapan kita adalah sebuah pintu peluang yang terbuka. Di lain kesempatan, terkadang kita telah menyadari adanya peluang di hadapan kita, tetapi kita abaikan karena berbagai alasan.

Beberapa orang yang memutuskan untuk tidak mengambil peluang yang ditawarkan merasa tidak memiliki waktu cukup untuk memasuki pintu tersebut. Beberapa orang bahkan merasa takut terhadap apa yang akan ditemui di balik pintu tersebut dan memutuskan untuk mengabaikannya.

Kegagalan sebagai Peluang

Ketika merenungkan perjalanan hidup selama ini, apakah Anda memiliki sesuatu hal yang Anda sesali?
Banyak orang mengatakan bahwa segala sesuatu yang terjadi pada kita, baik yang positif maupun negatif, membentuk diri kita sekarang ini.

Segala masalah dan tantangan yang kita temui selama perjalanan hidup, baik profesional maupun personal, adalah peluang. Cobaan yang kita hadapi akan memperkuat diri kita. Yang Maha Esa menyayangi kita dan tentunya tidak akan memberikan cobaan yang diluar kemampuan kita.
Segala sesuatu yang terjadi mengandung maksud tertentu. Maka, marilah kita merayakan segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita, apapun itu. Kita perlu senantiasa memandangnya secara positif sebagai peluang untuk menempa serta mengembangkan diri kita.

Steve Jobs pernah berkata dalam salah satu pidatonya sebagai berikut:

I didn’t see it then, but it turned out that getting fired from Apple was the best thing that could have ever happened to me.
The heaviness of being successful was replaced by the lightness of being a beginner again, less sure about everything.
It freed me to enter one of the most creative periods of my life.

Jika Steve Jobs tidak dipecat dari Apple, mungkin dia tidak akan pernah berpikir untuk mendirikan perusahaan animasi PIXAR. Maka, kita perlu tetap semangat karena kegagalan kita mungkin saja membuka suatu peluang baru jika kita tetap berpikiran positif.

pintu peluang terbuka

Ketika kita menghadapi masalah atau kegagalan, terkadang kita lebih ditantang untuk menghilangkan pemikiran negatif.

pintu peluang terbuka

Beberapa orang melakukan meditasi untuk menenangkan diri dan membuang energi negatif. Terkadang hampir sebagian besar dari yang kita khawatirkan adalah hal yang belum tentu terjadi. Maka, meditasi membantu kita untuk lebih berfokus pada saat ini dan tidak pada segala kemungkinan-kemungkinan yang belum tentu akan terjadi.

pintu peluang terbuka

Orang-orang paling sukses sekalipun pernah mengalami kegagalan dan tantangan dalam perjalanan hidupnya. Tidak ada manusia yang sempurna dan tidak ada orang yang terlepas dari membuat kesalahan. Maka, janganlah menyesali diri. Renungkanlah pembelajaran dari kegagalan kita dan terus majulah dengan berbekal pembelajaran tersebut.

pintu peluang terbuka

Orang-orang di sekeliling kita akan banyak mempengaruhi diri kita. Kita perlu mengidentifikasi tipe orang-orang di sekeliling kita dan lebih banyak bergaul dengan mereka yang memiliki pandangan positif terhadap kehidupan mereka, baik kehidupan personal maupun profesional. Dengan adanya berbagai media sosial sekarang ini, terkadang positivitas atau negativitas seseorang tercermin dari komentar dan status yang dipasangnya.

pintu peluang terbuka

Menjadi yang Terpilih bukan Korban Ketika dihadapkan pada suatu tantangan dalam hidup, kita perlu membuang perasaan bahwa kita adalah korban dari kehidupan. Kita tidak boleh berpasrah tanpa berusaha untuk mengubah situasi kita. Tantangan dapat membuat kita semakin kuat jika kita mampu menyelesaikannya.

pintu peluang terbuka

Seburuk-buruknya situasi yang kita hadapi, pasti ada orang lain yang menghadapi situasi yang jauh lebih buruk lagi. Seringkali manusia cenderung selalu melihat ke atas dan membandingkan diri dengan situasi yang lebih baik daripada dirinya. Kita juga perlu melihat ke bawah dan mensyukuri berbagai hal baik yang telah kita capai. Tuliskanlah lima hal yang Anda syukuri dalam hidup Anda.

pintu peluang terbuka

Biasakan diri kita untuk selalu berpikir, berkomunikasi dan bertindak secara positif. Ketika perlu melakukan sesuatu hal baru, visualisasikanlah segala manfaat dan aspek positif saat kita berhasil menyelesaikan hal tersebut. Janganlah memulai dengan memikirkan segala kesulitan yang akan kita hadapi.

Pepatah bijak mengatakan:

Watch your thoughts, they become words.
Watch your words, they become actions.
Watch your actions, they become habits.
Watch your habits, they become your character.
Watch your character, it becomes your destiny.

Selamat menjadi pribadi lebih positif dan memanfaatkan pintu peluang Anda!


MDI News No. 211/XXI/Maret 2015

Untuk informasi dan jadwal training kepemimpinan lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id