5 Program Pelatihan Karyawan Paling Dibutuhkan Saat Ini

Apa saja 5 Program Pelatihan Karyawan paling dibutuhkan saat ini?

Setiap perusahaan yang berinvestasi dalam pengembangan karyawan, sejatinya tengah berinvestasi untuk kesuksesan perusahaan itu sendiri. Dengan memberikan pelatihan karyawan, Anda menciptakan tempat kerja yang fleksibel, adaptif dan siap untuk perubahan.

Ini adalah saat yang sangat tepat untuk karyawan Anda mengikuti sebuah pelatihan, baik itu pelatihan online atau pelatihan offline (tatap muka).

Sementara itu, berbicara mengenai program pelatihan karyawan, ada beberapa pelatihan yang wajib karyawan Anda ikuti untuk mambantu kesuksesan di tempat kerja dan juga didalam kehidupan sehari-hari mereka.

Berikut 5 program pelatihan karyawan yang paling dibutuhkan saat ini.

  1. Komunikasi Efektif

Komunikasi yang tidak efektif, seringkali dapat menyebabkan hubungan kerja yang tidak baik dan hal tersebut dapat mempengaruhi laju atau percepatan perusahaan Anda. Program pelatihan ini akan membantu tim Anda mengembangkan keterampilan penting yang mereka butuhkan untuk berkomunikasi dengan baik melalui lisan maupun tulisan, bertatap muka atau melalui media komunikasi lain.

 

  1. Manajemen Waktu

Waktu adalah sumber daya yang berharga namun terbatas. Jika mampu mengelolanya dengan baik, maka kita memegang salah satu kunci untuk mencapai sebuah keberhasilan. Sayangnya masih banyak karyawan yang belum memiliki kemampuan untuk mengelola waktu secara efektif. Ketidakmampuan dalam mengelola waktu secara efektif akan menyebabkan stress, karena tenggat waktu yang terlewat, dan hal tersebut akan mempengaruhi performa dalam bekerja. Untuk itu, pelatihan manajemen waktu sangat penting dilakukan diera ini. Apalagi, ketika kondisi saat ini (new normal) masih banyak orang yang melakukan work from home. Biasanya, mereka akan banyak melakukan aktivitas secara virtual. Mulai dari virtual meeting, hingga virtual learning.

 

  1. Project Management

Saat ini sebagian besar tugas adalah proyek dan setiap tim membutuhkan setidaknya satu manajer proyek. Menurut Project Management Institute (PMI) “organisasi yang menawarkan pelatihan dalam manajemen proyek lebih efisien dan lebih siap untuk tantangan lingkungan bisnis yang terus berkembang.” Manajemen proyek adalah keterampilan yang diperlukan di setiap tingkat organisasi dan harus menjadi bagian dari jalur karier setiap karyawan.

 

  1. Leadership Training

Setiap karyawan memiliki peluang menjadi pemimpin di kemudian hari. Itulah mengapa penting bagi perusahaan untuk memberikan pelatihan kepemimpinan kepada semua orang yang mereka pekerjakan – bukan hanya penyelia dan manajer. Dengan mengembangkan keterampilan kepemimpinan karyawan Anda pada tahap awal, Anda akan membekali mereka dengan pengetahuan yang mereka butuhkan untuk mengambil peran kepemimpinan di masa depan.

 

  1. Manajemen Perubahan

Perubahan selalu mengganggu dan sering bersifat traumatic. Karenanya, banyak orang akan menghindari perubahan. Ketika perusahaan melakukan perubahan, tidaklah berarti bahwa karyawan menghargai prosesnya dan menganggap bahwa perubahan itu menyenangkan. perubahan sering mengecilkan hati, membuat frustrasi, dan sering mengakibatkan adanya ‘korban-korban’ perubahan.

 

Saat ini adalah waktu yang sangat tepat untuk mengadakan pelatihan kepada para karyawan Anda, ada banyak sekali pilihan metode pelatihan yang bisa dilakukan. Baik itu pelatihan offline, pelatihan online, atau blended learning. Untuk itu, sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, dan manfaatkan waktu saat ini dengan berinvestasi dalam pengembangan karyawan di perusahaan Anda.

 

 

Ditulis oleh:

Romy Sardji

Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *