Selain dituntut bagaimana memberikan produk yang bagus dan berkualitas tapi terjangkau, kita juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang WOW. Kunci memberikan pelayanan terbaik sangatlah mudah untuk diterapi. Temuan Michael Leboeuf dalam How to win customers and keep them for life (2000) bahwa customer tidak akan kembali karena beberapa hal berikut ini:
• 1% meninggal
• 3% pindah
• 68% berhenti karena perilaku yang tidak menyenangkan kepada pelanggan yang dilakukan oleh staff
• 14% tidak puas karena produk
• 9% karena alasan kompetitif
Ternyata hal terbesar yang membuat pelanggan tidak kembali adalah kita sendiri, orang yang pertama bertemu dengan pelanggan. Artinya, sebagus apapun produk atau jasa yang kita jual jika perilaku kita dalam memberikan pelayanan tidak membuat hati pelanggan senang, bisa jadi mereka tidak akan kembali kepada bisnis kita. Nah, lantas bagaimana menjadi seorang customer service yang baik dan disukai pelanggan? Simaklah beberapa tips singkat agar kita dapat memberikan pelayanan pelanggan yang terbaik: