Video Learning sebagai Metode Training dan Pengembangan SDM

Video Learning sebagai Metode Training dan Pengembangan SDM. Pada saat-saat Covid-19 melanda dan mengguncang Indonesia, kegiatan training offline dirasakan sangat terdampak. Banyak pembelajaran secara tatap muka harus dihentikan untuk mencegah bertambahnya korban.

Akhirnya, dari situ timbul cara-cara baru untuk tetap memberikan pelatihan karyawan agar mereka bisa beradaptasi dengan kondisi yang serba sulit. Tentu saja, semua ini didukung dengan perkembangan teknologi. Dimana perkembangan teknologi banyak menyediakan hal baru sebagai media alternatif bagi pengembangan SDM. Dan inilah yang digunakan sebagai metode training online.

Training online umumnya menggunakan metode webinar yang melibatkan pembicara dan peserta dalam suatu pertemuan di platform online. Padahal selain dengan metode webinar, training online dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dengan memanfaatkan kemajuan teknogi yang ada. Berbagai metode training online yang dapat dilakukan, misalnya dengan: buku atau bacaan elektronik, suara rekaman (podcast), juga video learning.  

Video Learning sebagai salah satu metode training online memiliki banyak manfaat, yang diantaranya:

1. Mudah disimpan dan diakses ulang

Jika dalam perjalanan pekerjaan ada beberapa teori yang terlupa maka, kita dengan mudah melihat kembali video yang sudah pernah dipelajari sebelumnya, alih-alih membaca kembali modul pelatihan. Tentu ini menjadi keunggulan dari Video Learning.

2. Konsistensi

Berbeda dengan materi yang disampaikan langsung secara tatap muka, di mana konsistensi penyampaian sulit untuk dilakukan sama persis dalam setiap pengulangannya. Dengan belajar melalui Video Learning setiap audiens dapat melihat penyampaian dengan cara yang sama secara berulang-ulang.

3. Cakupan audiens dan efisiensi anggaran

Memang biaya pembuatan Video Learning diawal bisa terlihat berbeda cukup signifikan dibanding training tatap muka. Tetapi, dengan mempertimbangkan bahwa video tersebut bisa dilihat lebih dari 1.000 orang pegawai dan bisa dipelajari berkali-kali, maka biaya pembuatan Video Learning sebagai metode pembelajaran/training termasuk efisien untuk menghemat budget training perusahaan.

Dengan ketiga manfaat di atas, Metode Video Learning dapat dilihat sebagai metode alternatif yang memiliki banyak keuntungan saat training online dilaksanakan. Metode Video Learning bagi karyawan adalah metode yang menyenangkan bagi peserta dan pihak penyelenggara yang mementingkan kualitas dengan cara yang  mengikuti perkembangan zaman juga kemajuan teknologi.[]

 

Oleh: Clara Vina Mariana – Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *