Pelatihan Offline di masa New Normal
3 Cara Efektif Mengembakan SDM Selama Masa Pandemic. Hari ini tim Management Development International terpaksa tidak melakukan aktivitas di kantor.

Kami semua memilih untuk tinggal di rumah dan bekerja dari rumah alias Work from Home, akibat jumlah kasus Covid-19 semakin hari semakin memprihatinkan.

Meski begitu, kami bersyukur bahwa adanya pandemi Corona ini tidak mengurangi niat kami untuk bekerja. Justru sebaliknya, kami semua bisa mengambil inisiatif untuk tetap positif dan juga produktif. Namun bagaimana dengan kantor-kantor lain? Bagaimana dengan pemilik bisnis lain?

Momen Covid-19 ini bukanlah hal yang mudah. Namun sebagai pemilik bisnis, Anda harus tetap berusaha untuk menjaga “banyak bola” tidak terjatuh, dan tetap melayang di udara. Lantas bagaimana caranya selama wabah Corona berlangsung, Anda bisa membuat karyawan Anda termotivasi dan loyal?

Apalagi, kami sendiri melihat banyak perusahaan-perusahaan raksasa (baik yang bergerak dibidang otomotif atau consumer goods) benar-benar menerima pukulan telak dari media.

Sekarang coba Anda bayangkan, jika saja Anda berada di kapal yang sama, kapal yang tengah diterjang badai Corona, bagaimana Anda membuat semua karyawan tetap termotivasi selama masa-masa sulit? Bagaimana perusahaan agar tetap dapat mengembangkan SDM nya secara efektif?

Sebelumnya, Anda harus menyadari bahwa Corona adalah waktu terbaik bagi Anda untuk jujur dan terlibat secara aktif-positif dengan tim Anda. Ingatlah bahwa Anda semua terlibat dalam hal ini bersama, tidak peduli level atau jabatan Anda. Tidak ada yang ingin badai Corona terus berlarut-larut. Semua orang ingin bahwa mereka bisa berangkat bekerja dengan perasaan aman, tanpa merasa adanya ancaman (bahaya).

Untuk itu, berikut adalah 3 cara efektif mengembangkan SDM di perusahaan selama masa pandemic:

1. Berikan tugas dan arahan yang jelas

Kami percaya bahwa pada saat Corona berlangsung, hampir setiap orang terpukul. Mereka mulai khawatir dengan keuangan, dan masa depan. Meski begitu, penting bagi seorang pemimpin untuk menyadari hal ini, lalu mengambil langkah untuk tetap mengembangkan SDM nya. Dengan melibatkan para staf agar tidak stress karena ketiadaan tugas yang dikerjakan di rumah. Untuk itu, Anda perlu memberikan tugas yang memang bisa dikerjakan di rumah. Namun ingat, harus dengan cara yang jelas, agar tidak menimbulkan permasalahan.

Dengan cara seperti ini, mereka akan terlibat untuk membantu Anda. Mereka akan lebih dari bahagia, karena merasa diperhatikan. Dan umumnya, mereka akan memiliki ide-ide hebat tentang apa yang terbaik untuk tim.

2. Fokus pada keterlibatan karyawan

Sebagai seorang pemimpin, sangat disarankan bagi Anda untuk berpikir secara terbuka. Hal ini akan membuat karyawan yang Anda pimpin leluasa. Mereka pun bisa membicarakan apa pun yang terjadi kepada Anda, dengan perasaan nyaman.

3. Ikut Virtual Learning

Pada saat ini, banyak pekerjaan (khususnya agenda meeting) banyak yang dialihkan ke dunia virtual. Bukan hanya agenda meeting, tapi juga agenda pembelajaran yang sifatnya tatap muka. Hal ini sangat efektif untuk mengembangkan SDM perusahaan dan membantu program pemerintah dalam memangkas sebaran virus Corona (Covid-19).

Management Development International sendiri sebagai salah satu vendor training yang bergerak dalam membantu perusahaan lebih dari 25 tahun dibidang pelatihan kepemimpinan, pengembangan sdm, sudah memberikan pelatihan secara online. Apalagi hal ini diberikan secara gratis. Sebelum terjadi Covid-19 melanda negeri ini, Management Development International sudah lebih dulu gencar dengan pelatihan secara virtual.

Management Development International memahami bahwa pengembangan SDM adalah hal yang sangat penting. Untuk itu, kami tergerak untuk tetap memberikan pelatihan karyawan dalam bentuk sharing session. Kabar baiknya, traning ini 100% tidak dipungut biaya, alias GRATIS.

Tentu sangat disayangkan jika pelatihan ini Anda lewatkan begitu saja. Karena dipelatihan ini Anda bisa menambah wawasan melalui virtual learning, online learning, dan online training yang diberikan oleh para fasilitator terbaik di Management Development International.

 

 

Oleh:

Arif Hidayat – Fasilitator MDI Tack

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *