4 Bekal Untuk Negosiasi yang Produktif

Negosiasi Produktif

Terdapat banyak fakta dan argumen mengapa Negotiation Skill atau keahlian bernegosiasi memiliki kekuatan dan kedigdayaan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam konteks bisnis, politik, sosial, dan ekonomi hingga dalam kondisi yang sangat genting sekalipun.

Namun untuk mencapai negosiasi yang produktif, diperlukan beberapa bekal untuk negosiator, karena layaknya sebuah perjalanan panjang dari proses negosiasi membutuhkan perbekalan yang cukup agar tidak kehabisan amunisi atau bahkan tersesat dalam perjalanan negosiasi. Jika perbekalan habis hingga tersesat atau gagal, bisa dipastikan proses negosiasi hanya akan membuang waktu dan biaya. Oleh karena itu perlu 4 bekal keterampilan atau keahlian agar negosiasi berjalan produktif, yaitu :

Negosiasi Produktif

Keterampilan komunikasi diyakini bukanlah sesuatu yang asing. Fakta menunjukan bahwa proses negosiasi melalui sebuah proses komunikasi, maka komunikasi yang impressive atau memikat harus menjadi perbekalan utama bagi siapapun yang ingin bernegosiasi dengan mantap. Hal ini disebabkan dengan komunikasi yang impressive akan meningkatkan kemungkinan berhasil dan menurunkan risiko gagal paham pada semua pihak yang terlibat negosiasi.

Negosiasi Produktif

Bekal ini berada di urutan kedua sebagai sesuatu yang wajib dimiliki para negosiator, karena bagaimanapun salah satu tujuan utama negosiasi adalah memecahkan masalah dan mengambil keputusan berupa kesepakatan yang menguntugkan.

Disebabkan umumnya, yang dinegosiasikan adalah masalah yang dihadapi oleh pihak-pihak yang terlibat, maka wajar jika kemampuan ini akan berdampak langsung bagi gagal atau suksesnya suatu proses negosiasi.

( Baca juga : Benefit of Problem Solving Method )

Negosiasi Produktif

Kemampuan ini tidak kalah pentingnya, karena proses negosiasi terkadang berlangsung secara marathon dan membutuhkan waktu yang sangat lama, bisa jadi membuat para negosiator stres dan depresi. Oleh sebab itu para negosiator wajib dibekali keahlian dan pengetahuan pengelolaan stres dan memberdayakannya menjadi sebuah kekuatan, yang berdampak pada kesuksesan dalam bernegosiasi.

(Baca juga : Perencanaan untuk Pengelolaan Stress Kerja )

Negosiasi Produktif

Salah satu hasil realistis dari proses negosiasi adalah sepakat untuk tidak sepakat alias deadlock, maka seorang negosiator perlu mempunyai keahlian merespon penolakan secara elegan dan menyelesaikannya dengan sebuah kesepakatan.

Kemampuan ini berbanding lurus dengan 3 bekal lainnya, artinya jika seorang negosiator telah sukses mengakuisisi 3 keahlian tersebut yaitu Impressive Communication Skill, Problem Solving and Decision Making, dan Stress Management Skill, maka secara otomatis kemampuan yang keempat ini mudah untuk diupayakan.

Dengan memiliki bekal 4 keterampilan tersebut, bisa dipastikan para negosiator akan lebih siap menghadapi medan negosiasi dan meningkatkan keberhasilan mencapai Hot Deals!


MDI News No. 242/XXIII/Oktober 2017

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id