brainstorming

Saat ada permasalahan yang memerlukan solusi cemerlang atau untuk merencanakan ide kegiatan yang menarik, teknik brainstorming sangat diperlukan.

Dengan brainstorming Anda dapat menarik lebih banyak ide-ide kreatif, berfikir terdepan dalam bekerja ataupun dalam memimpin pekerjaan.

Melakukan brainstorming untuk membuat sebuah proses yang menghasilkan ide-ide baru dan menemukan solusi untuk suatu masalah. Karena pikiran semua orang bekerja secara berbeda, tidak ada satu proses untuk semua tetapi lebih dari beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat sistem penghasil ide Anda sendiri.

  1. Choose The Best Ideas

Pilih ide-ide terbaik setelah memenuhi kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Salah satu cara untuk membuat segalanya lebih mudah adalah dengan memberi skor pada masing-masing ide dari 0 hingga 5 tergantung pada sejauh mana ide itu memenuhi masing-masing kriteria yang ditentukan sebelumnya. Setelah selesai, tambahkan skor. Yang memiliki skor tertinggi dapat dianggap sebagai ide terbaik. Namun, jika ide terbaik ini tidak praktis, terlepas dari skor, Anda dapat mencari yang terbaik kedua.

 

  1. Gain Clarity

Setelah melakukan pemilihan ide dengan beberapa teknik yang sesuai Anda suka, ada baiknya dilakukan analisis yang jelas tentang ide tersebut. Tambahkan catatan tentang ide yang ada pilih seperti beberapa poin penjelasan terkait ide tersebut agar dapat dikembangkan kembali dan mudah dipahami.

 

  1. Break it Down Into Steps

Jika sudah mendapatkan kejelasan dari ide tersebut maupun dari hasil teknik brainstorming yang ditentukan, contohnya jika Anda menggunakan teknik mind mapping atau menuliskannya dengan perbedaan warna. Maka dari itu rencanakan hal tersebut secara relavan, gambarkan mind mapping secara lengkap untuk penetapan tujuan terbaik saat mencoba memutuskan langkah selanjutnya.

 

  1. Plan Your Roadmap

Saat sudah ada catatan perencanaan selanjutnya seperti tindakan yang akan Anda lakukan untuk menjalankan ide dan buatlah penambahan untuk rencana tindakan jika ada masalah atau kesalahan, catatan rencana tersebut akan memudahkan Anda jika membutuhkan panduan untuk menghadapi bila ada perubahan situasi dari ide yang telah ditentukan.

 

  1. Achieve Your Goals

Melakukan brainstorming adalah untuk pemecahan suatu masalah yang bisa saja terjadi dalam suatu organisasi. Namun, hal ini besar kemungkinan bahwa ada saja perubahaan atas situasi yang telah terjadi. Maka dari itu untuk mencapai tujuan dari pemecahan masalah yang telah dibuat dibutuhkan brainstorming yang baik dan bekerja sama secara efektif dengan tim Anda. Kemudian jangan lupakan catatan-catatan perencanaan yang sudah Anda buat sebelumnya untuk mencapai tujuan tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *