Aktifitas Bermanfaat Untuk Memulai Hari Anda

aktifitas bermanfaat untuk memulai hari anda

Jadwal kerja sehari-hari yang cukup padat seringkali membuat kita merasa “hilang” dalam kesibukan. Tekanan pekerjaan dapat menimbulkan stress yang jika tidak dikelola dengan baik dapat berdampak negatif pada kesehatan jasmani dan pikiran. Salah satu cara mengelola stress adalah dengan memulai hari secara sehat. Berikut adalah beberapa tips aktifitas bermanfaat untuk memulai hari Anda :

aktifitas bermanfaat untuk memulai hari anda

Melakukan Peregangan

Dengan melakukan peregangan selama satu sampai dua menit saja sewaktu bangun tidur, Anda akan dapat meningkatkan fleksibilitas otot tubuh. Hal ini akan meningkatkan kinerja dan pergerakan tubuh. Peregangan juga meningkatkan peredaran darah ke otot dan otak sehingga menurunkan tingkat stress dan melemaskan otot.

aktifitas bermanfaat untuk memulai hari anda

Relaksasi dan Refleksi Pikiran

Setelah melakukan peregangan, perlambat pernapasan Anda dengan beberapa kali menarik dan menghembuskan napas secara dalam. Pusatkan pikiran pada sensasi dari panca indera Anda: apa yang Anda rasakan, apa yang Anda lihat, dan apa yang Anda cium, refleksi ini akan dapat membantu Anda meningkatkan ketajaman indera serta juga meningkatkan kemampuan Anda dalam berkonsentrasi dan fokus.

aktifitas bermanfaat untuk memulai hari anda

Merenungkan Bacaan Inspirasional

Koleksilah kata-kata mutiara atau kutipan inspirasional sehingga setiap pagi Anda dapat memilih satu untuk direnungkan. Beberapa orang menempelkan kutipan inspirasional favoritnya di tempat yang akan terbaca seperti cermin kamar mandi.

Berikut beberapa contoh kutipan yang dapat Anda gunakan:

I have chosen to be happy because it’s good for my health” – Voltaire (Saya memilih untuk bahagia karena baik untuk kesehatan saya)

Every day, in every way, I’m getting better and better” – Emile Coeu (Setiap hari, saya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi)

Always chase your dreams instead of running of your fears” – Anonim (Lebih baik lari mengejar impian daripada lari dari rasa takut)

In this world, some people will always throw stones. It depends on what you make from them, a wall or a bridge” – Anonim (Dalam hidup, orang akan selalu melemparkan batu di jalan kita. Tergantung bagaimana Anda memanfaatkan batu tersebut, sebagai tembok atau jembatan)

aktifitas bermanfaat untuk memulai hari anda

Visualisasi Kesuksesan Hari

Bayangkan apa saja yang ingin Anda selesaikan di hari tersebut dan visualisasikan keberhasilan Anda. Bayangkan pula hambatan potensial yang mungkin terjadi dan visualisasikan Anda berhasil menyelesaikan segala tantangan dan hambatan yang muncul. Hal ini akan membantu Anda untuk mengantisipasi diri menghadapi hambatan dan menyusun rencana penyelesaian hambatan.

aktifitas bermanfaat untuk memulai hari anda

Bersyukur dan Berterima Kasih

Renungkan segala hal baik yang telah terjadi dalam hidup Anda termasuk kesehatan, keluarga, peluang, dan apa saja. Ketika kita bersyukur atas apa yang kita miliki, kita akan meningkatkan emosi positif dan rasa optimisme dalam menghadapi hari.

aktifitas bermanfaat untuk memulai hari anda

Melepaskan Pemikiran Negatif dan Dendam

Menyimpan dendam dan kesal terhadap seseorang atau sesuatu hal akan malah menyeret diri Anda kedalam jurang negativitas. Hal ini akan menghalangi Anda untuk menunjukkan potensi diri dan menjadi diri Anda yang terbaik. Membebaskan diri dari pikiran negatif akan dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas diri kita. Selain itu, mengampuni dan melepaskan dendam sering dikaitkan dengan tekanan darah lebih rendah serta menurunkan tingkat stress.

MDI News No. 218/XXI/Oktober 2015

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id