3 Metode Pengembangan dan Pelatihan Karyawan Terbaik

Metode pengembangan dan pelatihan karyawan terbaik merupakan kunci utama dimana sebuah perusahaan bisa memiliki tenaga kerja yang bahagia dan produktif. Secara singkatnya, jika perusahaan ingin memiliki kualitas karyawan yang baik, maka perusahaan harus mentrainingkan karyawannya. Kenapa? Karena training adalah investasi jangka panjang bagi kelangsungan perusahaan itu sendiri.

Namun sayangnya, metode pengembangan dan pelatihan karyawan terbaik justru masih jarang dijumpai. Hal ini tentu memberikan kesan yang kurang baik bagi pelatihan karyawan itu sendiri. Alhasil, beberapa perusahaan menilai bahwa pelatihan karyawan dinilai membosankan, bahkan dianggap tidak perlu.

Untuk itu, selama lebih dari 26 tahun MDI Tack telah berkomitmen agar pelatihan karyawan bisa menjadi efektif dan jauh dari kata membosankan.

Namun sebelum membahas mengenai metode pengembangan dan pelatihan karyawan, Anda harus lebih dulu tahu dan memahami fungsi dari pelatihan itu sendiri. Misalnya, jenis pelatihan yang relevan dengan topik atau masalah yang sedang terjadi diperusahaan itu sendiri. Setelah jenis pelatihan karyawan sesuai dengan kebutuhan karyawan, Anda dapat memastikan karyawan Anda bisa menerima pembelajaran yang dibutuhkan tersebut dengan format atau metode pelatihan yang terbaik.

Nah, berikut ini adalah 5 metode pengembangan dan pelatihan karyawan terbaik, yang bisa Anda jadikan rujukan untuk perusahaan atau organisasi Anda:

  1. Berikan waktu kepada peserta untu Role Play

Jika Anda sebagai HR, Anda harus konsen kepada hal ini. Kenapa? RolePlay adalah cara paling mudah diterima oleh peserta dengan berbagai latar belakang.

RolePlay sendiri sebenarnya mirip dengan diskusi kelompok. Hanya saja dalam bentuk praktek peran. Dimanan secara khusus kita akan meminta karyawan untuk memerankan atau memperagakan sesuatu yang diambil dri lingkup pekerjaan mereka dalam sebuah skenario yang sudah ditentukan.

Aktivitas peran ini sangat efektif dalam sebuah pembelajaran. Dari sisi pemeran, mereka akan berpikir bagaimana melakukan sesuatu yang benar. Sementara dari sisi penonton, mereka akan melihat dan mengoreksi apa yang sudah baik, dan apa yang perlu ditingkatkan.

Namun, dalam membuat RolePlay terlihat lebih seru, baiknya dalam pelatihan karyawan sendiri diikuti oleh banyak peserta.

 

  1. Gunakan studi kasus yang relevan

Studi kasus sangat diperlukan untuk karyawan dengan tingkat atau posisi middle – up. Biasanya dalam pelatihan, studi kasus diberikan dengan dibagikan melalui sebuah kertas, dan peserta akan membaca atau mendengarkannya. Setelah itu, mereka harus memikirkan skenario dan mencari solusi terbaik dan paling mungkin diimplementasikan.

Dengan adanya menggunakan metode studi kasus, sebuah pelatihan tidak hanya terlihat hidup, tapi bagi peserta, mereka akan semakin memiki keterampilan yang baik, seperti mengidentifikasi masalah atau tantangan, memahami sebuah data, menganalisa informasi, mengenali asumsi dan menarik kesimpulan, berfikir analitis dan kritis, bahkan mereka akan berlatih mengambil keputusan. Tidak hanya itu, mereka juga akan belajar tentang menerima keputusan dan mempertahankan keputusan.

Metode studi kasus adalah sebuah metode yang sangat bagus untuk topik-topik tertentu yang perlu diterapkan dalam sebuah pelatihan karyawan. Uniknya lagi, metode ini tidak hanya efektif di pelatihan offline (tatapmuka), tapi juga efektif dibawakan dalam pelatihan online.

 

  1. Adanya fasilitator terlatih

Pelatihan karyawan yang terdapat fasilitator atau instruktur adalah jenis pelatihan karyawan tradisional yang terjadi di ruang kelas, dimana sang fasilitator akan mempresentasikan sebuah materi selama beberapa saat ke depan.

Ini bisa menjadi metode pelatihan karyawan yang sangat efektif, terutama untuk topik yang kompleks. Dengan adanya instruktur, peserta akan dapat bertanya secara langsung dan dijawab oleh fasilitator.

Namun, harus digaris bawahi adalah fasilitator terlatih itu bukan saja yang menguasai materi saja. Tapi ia harus bisa menyesuaikan bagaimana tingkat pemahaman audiencenya.

Metode pengembangan dan pelatihan karyawan terbaik yang akan membuat pelatihan menjadi lebih berkesan dan tidak terlupakan.

 

Pelajari lebih lanjut tentang jenis pelatihan karyawan

MDI Tack memahami bahwa setiap dari Anda memerlukan pelatihan karyawan yang efektif dan juga menarik. Oleh sebab itu, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan sebuah metode pengembangan dan pelatihan karyawan, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu sehingga Anda bisa secara jelas dan pasti dalam mempertimbangkan jenis metode pelatihan terbaik untuk karyawan Anda.

 

Setelah Anda melakukan hal ini, kami percaya Anda dapat menciptakan peluang belajar yang efektif, yang mengembangkan, dan benar-benar melibatkan karyawan Anda.

 

Ditulis oleh:

Arif Hidayat

Fasilitator MDI Tack

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *