Tips Membuat Video Learning Lebih Efektif

Seberapa sering Anda menyaksikan tayangan Youtube yang bermanfaat untuk membantu pekerjaan Anda? Tren menyaksikan Video Learning untuk mengembangkan keterampilan bekerja di Youtube kini telah menanjak naik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak karyawan yang menyaksikan Video di Youtube minimal satu kali dalam minggu.

Saat banyak perusahaan menggunakan Video sebagai salah satu metode training, alat-alat untuk merekam gambar, merekam suara, berbagi  video dan mencari konten kini semakin banyak dan mudah diakses. Kini para Profesional Learning and Development telah mengerti potensi dari Video yang dapat dimanfaatkan. Para Profesional Learning and Development itu  kini hanya membutuhkan alat dan platform yang tepat untuk meningkatkan efisiensi Video Learning.

Salah satu platform yang mudah dan sudah sering didengar masyarakat luas untuk menyaksikan Video sebagai sumber informasi adalah Youtube. Untuk dapat menggunakan platform ini dengan maksimal sebagai wadah Video Learning, Profesional Learning and Development dapat membuat akun korporate bisnis. Akun korporate bisnis di Youtube akan membantu meningkatkan kualitas, konsistensi, kecepatan dan efektifitas training Anda dengan Metode Video Learning. 

Apabila Anda adalah salah satu dari Profesional Learning and Development dari suatu perusahaan, berikut adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk dapat menggunakan Video Learning Anda dengan lebih efektif di platform yang Anda pilih:

Samakan Kemampuan Digital Tim

Perbedaan kemampuan dalam Tim adalah hal yang biasa. Namun, untuk dapat membuat konten Video Learning berkualitas sama/konsisten, Anda harus memastikan setiap anggota Tim dapat melakukan proses pembuatan Video dengan hasil yang kualitasnya terstandarisasikan. Hal ini diperlukan agar Anda tidak hanya mengandalkan satu orang dalam Tim. Saat Anggota Tim berhalangan untuk berkontribusi, Anda dapat meminta Anggota lain untuk memberikan kontribusi dengan kualitas yang sama. Hal ini juga membantu menjadi citra perusahaan yang memiliki standar yang baik.

Bantu Tim Meningkatkan Keahlian Menggunakan Media Sosial

Banyak orang yang dapat menggunakan Media Sosial tetapi tidak semua mampu mengembangkannya. Media Sosial tidak hanya penting untuk memberi informasi mengenai video yang sedang digarap atau telah tersedia. Media Sosial juga harus dapat menarik perhatian karyawan yang membutuhkan  pelatihan Video Learning untuk menyaksikan Video hingga selesai dan mengambil pesan dari Video yang disaksikan. Dengan keahlian mengelola Media Sosial yang baik, tampilan Media Sosial akan meningkatkan citra perusahaan. Meningkatkan kemauan orang melihat konten Video dan membantu orang untuk mau menerapkan hasil pembelajaran mereka dari Video Learning sebagai tren baru aktivitas pekerjaan bahkan aktivitas sehari-hari mereka.

Sediakan Waktu untuk Coaching One by One maupun Tim

Untuk dapat meningkatkan kemampuan di bidang apapun bukanlah hal yang sulit tapi tidak bisa juga dibilang mudah. Terkadang daya serap seseorang dalam menerima informasi itu berbeda-beda. Maka penting untuk menyediakan waktu dalam mengajarkan Anggota Tim satu persatu apabila dianggap dibutuhkan. Waktu yang Anda sediakan adalah investasi waktu agar ke depannya Anda dapat menghemat waktu dalam melaksanakan satu proyek Video. Namun, apabila pelatihan yang dibutuhkan memiliki tingkat kesulitan yang rendah bagi seluruh Anggota Tim maka pelatihan bersama sudahlah cukup.

Untuk membuat Video Learning lebih efektif dibutuhkan tim yang solid dalam setiap prosesnya, termasuk dalam proses pendistribusian. Tim Learning and Development yang melek digital akan dengan mudah menyalurkan dengan lebih tepat sasaran.

 

Ditulis oleh:

Clara Kalengkongan – Fasilitator MDI Tack

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *