Ingin Dihormati Bawahan Kamu? Ikuti 3 Cara Sederhana untuk Kamu Menjadi Leader Elegan

3 Cara Sederhana untuk Anda Menjadi Leader Elegan

Menjadi leader tidaklah mudah. Apalagi komponennya harus ditambah menjadi leader elegan. Sebab ketika sudah berkaitan dengan kebutuhan banyak orang, Seorang leader dituntut untuk bisa membuat keputusan, mengontrol pekerjaan, hingga memastikan semuanya berjalan dengan baik. Kalau Anda bimbang, risiko yang akan terjadi akan sangat fatal. Sebab bukan hanya Anda yang akan menerima risikonya, tapi juga orang-orang atau anggota tim Anda yang akan ikut serta memikul risiko tersebut.

Untuk itu, ketika Anda ingin menjadi leader elegan yang bisa dicontoh oleh anggotanya, Anda perlu belajar banyak hal. Nah, berikut ini adalah 3 cara sederhana untuk Anda bisa jadi leader elegan:

Selalu rencanakan sesuatu bersama anggota tim Anda

Sebagai leader Anda harus tahu bagaimana cara membuat sebuah planning. Namun sayangnya, banyak leader yang membuat rencana hanya berdasarkan apa yang dipikirkan oleh dirinya sendiri. Tentu hal ini akan mempersempit ide yang dihasilkan. Selain itu, ide yang dihasilkan pun belum tentu bisa diterima oleh tim Anda.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda merencanakan pekerjaan dengan melibatkan anggota tim Anda. Cobalah untuk diskusi bersama-sama dan pastikan bahwa mereka harus tahu cara efektif untuk bisa meraih goal yang sudah Anda buat.

Organisasikan dengan sistem yang paling efektif

Sebagai seorang leader, Anda harus terbiasa untuk mengorganisasikan. Sebab tidak sedikit leader yang memosisikan diri sebagai Superman. Meski begitu, yang perlu Anda ingat adalah Anda harus menerapkan sistem terbaik untuk meraih goal yang Anda buat.

Misalnya, Anda dan tim Anda diberikan reward untuk ke jalan-jalan ke Korea. Nah, di sini yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana cara mengorganisasikannya?

Anda perlu menggunakan pesawat tipe apa? Apakah perlu bawa koper berapa besar? Apakah perlu sewa bagasi sendiri atau patungan? Pikirkan juga, apakah tim Anda ada yang memiliki kebutuhan khusus? Kalau sudah sampai Korea, Anda menginap dimana? Kemudian kota tempat wisata apa saja yang akan Anda kunjungi?

Kalau dalam pekerjaan, Anda harus mengorganisir, meja karyawan harus bagaimana? mereka kebersihannya harus bagaimana? cara mereka bekerja harus bagaimana? supaya apa? supaya bisa cepat mencapai target. Jadi, mengorganisir adalah teknik penting untuk Anda bisa menadi leader elegan.

Menempatkan orang sesuai dengan kemampuannya

Teknik ketiga adalah Anda harus menempatkan orang sesuai dengan kemampuannya. Hal ini disebut juga dengan metode staffing.

Pada tahapan ini, Anda perlu memastikan anggota tim yang Anda pilih adalah orang yang tepat. Tepat dalam artian mereka memiliki kemampuan yang sesuai untuk menjalankan tugas. Untuk itu, Anda perlu tahu tentang mereka. Tahu akan skill yang mereka miliki, sehingga nantinya Anda juga bisa tahu kapan mereka bisa achieve target yang sudah ditentukan.