Ketika kita mendengar atau membaca kata marketing, pasti sebagian besar dari kita akan langsung terbayang salesman atau saleswoman (SPG atau SPB) yang sering kita temui sedang menawarkan produk atau jasa. Berapa banyak dari Anda yang pernah di telepon oleh seorang marketing dan menawarkan sebuah produk yang terkesan sedikit memaksa kita untuk membeli produk tersebut. Pelatihan karyawan untuk strategi penjualan juga sangatlah penting karena bisa meningkatkan hasil penjualan.

Marketing memang merupakan ujung tombak perusahaan yang akan menentukan apakah sebuah perusahaan tersebut akan berhasil mendapatkan keuntungan maupun mengalami kerugian. Seringkali kita lihat beberapa SPG/SPB tadi terlihat sangat mahir di dalam menjual sehingga karena cara dia menjual membuat kita tertarik untuk membeli. Apapun cara yang digunakan mereka, kebanyakan dari mereka melakukan hal-hal yang di luar kebiasaan karena target yang ditetapkan oleh Perusahaannya. Lantas sebagai seorang Marketing Manager maupun staff perhatikanlah beberapa hal yang dilakukan dibalik layar sebelum sebuah target ditetapkan. Berikut ini adalah 4 strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan:

Kenalilah Pelanggan Anda

Pertanyaannya adalah, bagaimana kita bisa memberikan pelayanan baik dan mengenal pelanggan kita pada saat menjual? Masih ingatkah Anda pada slogan ‘Pelanggan adalah Raja’. Setujukah Anda akan hal itu? Apabila Anda menganggukkan kepala saat ini maka Anda akan setuju dengan saya bahwa pada akhirnya kita harus membuat sang Raja senang dengan pelayanan yang sangat memuaskan. Ibaratnya seorang Raja, pelanggan kita akan bahagia. jika para pelayannya tahu apa yang dia inginkan. Terlebih lagi, jika sang Raja belum mengutarakan keinginannya, para pelayan sudah menyediakannya. Kenalilah Pelanggan Anda. Lihatlah para pelayan Raja yang sangat cermat dalam memperhatikan tingkah laku sang Raja. Mereka tahu ciri-ciri Raja jika mengantuk, gelagat Raja jika dia lapar, dan sebagainya, sehingga dia bisa melayani berdasarkan data hasil pengamatannya dan menghasilkan pelayanan yang lebih akrab. Begitulah seharusnya seorang sales, mereka harus mampu membaca para pelanggan mereka untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

pelatihan karyawan
pelatihan karyawan

Pilih Lokasi yang Strategis

Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau Alfamart maupun Indomaret selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka dan mempermudah untuk penjualan dilakukan.

Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Sadarkah Anda makin banyak informasi yang secara cepat tersebar melalui sosial media sekarang ini. Kita harus menyadari bahwa pelanggan tidak lagi hanya akan menyatakan komplain secara langsung apabila menghadapi pelayanan yang tidak memuaskan tetapi juga dengan mudah mengungkapkan rasa kecewanya melalui upload komen melalui sosial media. Bayangkan berapa banyak orang yang melihat hal ini? Berhati-hatilah karena hal ini akan sangat merugikan perusahaan dimana imej baik yang sudah melekat selama bertahun-tahun di sebuah perusahaan mungkin saja bisa tiba-tiba menjadi sangat buruk karena dirusak oleh hal-hal yang mungkin dianggap sepele. Oleh karena itu, biasanya beberapa perusahaan besar menjadikan hal ini sebagai prioritas utama. Maka, hal-hal yang bisa kita lakukan adalah dengan menghubungi mereka secara berkala apabila memungkinkan, dengarkan dan perhatikan kebutuhan pelanggan, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan serta berikan support yang terbaik. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen merupakan kunci terakhir yang harus anda pegang untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

 

pelatihan karyawan

Seorang sales, harus mampu membaca para pelanggan mereka untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.”

Bersama MDI , Anda bisa melakukan pelatihan karyawan yang dimana materi yang akan disampaikan mengenai strategi penjualan yang baik dan tepat.

Materi pelatihan karyawan lainnya bisa Anda baca disini

MDI News No. 222/XXII/Maret 2016

Untuk informasi dan jadwal training lebih lanjut silahkan hubungi kami di nomor 021-668 1571 atau 021-668 1572 atau kirimkan email ke training@mditack.co.id