Menyatukan Perbedaan Multi Generasi

menyatukan perbedaan multi generasi

Setiap dari kita sebagai seorang Pemimpin harus terbuka akan ide-ide baru dan menyediakan tempat untuk adanya umpan balik di dalam bekerja dengan divisi lain apalagi dengan beragam Multi Generasi yang ada. Apakah yang harus kita perhatikan di dalam hal menyatukan perbedaan multi generasi? Kunci dari setiap bagian maupun Tim yang berhasil adalah pada saat setiap orang mau beradaptasi dengan setiap perbedaan yang ada dan tidak mencoba untuk ‘mengkotak-kotakkan’ setiap Generasi yang ada. Hindari untuk tetap berpegang kepada cara-cara yang biasa digunakan oleh masing-masing generasi yang ada sehingga akan mengakibatkan kesulitan apabila bekerja sama maupun berkomunikasi.

Dengan beberapa variasi yang ada dari Multi Generasi ini di tempat bekerja, Perusahaan yang ada harus beradaptasi dengan setiap perbedaan yang ada. Beberapa peraturan yang ada dari dahulu kala mungkin dapat dilakukan cek ulang dan disesuaikan dengan persetujuan Manajemen. Beberapa contoh apabila dapat diaplikasikan di Perusahaan dimana Anda bekerja contohnya adalah dengan jam kerja yang fleksibel. Kami di Management Development International (MDI) memiliki waktu fleksibel di dalam bekerja disesuaikan dengan peraturan dari Manajemen yang telah disepakati dikarenakan perbedaan dari setiap kebutuhan Multi Generasi yang ada. Seperti pepatah kuno berkata :”Banyak cara menuju ke Roma.” Menurut saya banyak pula jalan untuk meningkatkan kinerja Tim Multi Generasi kita .

Dengan banyaknya perbedaan kebutuhan yang ada dan motivasi yang berbeda dari setiap Multi Generasi di Tim Anda, mungkin beberapa hal di bawah ini dapat Anda simak sebentar:

menyatukan perbedaan multi generasi

Recognize and reward people

Lupakan sejenak apa generasi mereka. Buatlah satu cara yang dapat memberikan penghargaan yang dapat dirasakan bagi seluruh Multi Generasi tersebut. Pada saat Anda memahami motivasi apa yang mendorong generasi tertentu untuk bekerja, pada saat itu Anda dapat menyesuaikannya dengan cara untuk merespon, membangun tim dengan lebih efektif, dan juga menyesuaikan penghargaan dan programnya.

menyatukan perbedaan multi generasi

Acknowledge shared needs

Tidak ada seorangpun yang tidak suka dihargai; setiap orang ingin merasakan diikusertakan dalam pergerakan setiap Perusahaan; setiap orang memiliki rasa lapar untuk belajar, dan yang kita butuhkan adalah umpan balik. Bangunlah kebudayaan tim Anda dengan saling berbagi akan kebutuhan dari setiap multi-generasi dan Anda akan menemukan beberapa hal yang mungkin akan perlu diperbaiki.

menyatukan perbedaan multi generasi

Engage by creating a sense of teamwork that spans generations

Ada tempat bagi beragam multi generasi untuk di tempat kerja. Etika bekerja dari beberapa rekan Traditionalists maupun Zoomer dapat menginspirasi seluruh anggota kelompok. Optimisme dari generasi terdahulu kita ini dapat membantu setiap karyawan untuk melihat sisi positif dari sebuah Perusahaan. Gen X yang berada di antara kedua generasi yakni Zoomers dan Gen Y akanmembantu untuk menjembatani semua orang untuk dapat jujur. Antusiasme dan rasa percaya diri dari Gen Y akan menular dan menginspirasi apabila ada yang menghubungkan hal tersebut. Hal-hal yang berbeda tersebut yang akan membuat tim Anda memiliki tujuan yang sama; dibangun dengan rasa saling percaya dan tanggung jawab, optimisme, antusiasme dan percaya diri.

Setiap Pemimpin harus juga membangun rasa percaya, sadari bahwa setiap orang yang bekerja dengan Anda perlu diberikan Reward atas setiap yang telah mereka berikan, dan juga dorong dan berikan pendidikan lebih dari setiap mereka. Engage dengan cara berkomitmen bersama untuk tujuan yang sama, membangun tempat bekerja yang nyaman.
Selamat mencoba!


MDI News No. 217/XXI/September 2015

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571  atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id