Bagaimana meningkatkan ROI training pada pelatihan karyawan?

Dalam acara client gathering yang baru-baru ini kami laksanakan, kami mengundang lebih dari 50 praktisi training dan development dari berbagai perusahaan di Indonesia. Dalam acara tersebut, selain sharing tentang perkembangan training dan development terbaru, kami mencoba meminta masukkan mengenai apa yang menjadi permasalahan terbesar mereka yang berhubungan dengan training dan development.

Hasilnya lebih dari 80% peserta menjawab bahwa memastikan implementasi apa yang sudah dipelajari menjadi tantangan terbesar sebagai praktisi training dan development. Hal ini tentu berkaitan erat dengan ROI training pada pelatihan karyawan.

Hal ini tentu menjadi salah satu tantangan tersendiri yang patut kita perhatikan secara bersama sebagai praktisi training dan development karena apalah gunanya perusahaan melaksanakan banyak pelatihan apabila kita tidak bisa memastikan atau paling tidak mendorong peserta pelatihan untuk mengimplementasikan apa yang dipelajarinya. Tentunya ROI training pelatihan karyawan akan menjadi sangat rendah dan tidak bisa dimonitor.

Di MDI sendiri, kami percaya untuk memberikan pelatihan karyawan yang berkualitas dengan ROI yang tinggi. Oleh karena itu, hal inilah yang melatar belakangi kami dalam membuat Action Plan Implementation System (APIS).

APIS kami buat berdasarkan pengalaman diberbagai perusahaan yang kesulitan untuk bisa memastikan implementasi apa yang sudah dipelajari oleh para pesertanya. Sering kali ketika MDI menganjurkan adanya aktivitas post training seperti rencana tindakan, para praktisi training dan development banyak yang berkata “Hal ini akan sulit dilaksanakan karena atasan peserta/ peserta sibuk”.

Namun pada kenyataaanya, siapakah yang tidak sibuk di jaman sekarang? Lalu apakah dengan alasan sibuk ini, kita mengorbankan aktivitas post training? Lalu bagaimana kita bisa mempertanggung jawabkan budget yang sudah dikeluarkan oleh perusahaan terkait pelatihan karyawan?

APIS hadir untuk menjawab semua pertanyaan ini. APIS memiliki beberapa fitur utama yaitu:

  • Online

APIS berbasis cloud sehingga dapat diakses dimana pun dan kapan pun oleh semua peserta pelatihan karyawan

  • Reminder

APIS memiliki fitur reminder atau pengingat untuk mengingatkan baik peserta, atasan peserta ataupun tim HR

  • Data analisis

Untuk memonitor semua perkembangan yang ada, APIS memiliki sistem untuk menganalisis progress dari rencana tindakan peserta