Pengembangan Diri Menjadi Lebih Baik Setiap Hari

pengembangan diri

Perjalanan mengembangkan diri tidak akan pernah selesai. Pengembangan diri menjadi lebih baik setiap hari juga harus diterapkan oleh kita. Dan akan selalu ada hal baru yang belum kita ketahui dan dapat kita pelajari. Kita pun dapat menjadi lebih baik dan lebih mahir dalam bidang yang telah kita pahami. Potensi diri dan kapasitas manusia untuk belajar sangatlah tidak terbatas.

Berikut adalah beberapa tips praktis yang dapat kita terapkan sehari-hari untuk meningkatkan diri. Semoga berguna.

pengembangan diri

Buku dan e-book merupakan sumber kebijaksanaan dan pengetahuan baru yang telah disarikan bagi pembacanya. Dengan semakin mudahnya akses internet, semakin mudah pula akses kita terhadap sumber bacaan. Semakin banyak materi yang kita baca, semakin kaya pemahaman kita terhadap sesuatu hal. Bacaan fiksi maupun non-fiksi banyak mengandung pelajaran moral positif yang bisa kita renungkan untuk diaplikasikan dalam kehidupan kita.

pengembangan diri

Cobalah aktivitas baru di luar hobi yang biasanya Anda lakukan. Apakah ada olah raga baru yang dapat ditekuni atau apakah ada sesuatu hal baru yang dapat kita pelajari seperti desain website, menulis artikel, memasak, dan sebagainya.
Belajar aktivitas baru akan memperluas kompetensi kita secara fisik, mental maupun emosional.

Baca: Training Leadership Mengenai Kepemimpinan Situasional

pengembangan diri

Semakin banyak mungkin akan berguna untuk karir dan networking, mempelajari bahasa akan membawa kita pada pemahaman terhadap budaya baru. Pemahaman dapat membawa kita untuk lebih berempati dengan orang dari latar belakang budaya berbeda.

pengembangan diri

Lingkungan Anda dapat membantu menentukan suasana hati Anda. Jika Anda sering berada dalam lingkungan inspirasional, Anda dapat terinspirasi setiap harinya. Ubahlah meja kerja Anda atau kamar Anda menjadi lebih inspirasional dengan mengatur atau menambahkan atribut inspirasional. Atau jika memungkinkan, manfaatkan salah satu sudut rumah untuk hobi dan berkreasi.

pengembangan diri

Setiap orang memiliki rasa takut terhadap sesuatu hal, seperti takut berbicara di depan publik, takut berenang, takut mengemukakan pendapat, takut menghadapi perubahan, dan sebagainya. Ketakutan kita membawa kita pada posisi stagnan, tidak dapat maju dan berkembang. Dengan menaklukkan ketakutan, kita membuka peluang bagi diri sendiri untuk tumbuh dan berkembang. Terkadang ketakutan kita sebenarnya tidak berdasar karena kemungkinan terburuk dari kegagalan tidak separah yang kita bayangkan. Jika tidak berani mencoba, bagaimana kita dapat tahu kita mampu atau tidak mampu? Mari keluar dari zona nyaman.

pengembangan diri

Kadang ada hal tentang diri kita yang tidak kita sadari tetapi diketahui oleh orang lain. Bertanya pada orang lain dan meminta mereka memberikan umpan balik, baik yang positif maupun yang negatif, dapat membantu kita lebih memahami diri kita sendiri.

Mintalah umpan balik dari orang-orang yang sering berinteraksi dengan kita, seperti sahabat, rekan kerja, atasan, bahkan customer. Ketika mendapat umpan balik, kita hanya perlu mendengarkan kemudian mengucapkan terima kasih. Hindari bersikap defensif dan tidak perlu memberi tanggapan balik.

Baca : Gamifikasi Dalam Dunia Pelatihan Karyawan

pengembangan diri

Setiap orang dalam menjadi lebih baik lagi dalam hal apapun, termasuk terkait keterampilan yang sudah bisa kita lakukan. Semakin banyak kita mencoba sesuatu hal, kita dapat lebih mengasah suatu keterampilan tertentu.

Kita dapat meningkatkan keterampilan kita agar semakin terasah. Identifikasikanlah keterampilan tertentu yang mungkin sudah Anda kuasai, namun dapat ditingkatkan lebih lanjut.

Baca: Jadilah Orang Asertif

pengembangan diri

Kompetisi dapat menjadi salah satu alat untuk memicu pengembangan diri. Tentunya kompetisi perlu dilakukan secara positif dan sehat. Ajaklah sahabat Anda untuk bersama-sama melakukan sesuatu dan menetapkan tantangannya misal membaca buku sebanyak-banyaknya dalam satu minggu atau menabung sebanyak-banyaknya untuk liburan bersama mendatang. Tetapkan pula hadiah bagi pemenangnya, misal pemenang ditraktir makan siang oleh yang kalah dan sebagainya. Kompetisi dengan sahabat dapat menjadikan pengembangan diri lebih menantang dan menyenangkan.

pengembangan diri

Pola pikir dan perilaku teman dalam lingkungan pergaulan dapat tanpa kita sadari berpengaruh pada pola pikir dan perilaku kita. Identifikasikanlah teman atau rekan kerja yang positif, optimis dan inspirasional dan luangkan waktu lebih banyak dengan mereka.

pengembangan diri

Renungkanlah apa saja kebiasaan buruk Anda. Mana yang dapat Anda kurangi atau hilangkan agar menjadi diri lebih baik? Terlambat? Menunda? Menggigiti kuku? Merokok? Nyemil?

Demikian tips untuk pengembangan diri menjadi lebih baik setiap hari. Tips lainnya mengenai pengembangan diri bisa Anda lihat disini

MDI News No. 219/XXI/November 2015

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id