Ingredients Of Leader

ingredients of leader

Memiliki kemampuan mendengar

80 persen dari tugas seorang pemimpin sebenarnya adalah mendengarkan seseorang atau seseorang mendengarkan kita. Ada beberapa penelitian yang telah dilakukan dan didapati bahwa seorang pemimpin yang tidak dapat mendengar dengan baik akan berakibat kurang baik hubungannya dengan orang lain di masa mendatang. Mendengar secara aktif akan membantu meyakinkan lawan bicara Anda bahwa dia sedang didengarkan dan dimengerti. Hal tersebut tidak hanya memperhatikan tetapi juga memberi pertanyaan secara garis besar. Dari semua keahlian kepemimpinan, mendengarkan adalah salah satu yang paling penting. Beberapa pemimpin hanya mendengar di saat-saat tertentu saja, dan mereka tetap menjadi pemimpin yang biasa-biasa saja. Tetapi yang luar biasa adalah pada saat mereka berhenti mendengar.

ingredients of leader

Open-minded

Seorang pemimpin yang memiliki self-assurance akan memiliki nilai tambahan tetapi apabila berlebihan akan cenderung egois dan sombong. Beberapa orang yang ada di sebuah organisasi akan merasakan kebebasan untuk dapat informasi baik positif maupun negatif. Secara gamblang, setiap pemimpin dengan pemikiran yang terbuka akan memiliki cara pandang yang lebih baik. Hal ini dilakukan dengan cara mempelajari apa yang perlu diketahui dan menerapkan hubungan yang lebih positif dengan anak buah dan rekan kerja.

ingredients of leader

Peka akan kebutuhan orang lain dan situasi

Ini adalah salah satu keahlian di dalam hubungan antar manusia dimana fokus adalah pada keahlian dari cara pikir dari seorang pemimpin yang dapat memotivasi anak buah maupun rekan kerja. Dengan cara tidak hanya memberitahukan apa yang ada di dalam pikiran mereka tetapi pada saat yang bersamaan juga dapat peka akan kebutuhan orang lain dengan bertanya apa yang ada di dalam pikiran anak buah Anda. Contohnya: intuisi, cara pandang, persepsi, empati, atau beberapa hal yang terjadi di situasi tertentu.

ingredients of leader

Inisiatif

Inisiatif adalah salah satu hal yang penting dan mudah untuk dipelajari. Pikirkan sejenak, gunakan penilaian dan ambil tindakan, tetaplah melihat akan kesempatan yang ada.

“Initiative is one of the most important attributes of a leader. It is also easy to learn. Just think a bit, use judgement, and act.”

Perusahaan manapun dapat meningkatkan kualitas dari cara mengambil keputusan dengan mencari orang yang dapat terhubung dengan tim nya.

ingredients of leader

Cara pandang yang luas

Seorang pemimpin yang toleran akan memiliki berbagai macam cara pandang, secara mudah beradaptasi dan fleksibel untuk dapat bekerja sama dengan orang lain. Seorang pemimpin dengan rasa humor akan dapat dengan mudah melebur dengan orang lain, dan dia seharusnya dapat secara konstan bekerja sama dengan orang lain. Pada saat situasi secara kompetitif memerlukan perubahan, secara cepat pemimpin tersebut harus dapat berubah, memiliki inisiatif dan bagaimana beradaptasi akan hal tersebut.

“The capacity to make sound and timely decisions.”

Di dalam memutuskan sebuah keputusan salah satu pertimbangan seorang pemimpin adalah kemampuannya untuk dapat memikirkan dan mencari nasihat dari orang lain.


MDI News No. 201/XX/Mei 2014

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id