Employeeship Dalam Lingkungan Kerja

employeeship dalam lingkungan kerja

Pernahkan Anda mengalami hal ini: di kantor, saat sedang akan menghadiri rapat penting, Anda melewati meja rekan kerja Anda di departemen lain. Tiba-tiba telepon kantor di meja tersebut berdering. Tidak ada orang di sekitar meja tersebut. Masih ada kertas berserakan di atas meja yang menandakan bahwa rekan kerja si empunya meja ada di kantor dan hanya sebentar meninggalkan meja. Anda bingung. Apakah Anda perlu menjawab telepon?

Banyak pikiran yang terlintas dalam benak Anda. Di satu sisi, mungkin Anda perlu menjawab telepon. Mungkin yang menelepon adalah pelanggan penting yang membutuhkan layanan secara cepat. Mungkin ada pesan penting untuk rekan kerja Anda tersebut. Mungkin ada keluarganya yang sakit. Mungkin ada informasi mengenai tender penjualan yang penting.

Di sisi lain, mungkin bukan tugas Anda untuk menjawab telepon orang lain. Pekerjaan Anda sendiri sudah cukup banyak. Lagipula, Anda tidak tahu siapa yang menelepon. Dan Anda tidak tahu kapan rekan kerja akan kembali. Jika yang menelepon adalah pelanggan, bukan salah Anda kalau pelanggan tersebut menelepon dengan sia-sia. Juga sebaliknya, orang lain tidak akan mau menjawab telepon di meja Anda jika Anda sedang tidak ada di tempat.

Apakah situasi ini pernah terjadi pada Anda? Mungkin telepon tersebut adalah telepon di atas meja Anda? Apakah karyawan dalam departemen/organisasi Anda hanya mengurusi urusannya masing-masing? Atau apakah saling membantu melakukan sesuatu untuk orang lain?

Employeeship adalah menjawab telepon. Membiarkan telepon berdering dan sikap: “Bukan urusan saya” adalah gejala kurangnya Employeeship dalam lingkungan kerja di departemen/ organisasi Anda.

Employeeship adalah mengajukan usul untuk meningkatkan “budaya telepon” dalam departemen dan organisasi. Jika banyak orang menelepon perusahaan atau departemen Anda dengan sia-sia, maka komunikasi perlu diperbaiki. Sebagai usulan, Anda dapat menerapkan budaya berikut:

• Setiap orang yang meninggalkan mejanya harus memberitahu operator atau rekan kerja lain yang paling dekat.
• Saat Anda meninggalkan meja, selalu informasikan kapan Anda akan kembali atau dimana Anda dapat dihubungi saat keadaan mendesak.
• Karyawan yang berada di kantor menjawab telepon atas nama rekannya yang sedang keluar kantor.

Menjawab telepon menunjukan:

• Tanggung jawab – lebih dari tanggung jawab pribadi
• Loyalitas – pada sasaran departemen/organisasi dan rekan kerja di perusahaan
• Inisiatif – untuk membantu rekan kerja dan meningkatkan produktivitas, hubungan dan kualitas perusahaan.


MDI News No. 201/XX/Mei 2014

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id