Meningkatkan Emotional Intelligence dalam Keseharian

Meningkatkan Emotional Intelligence

Emotional Intelligence merupakan salah satu modal kunci dalam kesuksesan membina hubungan dengan orang lain baik dalam lingkungan profesional maupun pribadi. Berikut adalah beberapa tips praktis untuk meningkatkan Emotional Intelligence yang dapat diterapkan sehari-hari. Semoga berguna.

Meningkatkan Emotional Intelligence

Salah satu langkah penting dalam meningkatkan Emotional Intelligence adalah agar kita mampu mengelola emosi kita. Kita akan dapat mengelola emosi jika kita memiliki kesadaran terhadap emosi tersebut. Ketika tenggelam dalam kesibukan kita sehari-hari mengejar waktu untuk memenuhi satu deadline sebelum menuju deadline berikutnya, seringkali kita lupa kehilangan kontak dengan emosi kita. Akibatnya, kita menjadi cenderung bertindak secara tidak sadar sehingga mengabaikan berbagai informasi penting yang berusaha disampaikan emosi kita.

Setiap kali kita bereaksi secara emosional terhadap sesuatu atau seseorang, sebenarnya kita sedang menerima informasi berharga yang terkandung dalam emosi tersebut. Reaksi yang kita alami bisa jadi terkait dengan situasi yang sedang kita hadapi atau pengalaman situasi serupa yang perna kita alami.

Ketika kita senantiasa membangun kesadaran terhadap bagaimana perasaan kita, kita dapat belajar untuk mempercayai emosi kita dan kita menjadi semakin mahir dalam mengelola dan mengendalikan emosi kita. Hal ini dapat dilatih dengan aktivitas sebagai berikut: pasang timer untuk beberapa titik waktu dalam satu hari. Ketika alarm bunyi, tarik napas mendalam beberapa kali dan identifikasikan bagaimana perasaan emosi Anda saat itu. Perhatikan bagaimana dampak dari emosi tersebut pada fisik Anda dan apa saja sensasi yang Anda rasakan.

Meningkatkan Emotional Intelligence

Ketika mengasah kesadaran emosi, kita perlu juga mengasah kesadaran terhadap perilaku kita. Perhatikanlah bagaimana perilaku yang muncul sebagai  dampak dari emosi tertentu dan bagaimana dampaknya pada kehidupan sehari-hari Anda. Apakah emosi Anda berdampak pada cara Anda berkomunikasi dengan orang lain, produktivitas diri, atau kesehatan mental Anda?

Ketika kita semakin menyadari bagaimana kita bereaksi terhadap emosi kita, akan semakin mudah untuk mengenali gejala terhadap dampak negatif dari emosi tertentu. Dengan demikian kita dapat secara lebih sadar berusaha menghentikan atau meminimalisirnya.

Meningkatkan Emotional Intelligence

Emosi dan perilaku kita berasal dari diri kita sendiri, tidak muncul dari orang lain. Maka, kitalah pihak yang paling bertanggung jawab atas emosi dan perilaku tersebut. Jika kita merasa sakit hati atas apa yang dikatakan atau dilakukan orang lain sehingga kita melampiaskannya pada orang tersebut, kitalah yang bertanggung jawab atas perilaku kita tersebut. Orang lain tidak memaksa kita melampiaskan emosi kita. Tidak ada yang menggerakkan kita seperti boneka. Reaksi kita adalah tanggung jawab kita.

Meningkatkan Emotional Intelligence

Terdapat perbedaan antara merespon dan bereaksi. Bereaksi cenderung merupakan proses tidak sadar ketika kita mengalami pemicu emosional dan berperilaku secara tidak sadar untuk melampiaskan emosi tersebut. Sedangkan merespon adalah merupakan proses sadar yang mencakup kita menyadari perasaan kita dan memutuskan bagaimana kita akan bertindak untuk menanggapinya. Apakah selama ini kita lebih banyak bereaksi atau merespon?

Meningkatkan Emotional Intelligence

Empati berarti memahami mengapa seseorang merasakan atau berperilaku dengan cara tertentu serta mampu berkomunikasi untuk memahami mereka. Empati berlaku bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan mengasah empati, kita dapat meningkatkan keterampilan Emotional Intelligence kita. Kita dapat melatih keterampilan empati dengan mulai membiasakan berempati terhadap diri sendiri. Ketika Anda merasa dengan mengalami emosi atau perilaku tertentu, tanyakanlah pada diri sendiri mengapa Anda merasakan atau melakukan hal tersebut. Mungkin pada awalnya Anda akan menjawab tidak tahu, tetapi terus perhatikan secara lebih mendalam dan Anda akan mulai mendapatkan berbagai jawaban.

Meningkatkan Emotional Intelligence

Selain menginvestasikan waktu untuk mengasah berbagai aspek di atas, investasikan pula waktu Anda untuk mengidentifikasi apa-apa saja yang berdampak positif dan perlu Anda syukuri dalam hidup Anda. Menciptakan lingkungan emosi positif dalam keseharian Anda akan meningkatkan emosi-emosi positif sehingga akan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Meningkatkan Emotional Intelligence

Emotional Intelligence bukanlah keterampilan yang dapat Anda pelajari pada suatu waktu dan selesai. Kita perlu selalu melatihnya sehari-hari sepanjang hidup kita agar dapat senantiasa mengembangkan diri kita.


MDI News No. 240/XXIII/Agustus 2017

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id