Lingkungan Multi Generasi

Lingkungan Multi Generasi

Tenaga kerja saat ini semakin beragam dalam hal demografi usia, termasuk menciptakan lingkungan yang profesional yang kaya dengan pengalaman dan kedewasaan serta antusiasme. Perusahaan yang memperkerjakan karyawan dengan usia beragam memiliki keuntungan dalam menciptakan tenaga kerja dan lingkungan multi generasi yang dinamis – dengan berbagai keahlian – yang menguntungkan perusahaan.

Lingkungan Multi Generasi

Keahlian Beragam

Tenaga kerja dengan demografi umur berbeda membentuk sebuah lingkungan dimana setiap generasi membawa keterampilan dan bakat berbeda. Sebagai contoh, pekerja muda biasanya memiliki daya tangkap tinggi dalam penggunaan media bisnis berteknologi tinggi seperti jejaring sosial, demonstrasi produk secara online dan webcasting.

Tenaga kerja profesional yang sudah lebih dewasa, kebanyakan memiliki keterampilan interpersonal yang sangat baik dan mampu bekerja dengan baik dimana komunikasi tatap muka yang tradisional digunakan. Keberagaman keahlian ini bisa menawarkan keuntungan bagi perusahan yang terbuka terhadap demografi multi generasi.

Lingkungan Multi Generasi

Budaya

Sama seperti generasi muda yang diakui dengan pengetahuan teknologi bisnis yang baik, anggota yang lebih dewasa dari sebuah tenaga kerja memiliki keuntungan dari keterampilan bisnis tradisional.

Keberagaman ini memberikan bisnis keuntungan karena mampu berkomunikasi dan menghadapi customer yang berbeda usia. Sebagai contoh, seorang customer lebih suka berkomunikasi lewat email, sementara orang lain mungkin menghargai budaya surat bisnis formal. Sebuah tenaga kerja beragam bisa melayani kedua tipe customer tersebut.

Lingkungan Multi Generasi

Teknologi

Profesional muda tumbuh di dunia berteknologi tinggi dan memiliki keakraban lebih baik dengan alat-alat teknologi bisnis dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang lebih dewasa.

Ketika semua lapisan demografi umur harus mendukung teknologi dalam dunia profesional sebagai sarana berkomunikasi dan mendapatkan customer secara efektif, sebuah tenaga kerja yang memiliki karyawan penggemar teknologi memiliki keuntungan pasti dari perusahaan yang hanya memperkerjakan karyawan yang dewasa.

Lingkungan Multi Generasi

Mentoring

Praktek mentoring multi generasi dalam tempat kerja menawarkan banyak keuntungan. Dalam tenaga kerja yang usianya beragam, perusahaan menghargai pengetahuan, pengalaman dan keterampilan. Sedangkan umur, senioritas atau gender bukan menjadi prioritas utama.
Maka, semua karyawan dari usia yang berbeda memiliki kesempatan yang sama untuk mengajarkan, berbagai dan belajar dari satu sama lain.

Lihat: Fasilitator Kami

Lingkungan Multi Generasi

Continuity

Sebuah tenaga kerja yang memiliki tenaga kerja dalam demografi umur tertentu dalam jumlah banyak harus menghadapi resiko menjadi ketinggalan zaman. Secara tradisional, karyawan yang lebih berumur melatih profesional muda sesuai cara dan atau kebijakan di perusahaan, mewariskan pengalaman tahunan mereka.

Sementara itu, jika sebuah tenaga kerja hanya didominasi oleh profesional muda, tidak ada kesempatan untuk mentoring antar generasi; dan juga, ketika sebuah tenaga kerja hanya didominasi oleh karyawan dewasa, pada akhirnya mereka akan mengundurkan diri dari perusahaan, meninggalkan beberapa orang yang sudah terbiasa dengan sejarah perusahaan.

Dari hal ini kita bisa melihat bahwa:

Multi generasi membawa banyak sekali keuntungan bagi perusahaan; terutama jika perusahaan mengetahui bagaimana mengelola keberagaman ini menjadi satu kesatuan untuk mencapai tujuan bersama.

Selamat mencoba!


MDI News No. 217/XXI/September 2015

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id