Skill Supervisor Ini Bikin Kinerja Lebih Optimal

Sebagai seorang Supervisor, Anda bertanggung jawab untuk memastikan seluruh proses operasional dijalankan dengan baik dan tepat waktu. Selain itu, Anda juga harus mampu mengidentifikasi cara untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas dari setiap langkah dalam proses operasional tersebut.

Untuk itu, sebagai Supervisor Anda perlu bekal “SKILL SET” baik akan membuat Anda bisa lebih mengelola. Jika tidak, maka akan banyak masalah yang muncul. Mulai dari tidak teroganisirnya bawahan, tidak mampu menyelesaikan konflik, bahkan meski Anda seorang pemimpin tapi tidak dianggap keberadaannya. Pasti gak mau dong?
Di sinilah Anda perlu terus mengasah dan mengembangakan kepemimpinan Anda sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik. Apalagi posisi Anda sebagai seorang leader bisa dibilang unik.

Memangnya bagaimana? Coba kita intip segitiga piramida tingkatan manajerial.

Coba kita lihat, bagaimana tidak unik? Posisinya yang berada di dalam piramida tersebut yakni supervisor merupakan bagian yang tak terpisahkan dari posisi manajerial, namun juga  berhubungan langsung dengan para staff operasional/pelaksana di bawahnya.

Skill yang wajib dimiliki oleh supervisor

Nah, karena posisi unik yang dimiliki oleh supervisor, ini dia beberapa skill yang wajib dimiliki oleh supervisor agak kinerja dapat optimal

  1. Skill Konseptual

Skill konseptual ini dibutuhkan karena bagaimanapun supervisor berada di piramida tingkatan manajerial, artinya ia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari posisi manajerial membutuhkan skill konseptual ini. Meskipun skill ini tidak sebesar porsi posisi puncak manajerial, namun tetap dibutuhkan untuk perencanaan yang sifatnya jangka  pendek.

  1. Skill Komunikasi

Skill komunikasi ini dibutuhkan karena bagaimanapun supervisor bisa kita sebut dengan “leader”. Suatu hal yang wajib dimiliki oleh seorang leader yakni keterampilan berkomunikasi dengan baik. Terlebih dalam memimpin staff operasional/pelaksana banyak hal yang perlu dikomunikasikan olehnya. Baik itu komunikasi kepada bawahannya sebagai bentuk intruksi, menjalin komunikasi dalam menerika feedback positif ataupun negative,  maupun berkomunikasi kepada atasannya sebagai bentuk informasi dan mengajukan solusi atas hal yang terjadi di lapangan.

  1. Skill Teknis

Skill teknis ini dibutuhkan karena supervisor membawahi langsung staff pelaksana/operasional, sedikit banyaknya sebagai leader yang baik ia perlu memiliki pengetahuan terkait teknis di lapangannya. Biasanya orang-orang yang berada di posisi supervisor pernah memegang posisi staff/pelaksana yang kemudian naik level ke posisi supervisor ini. Meski tidak melakukan hal teknis secara langsung, minimal supervisor memiliki dasar-dasar skill ini sebagai pengetahuan dalam mengawasi kinerja bawahannya.

  1. Skill Interpersonal

Skill interpersonal ini dibutuhkan karena bagaimana tidak, sebagai seorang leader ia perlu membangun keterampilan interpersonal atau kita kenal dengan kemampuan untuk membangun hubungan dengan orang lain. Apabila hubungan dengan orang lain terjadi dengan baik, maka kecenderungannya akan menghasilkan hubungan professional yang baik pula dengan tim.

  1. Skill Kepemimpinan

Skill kepemimpinan ini dibutuhkan oleh supervisor salah satunya yakni untuk mempengaruhi dan mendorong kinerja tim agar bisa mencapai target kinerja. Supervisor sebagai pemimpin bukan hanya sebagai simbol perwakilan bagi para staff operasional/pelaksana, namun juga mampu mempengaruhi tim mencapai target yang ditetapkan perusahaan sesuai dengan tipe kepemimpinan yang tepat.

Nah, untuk dapat menjadi supervisor sebagai pemimpin yang baik, tentunya kita membutuhkan pengetahuan, latihan, dan jam terbang yang panjang tentunya. Perusahaan Anda membutuhkan pelatihan leadership bagi para supervisor, dan posisi manajerial lainnya? MDI training siap untuk dapat menjadi solusinya.

 

Oleh:

Nada Gerandini – Fasilitator MDI Tack

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *