Sales Counter: Pengertian, Skill Wajib, Tugas, Hingga Gaji Disini

profesi sales counter

Sales Counter adalah peran penting dalam dunia penjualan, terutama dalam industri ritel. Mereka menjadi “wajah” atau “garda terdepan” yang bertanggung jawab menjual produk kepada pelanggan serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan. 

Saat ini, profesi tersebut menjadi salah satu yang paling banyak dibutuhkan dalam banyak industri. Gaji yang ditawarkan juga cukup menjanjikan, terlebih terdapat berbagai insentif lainnya jika Anda berhasil melebihi target. Penasaran lebih lanjut mengenai profesi ini? simak pengertian, skill wajib, tugas beserta gaji yang bisa diharapkan disini! 

Pengertian Sales Counter

Sales Counter, atau sering disebut juga sebagai Sales Associate, adalah seseorang yang bekerja di toko atau gerai yang bertanggung jawab atas interaksi dengan pelanggan. Mereka memegang peran penting dalam meyakinkan pelanggan tentang produk yang dijual sehingga dapat menghasilkan pembelian.  Selain itu, mereka juga berfungsi sebagai representasi langsung perusahaan di mata pelanggan, oleh karena itu, memiliki pengetahuan yang luas tentang produk atau jasa yang ditawarkan sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Anda dapat menemukan Sales Counter di berbagai lini bisnis, termasuk toko pakaian, sepatu, elektronik, pusat perbelanjaan, restoran, hotel, dan berbagai industri lainnya. Mereka berinteraksi langsung dengan pelanggan, membantu pelanggan menemukan produk yang mereka butuhkan, memberikan informasi tentang produk, menjelaskan promosi atau penawaran khusus, serta mengelola proses penjualan.

Skill Wajib Sales Counter

Untuk menekuni profesi ini dengan terampil, Anda perlu memiliki beberapa skill wajib ini:

1. Pengetahuan Produk

Sales Counter harus memiliki pengetahuan yang baik tentang produk atau jasa yang mereka jual. Mereka perlu menjawab berbagai pertanyaan pelanggan mengenai fitur, manfaat, dan spesifikasi produk. Menguasai pengetahuan produk ini nantinya akan membantu Anda dalam meyakinkan pelanggan dan memberikan rekomendasi yang tepat.

2. Keterampilan Komunikasi

Salah satu skill terpenting yang wajib dimiliki oleh profesi ini adalah komunikasi. Anda perlu berkomunikasi dengan jelas dan efektif, mendengarkan kebutuhan pelanggan, dan menjelaskan informasi dengan baik kepada pelanggan. Anda juga harus bisa berbicara dengan beragam tipe pelanggan.

3. Persuasif

Skill lainnya yaitu seorang Sales Counter harus harus mampu meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau jasa, mengatasi penolakan, dan menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan. Skill persuasif ini sangat penting dalam menciptakan closing sales dengan pelanggan. 

4. Kemampuan Beradaptasi

Industri penjualan akan terus berubah. Oleh karena itu, Anda harus bisa beradaptasi dengan setiap perubahan yang terjadi. Anda harus siap menghadapi tantangan baru, mengikuti perkembangan produk, serta memahami tren pasar.

5. Manajemen Waktu

Menjadi Sales Counter seringkali menangani beberapa pelanggan sekaligus. Oleh karena itu, kemampuan mengelola waktu dengan baik adalah kunci untuk menjaga efisiensi dalam melayani pelanggan.

6. Kemampuan Bekerjasama

Sales Counter seringkali bekerja dalam tim atau rekan-rekan mereka di toko. Penting bagi Anda untuk mampu bekerjasama dengan baik bersama anggota tim lainnya untuk meraih goal yang ditargetkan.

Tugas Sales Counter

Tugas seorang Sales Counter bervariasi tergantung pada jenis bisnisnya, namun beberapa tugas umum yang biasanya mereka lakukan adalah:

1. Melayani Pelanggan

Sales Counter bertanggung jawab melayani pelanggan yang datang ke toko. Sehingga, jika Anda berminat dengan profesi ini, Anda harus dengan ramah menyambut pelanggan, menjawab pertanyaan mereka, dan memberikan bantuan saat memilih produk.

2. Menjual Produk

Tugas utama Sales Counter adalah menjual produk atau jasa kepada pelanggan. Anda harus mampu menjelaskan manfaat produk, memberikan informasi tentang harga dan promosi, dan meyakinkan pelanggan untuk melakukan pembelian.

3. Penanganan Pembayaran

Sales Counter seringkali bertanggung jawab untuk menghitung harga, mengelola transaksi pembayaran, dan memberikan tanda terima kepada pelanggan.

4. Merapikan dan Mengisi Stok

Mereka juga biasanya bertanggung jawab untuk merapikan produk di rak, mengisi ulang stok jika diperlukan, dan memastikan toko terlihat rapi.

5. Menjelaskan Kebijakan Produk

Mereka harus bisa menjelaskan kebijakan pengembalian produk kepada pelanggan ataupun membantu jika ada masalah atau keluhan.

6. Mencapai Target Penjualan

Banyak toko atau gerai menetapkan target penjualan harian atau bulanan. Sehingga, Anda harus mampu memikirkan beberapa strategi yang dapat membantu Anda meraih target dengan baik. 

7. Melaporkan Penjualan

Mereka juga biasanya diminta untuk melaporkan penjualan harian atau mingguan kepada atasan.

Gaji Sales Counter

Gaji seorang Sales Counter bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk lokasi geografis, jenis bisnis, pengalaman, dan keterampilan individu. Secara umum, gaji mereka bisa berkisar antara minimum upah hingga gaji yang lebih kompetitif.

Gaji minimum upah biasanya berlaku untuk pekerja dengan status entry-level yang belum memiliki pengalaman sebelumnya. Namun, seiring bertambahnya pengalaman dan keterampilan, gaji mereka dapat meningkat secara signifikan. Namun, pada umumnya gaji profesi ini berkisar antara Rp.2.000.000 – Rp. 5.000.000. Tapi di lain sisi, jika Anda memiliki track record yang baik dalam mencapai target penjualan, Anda akan memperoleh komisi atau bonus tambahan sebagai bagian dari gaji Anda.

Di beberapa lokasi geografis, gaji mereka juga dapat lebih tinggi, terutama di daerah dengan biaya hidup yang tinggi. Selain itu, jenis bisnis juga dapat mempengaruhi gaji untuk profesi ini. Misalnya, Sales Counter di toko-toko mewah atau penjualan produk berharga tinggi cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang di toko-toko dengan produk murah.

Selain gaji, beberapa perusahaan juga menawarkan fasilitas tambahan seperti tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, dan insentif lainnya kepada karyawan yang berprestasi.


Jika Anda tertarik untuk meningkatkan skill dalam diri Anda atau untuk karyawan perusahaan Anda, segera hubungi MDI Tack selaku vendor pelatihan karyawan terbaik yang kemampuannya telah diakui oleh lebih dari 2000 perusahaan di Indonesia maupun ASEAN. 

Hubungi kami, dan rencanakan pelatihan terbaik bagi karyawan perusahaan Anda sekarang juga!

Segera Konsultasikan Dengan Kami Melalui:

Telp: (+62)851-7546-9337

Email: Training@mditack.co.id


Penulis: Luffi Hanifah (10/11/2023)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *