PENTINGNYA KECERDASAN EMOSIONAL BAGI PENINGKATAN KARIR

Tahukah Anda Sebagian perusahaan justru merekrut dan mempekerjakan orang-orang dengan kecerdasan emosional (EI) yang tinggi daripada IQ yang tinggi. Kecerdasan emosional sendiri bisa diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam memahami, mengelola dan mengontrol emosinya baik dalam kehidupan pekerjaan atau sehari – hari. Seseorang yang memiliki EI yang baik akan mampu mengelola amarahnya.

Menurut buku yang ditulis Daniel Goleman yang berjudul “Emotional Intelligence: Why It Can Be Matter More Than IQ” ditulis bahwa kecerdasan emosional menyumbang sebesar 80% dalam keberhasilan seseorang sedangkan sebanyak 20% ditentukan oleh IQ. Dalam bukunya tersebut juga dituliskan rendahnya EI bisa menghambat perkembangan intelektual dan menurunnya karir.

Oleh karena itu, kecerdasan emosional sangat penting dalam perkembangan dan peningkatan karir. Ada lima indikator EI (emotional intelligence) menurut Daniel Goleman, di antaranya :

  1. Self awareness atau kesadaran diri : Kemampuan mengenali dan memahami emosi diri sendiri.
  2. Regulation atau pengaturan diri : Mengelola dan memilah emosi apa yang bisa diluapkan pada waktunya.
  3. Self motivation atau motivasi diri : Memotivasi diri sendiri untuk mewujudkan keinginan batin.
  4. Emphaty atau empati : Kemampuan memahami bagaimana perasaan orang lain.
  5. Kemampuan sosial : Kemampuan diri untuk berinteraksi dengan lingkungan dan orang lain secara baik.

Setelah mengetahui indikator apa saja yang ada, sekarang kita beralih pada manfaat kecerdasan emosional sebagai peningkatan karir.

Mampu Mengelola Emosi Negatif

Emosi negatif bisa Anda dapatkan dari mana saja, mulai dari konflik dengan rekan kerja, beban kerja,  atau masalah di luar dugaan sekalipun. Jika hal ini di biarkan, Anda akan mendapatkan akibat yang cukup serius seperti kesehatan fisik dan kesehatan mental terganggu atau bahkan kehilangan pekerjaan Anda saat ini. Dengan adanya kecerdasan emosional yang baik, kamu bisa meminimalisir hal tersebut. Bukan hanya itu, hal ini juga bisa membuat Anda beradaptasi dan mempertahankan pekerjaan atau profesi Anda.

Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah

Dalam pekerjaan tentu kita tidak luput dari permasalahan yang ada. Memiliki masalah memang tidak enak maka dari itu, harus di selesaikan agar tidak semakin runyam. Untuk memecahkan suatu masalah, Anda memerlukan mood yang baik. Karena dengan mood yang baik, Anda bisa berpikir jernih. Emotional intelligence yang berperan untuk mengendalikan mood Anda. Anda bisa menjadi tenang, berkepala dingin dan lebih mudah menemukan solusi.

Manajemen Waktu Lebih Baik

Seperti kata Sunday Adelaja, “Pemanfaatan waktu dan efektivitas merupakan penanda utama untuk sukses.” Ya, memang benar. Seseorang yang sukses pasti membutuhkan proses yang penuh dengan tekanan dan seseorang yang memiliki manajemen waktu yang baik tidak akan mengulur waktu pekerjaannya karena tekanan yang ada.  Dalam hal ini, berperan penting untuk mengatur emosi dalam menghadapi tekanan tersebut.

Sederhananya, seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik tahu bagaimana memaksimalkan waktunya dan memprioritaskan tugas pekerjaannya.

Bisa Mendongkrak Penjualan

Ternyata kecerdasan emosional memiliki peran penting dalam penjualan di sebuah perusahaan loh! Karena menjadi landasan utama dalam sebuah komunikasi. Nah jika Anda sebagai tenaga penjualan dan memiliki kecerdasan emosional yang baik, itu berarti Anda merupakan aset penting untuk perusahaan. Pelanggan juga akan merasakan win-win solution dan menghasilkan pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi sehingga, mampu mendongkrak penjualan.

Menjadi Pekerja Yang Profesional

Kecerdasan emosional membantu Anda lebih baik dalam bekerja. Karena selain mampu memahami diri sendiri, Anda juga lebih mampu  memahami orang lain. Dengan begitu, hubungan Anda dan rekan kerja akan terjalin dengan baik. Para pekerja dengan kecerdasan emosional yang baik juga akan lebih optimis di tempat kerja sehingga, pekerjaan yang di hasilkan akan maksimal.

Hal ini tentu akan banyak manfaat yang di dapat untuk peningkatan karir. Yuk latih dan tingkatkan kecerdasan emosional Anda agar lebih tajam dan memberikan impact yang besar terhadap perkembangan karir.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *