Manfaat Bagi Pemimpin Dalam Memberikan Coaching

Apakah yang membedakan seorang pemimpin yang mampu menimbulkan komitmen anak buah dengan seorang pemimpin yang hanya mendapatkan kepatuhan anak buahnya? Banyak pakar mengatakan jawabannya adalah Coaching.

Dari Sudut Pandang Anak Buah

Riset terhadap karakteristik generasi menemukan bahwa terkadang para generasi muda lebih mementingkan peluang pengembangan diri yang bermakna daripada faktor keuangan semata ketika memilih untuk masuk atau bertahan di suatu perusahaan. Selaras dengan perkembangan dunia kerja yang semakin marak dengan generasi muda, pemimpin paling efektif disinyalir adalah mereka yang melakukan peran sebagai Leader dan Coach. Mereka cenderung tidak menyukai atasan yang melakukan pendekatan terlalu hands-on atau micro-management.

Para generasi muda penuh ide dan inovasi dengan potensi talenta luar biasa sehingga mereka mudah bosan dan menyukai tantangan. Mereka mengharapkan mendapatkan coaching dan feedback dari atasanya terutama terkait apresiasi positif dan masukan pengembangan diri. Agar mereka dapat tetap berkomitmen tinggi, mereka membutuhkan kepemimpinan modern dari atasannya.

Dari Sudut Pandang Pemimpin

Coaching membawa manfaat tidak hanya bagi anak buah, tetapi juga membawa banyak manfaat bagi atasan. Berikut adalah yang utama: