7 Jenis Pelatihan Karyawan Yang Paling Dibutuhkan Saat Ini

Akhir-akhir ini banyak yang bertanya, apa sih jenis pelatihan karyawan yang paling dibutuhkan saat ini? Mengingat kondisi new normal saat ini tengah kita hadapi. 

Namun sebelum membahas hal tersebut, perlu kita ketahui bahwa setiap perusahaan ingin mengalami pertumbuhan signifikan, tentunya perlu untuk memikirkan berinvestasi dalam bentuk pengembangan karyawan. Kenapa? Karena  dengan memberikan pelatihan karyawan, Anda sedang menciptakan tempat kerja yang adaptif, fleksibel, dan selalu siap menghadapi perubahan yang tidak menentu.

Sejauh ini, banyak para HR yang sudah menyadari pentingnya pelatihan karyawan, hanya saja mereka masih bingung, pelatihan seperti apa yang penting diikuti.

Dari sekian banyak program training yang tersedia, baik itu pelatihan offline, pelatihan online, blended learning, maupun video learning, berikut kami pilihkan 7 pelatihan karyawan yang paling dibutuhkan saat ini untuk menunjang kesuksesan karyawan Anda:

1. Selling in New Normal

Sadarkah kita bahwa pelanggan kita saat ini sudah menjelma menjadi social buying? Dunia sales memang penuh dengan dinamika seiring perkembangan jaman dan teknologi, kemudian siapkah kita menjadi social seller?

2. Service in New Normal

Tantangan yang muncul belakangan ini terkait area service di era new normal adalah bagaimana cara kita meyakinkan customer kita bahwa service yang kita terapkan sudah merupakan service yang aman, mudah dan menyenangkan tanpa menghilangkan esensi utama dari service ‘interaksi manusia’

3. Leading in New Normal

Menjadi pemimpin di era new normal ini mengharuskan kita untuk lebih mampu menghadapi perubahan yang ada dan beradaptasi dengannya, tantangan seperti anggota tim jarak yang jauh dan tersebar namun tetap harus mampu mengembangkan anggota tim.

4. Komunikasi Efektif

Komunikasi yang tidak efektif seringkali menjadi penyebab terjadinya hubungan kerja yang negatif. Oleh karena itu setiap karyawan harus memiliki pemahaman dasar-dasar komunikasi. Program komunikasi efektif akan membantu mengembangkan keterampilan penting yang mereka butuhkan untuk berkomunikasi baik lisan maupun tulisan, baik secara internal maupun eksternal.

5. Time Management

Waktu adalah sumber daya yang sangat berharga, tetapi sayangnya waktu itu terbatas. Padahal banyak orang sependapat jika salah satu kunci keberhasilan dalam bekerja adalah mampu mengatur waktu secara efektif. Ketidakmampuan mengatur waktu secara efektif, akan menghasilkan stress, tenggat waktu yang terlewat, dan kualitas kerja yang buruk. Program pelatihan Time Management akan membantu para karyawan untuk tetap teratur, fokus, dan bahkan dapat lebih produktif setiap harinya.

6. Project Management

Saat ini kita hidup di dunia yang dimana sebagian besar tugas adalah proyek dan oleh karena itu setiap tim membutuhkan setidaknya satu manajer proyek. Project Management adalah keterampilan yang diperlukan di setiap tingkat organisasi dan harus menjadi bagian dari jalur karier setiap karyawan. Menurut Project Management Institute (PMI) “organisasi yang menawarkan pelatihan dalam manajemen proyek lebih efisien dan lebih siap untuk menghadapi tantangan lingkungan bisnis yang terus berkembang.”

7. Manajemen Perubahan

Saat ini telah terjadi banyak perubahan di sekitar kita, memiliki kemampuan mengelola perubahan baik dari sisi pribadi maupun mengelola tim saat terjadi perubahan adalah hal yang sangat penting yang harus dikuasai oleh setiap karyawan Anda.

Perusahaan selalu membutuhkan tenaga-tenaga yang berkompeten di bidangnya untuk meningkatkan profit dan perkembangan perusahaan. Pengembangan SDM dalam bentuk training selalu berhubungan erat dengan hasil kinerja karyawan di perusahaan tersebut. Oleh karena itu pelatihan karyawan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan semua perusahaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *