Customer Relationship Adalah: Definisi, Fungsi, dan Profesinya

Customer relationship adalah 1

Customer relationship adalah salah satu strategi marketing untuk mempertahankan pelanggan dan menjalin komunikasi yang baik untuk mengajak mereka melakukan pembelian lainnya. Terlebih di industri bisnis yang semakin kompetitif ini, menjaga pelanggan yang sudah ada sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Oleh karena itu, penting untuk membangun customer relationship demi meningkatkan loyalitas perusahaan. Saking pentingnya menjaga hubungan dengan pelanggan, ada juga profesi yang secara khusus berkaitan dengan ini. Penasaran? Simak selengkapnya untuk mengetahui definisi customer relations, peran kritisnya dalam konteks bisnis modern, profesinya hingga gaji yang akan didapatkan. 

Definisi Customer Relations

Customer relationship atau customer relation adalah merujuk pada interaksi atau hubungan antara perusahaan dengan pelanggan. Hal ini melibatkan segala aspek dari komunikasi bisnis, mulai dari pertama kali pelanggan mengetahui produk atau layanan hingga setiap interaksi berikutnya. Customer relations bukan hanya tentang penjualan, tetapi juga tentang menciptakan pengalaman yang positif dan berkelanjutan bagi pelanggan.

Dalam konteks customer relationship, fokus utamanya adalah memahami kebutuhan, keinginan, dan preferensi pelanggan. Hal ini mencakup pemberian dukungan kepada pelanggan, menanggapi masukan serta keluhan pelanggan, dan menciptakan hubungan yang berlandaskan kepercayaan. 

Fungsi-Fungsi Utama Customer Relations

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Salah satu fungsi utama customer relations adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini dilakukan dengan menjalin hubungan dengan pelanggan untuk mengetahui kebutuhan serta referensinya. Sehingga melalui pemahaman tersebut, seorang customer relationship officer dapat memberikan pelayanan terbaik untuk memuaskan pelanggan.  Jika kepuasan pelanggan tinggi, tidak hanya menciptakan hubungan yang baik, tetapi juga dapat membantu meningkatkan retensi pelanggan.

2. Pembentukan Citra Perusahaan

Customer relations juga berperan dalam membentuk citra perusahaan di mata pelanggan. Respons yang cepat, pelayanan pelanggan yang ramah, dan kualitas produk atau layanan yang baik dapat menciptakan citra positif dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.

3. Peningkatan Retensi Pelanggan

Dengan fokus pada mempertahankan pelanggan yang sudah ada, customer relations berperan dalam meningkatkan retensi pelanggan. Perusahaan dapat menciptakan program loyalty dan strategi retensi lainnya untuk memastikan pelanggan tetap setia kepada perusahaannya dan tidak beralih kepada perusahaan kompetitor.

4. Mengurangi Customer Churn

Customer churn adalah istilah yang menggambarkan ketika kehilangan pelanggan dalam suatu bisnis. Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya customer churn, penting untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan melayaninya sesuai kebutuhannya. Pemberian pelayanan maksimal ini nantinya akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan mencegah terjadinya customer churn.

5. Mendapatkan Pelanggan Baru

Seorang customer relationship juga berfungsi untuk mendapatkan pelanggan baru. Biasanya dalam hal ini akan memanfaatkan software CRM (Customer Relationship Management) untuk mengidentifikasi prospek pelanggan baru dan melanjutkan prospek tersebut agar menjadi pelanggan.

6. Pemasaran yang Terfokus

Dengan memahami pelanggan lebih baik, perusahaan dapat menciptakan kampanye pemasaran yang lebih terfokus dan relevan sesuai kebutuhan pelanggan. Ini membantu dalam menarik dan mempertahankan pelanggan dengan lebih efektif.

Profesi dalam Customer Relations

Customer relationship adalah 2

Dalam ruang lingkup customer relationship, terdapat beberapa profesi yang berkaitan dengan ini, yaitu Customer Relationship Officer, Customer Relation Coordinator, Customer Relation Representative, dan Customer Relationship Management. Walaupun terdapat kesamaan dalam esensi pekerjaan mereka, yaitu memelihara dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Mari kita bahas perbedaan diantaranya:

1. Customer Relationship Officer (CRO)

Customer Relationship Officer adalah seseorang yang bertanggung jawab melaksanakan follow up kepada pelanggan setelah mereka menggunakan layanan atau produk. Hal ini bertujuan untuk membina hubungan dengan pelanggan dan memastikan mereka mendapatkan pengalaman positif. 

2. Customer Relation Coordinator (CRC)

Customer Relation Coordinator adalah seseorang yang menyelaraskan kegiatan antar departemen serta mengorganisir pertemuan dengan departemen terkait terkait keselarasan strategi Customer Relations. Profesi ini berperan sebagai penghubung di antara tim dan memastikan koordinasi yang baik.

3. Customer Relation Representative 

Customer Relation Representative adalah profesi yang berfokus pada interaksi langsung dengan pelanggan, menanggapi pertanyaan, memberikan bantuan, dan memecahkan masalah. Profesi ini menjadi garda terdepan yang mewakilkan perusahaan dalam membina hubungan dengan pelanggannya.

4. Customer Relationship Management (CRM) Specialist

Customer Relationship Management adalah profesi yang memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan serta memelihara  sistem atau strategi Customer Relationship. Profesi ini menggunakan berbagai tools untuk mengembangkan hubungannya  dengan pelanggan yaitu seperti Pipedrive, Hubspot, Copper CRM dan banyak tools lainnya. 


Jika Anda tertarik untuk mengembangkan skill dalam diri Anda atau untuk karyawan perusahaan Anda, segera hubungi MDI Tack selaku vendor pelatihan karyawan terbaik yang kemampuannya telah diakui oleh lebih dari 2000 perusahaan di Indonesia maupun ASEAN. 

Hubungi kami, dan rencanakan pelatihan terbaik bagi karyawan perusahaan Anda sekarang juga!

Segera Konsultasikan Dengan Kami Melalui:

Telp: (+62)851-7546-9337

Email: Training@mditack.co.id

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *